5 Bahan Parfum Termahal di Dunia, Bikin Kamu Seharum Sultan

16 Jan 2024
5 Bahan Parfum Termahal di Dunia, Bikin Kamu Seharum Sultan

Industri wewangian memang lagi on trend belakangan ini. Mulai dari yang lokal dengan harga affordable, hingga yang multinasional dengan harga selangit. BeautyHaul Squad, pasti penasaran apa sih yang bikin sebuah parfum jadi lebih mahal dibanding parfum lainnya?

 

Di bawah ini, MinBHI akan reveal lima bahan parfum termahal yang bikin harga parfum jadi tinggi!



OUD

 

Source: Indicana Oud

 

Untuk pecinta parfum dengan aroma yang warm, intense, dan earthy pasti sudah tidak asing dengan kandungan Oud. Sebagai salah satu komponen di dalam parfum, ternyata Oud termasuk sebagai salah satu kandungan yang harganya cukup tinggi. 

Oud berasal dari tanaman dari wilayah tropis, yaitu Pohon Agar. Pohon Agar ini kebanyakan tumbuh di kawasan rainforest yang ada di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Northeast India, Filipina, Borneo, dan New Guinea.

Ternyata, dari satu pohon Oud, hanya bisa menghasilkan sekitar 2% minyak Oud saja (yang kemudian digunakan menjadi parfum). Ini lah yang menyebabkan produksinya jadi sangat langka, dan juga mahal. Dari segi harga, Oud setara dengan harga satu gram emas!

 

MUSK

 

Source: thesoapkitchen

 

Natural musk pada mulanya berasal dari salah satu kelenjar dari tubuh rusa jantan. Untuk mendapatkannya, memang diharuskan melalui proses yang menyakiti sang rusa. Namun hal itu sudah tidak dilakukan lagi sekarang, karena semakin banyak brand yang aware akan keselamatan hewan. Sehingga kebanyakan parfum menggunakan kandungan musk yang berasal dari senyawa kimia atau tumbuhan.

Musk memiliki aroma woody, smoky, dan sedikit manis. Parfum Musk cocok digabungkan dengan aroma Vanilla, Patchouli dan Sandalwood karena bisa memberikan sensasi aroma yang berbeda di tubuh!



SAFFRON

 

Freepik

 

Tidak hanya digunakan di dunia kuliner, tapi Saffron juga sangat useful untuk menciptakan aroma parfum yang warm, spicy dan juga earthy. Saffron berasal dari bunga dengan nama yang sama, dan setiap tangkai bunga hanya menghasilkan beberapa helai Saffron. Tidak heran, Saffron masuk sebagai kandungan parfum yang cukup mahal, karena saffron hanya bisa dipetik langsung dengan tangan, dan semua proses panennya membutuhkan proses yang terbilang rumit, dan memakan waktu.

Meski begitu, Saffron memang dikenal memberikan aroma parfum yang sweet, sedikit floral dan juga clean scent yang cocok digunakan semua orang!



TUBEROSE

 

Source: Garden Express

 

Pecinta aroma manis pasti suka banget sama parfum yang ada Tuberose-nya. Tuberose berasal dari bunga yang tumbuh di area dengan iklim yang hangat, atau memiliki sinar matahari yang intens agar pertumbuhannya maksimal. Karena itu, Tuberose hanya tumbuh di waktu tertentu, sehingga tidak bisa terus menerus tersedia di pasaran.



BULGARIAN ROSE

 

Source: Freepik

 

Mengutip dari Byrdie.com, untuk menghasilkan Bulgarian Rose Oil dalam jumlah yang signifikan, dibutuhkan setidaknya 4000 kg kelopak bunga Bulgarian Rose! Wow, banyak banget ya, BeautyHaul Squad!

Bulgarian Rose, terutama Damask Rose (bunga mawar), hanya bisa tumbuh di beberapa area, misalnya Rose Valley di Bulgaria. Wilayah tersebut merupakan penghasil Rose Oil terbesar di dunia, dengan persentase produksi sekitar 70% setiap tahunnya. Biasanya, Rose Oil diproduksi hanya di bulan-bulan tertentu, yaitu dari Mei hingga Juni. Yang membuatnya mahal selain bahannya yang langka adalah dari proses ekstraksi bunga hingga menjadi oil yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan tentunya kuantitas dari bunga mawar yang cukup banyak. 

 

Stay tuned di blog BeautyHaul untuk update lainnya mengenai parfum!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping