Antara Retinol dan Retinal. Serupa Namun Tidak Sama!

15 Sep 2023
Antara Retinol dan Retinal. Serupa Namun Tidak Sama!

Tidak hanya Retinol yang jadi kandungan skincare anti-aging paling favorit, kini ada lagi ingredient lainnya yang bisa jadi pilihan alternatif perawatan anti aging kamu: Retinal.

 

Namanya memang mirip, tapi jangan terkecoh ya, BeautyHaul Squad! Meskipun fungsinya nyaris serupa, namun cara kerjanya berbeda. Kita breakdown bareng-bareng yuk.

 

Retinal dan Retinol

Retinal dan Retinol sama-sama merupakan turunan dari vitamin A. Menurut jurnal PubMed Central, dua kandungan ini terkenal dalam memperlambat proses penuaan pada kulit, seperti menunda munculnya garis halus, keriput, dark spots, dan lainnya.

 

Yang membedakan Retinal dan Retinol

Singkatnya, kalau kamu butuh penanganan anti-aging yang gercep, maka kamu bisa mencoba Retinal. Retinal bisa dikatakan sebagai molekul generasi berikutnya dari Retinol. Retinal bekerja lebih cepat dibanding Retinol untuk memicu produksi kolagen agar kulit lebih kenyal dan terus terlihat awet muda.

 

Source: For Skin’s Sake Website

 

 
 

Retinal membutuhkan proses yang lebih singkat dan hasilnya lebih cepat, sedangkan Retinol prosesnya lebih panjang dan hasilnya pun juga tidak akan terlihat dengan cepat.

 

Sebelum memutuskan mana yang lebih cocok untuk kulitmu, ada baiknya perhatikan dua hal berikut:

1. Karena cara kerja Retinal lebih cepat, maka kemungkinan kulitmu menunjukan reaksi sensitivitas pun semakin besar. Mulai dari kemerahan sampai iritasi.

2. Sedangkan Retinol, karena bekerja perlahan, maka kemungkinan reaksi sensitif yang akan timbul pada kulitmu juga lebih rendah.

 

Tips menggunakan skincare Retinal dan Retinol

Kalau kalian mau mencoba menggunakan skincare yang ada kandungan Retinal atau Retinol, gunakan bersamaan dengan produk skincare lain misalnya moisturizer, yang punya kandungan yang sifatnya menenangkan. Kalian bisa cari kandungan menenangkan seperti Aloe Vera, Jojoba Oil, Glycerin, Panthenol, Centella Asiatica dll.

 

Selain itu, untuk newbie, disarankan untuk tidak menggunakan Retinal atau Retinol setiap hari. Ini dilakukan supaya jika terjadi reaksi alergi, kalian bisa langsung hentikan penggunaan skincare. Jika sudah cocok, baru naikkan intensitas penggunaan.

 

Ada beberapa brand skincare internasional yang mulai menggunakan Retinal sebagai bahan utama. Di antaranya AHC (Korea Selatan) dan Allies of Skin (Amerika Serikat). Kalau brand lokal, kalian bisa cari For Skin’s Sake Retinal Serum 0,15% with Samphira Oil! 

 

Yuk, cus beli produk-produknya sekarang juga!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping