Inspirasi Berkebaya Otentik dari Serial Gadis Kretek!

07 Nov 2023
Inspirasi Berkebaya Otentik dari Serial Gadis Kretek!

Pecinta kebaya, MinBHI sarankan untuk nonton serial Gadis Kretek di Netflix sekarang juga. Serial yang berlatar tahun 1960-an ini mengangkat budaya Jawa khususnya pergerakan pabrik rokok di Indonesia. Ada banyak aspek dari kebudayaan Jawa Tengah yang diangkat dalam serial ini. Seperti bahasa, aksen dan makanan. Namun yang berhasil mencuri perhatian penonton adalah kebaya yang digunakan beberapa pemeran di dalamya. Terutama Dian Sastro, Putri Marino dan Tissa Biani!

 

Dibalik cantiknya deretan kostum kebaya dalam serial Gadis Kretek, ternyata ada peran sentuhan tangan dari seorang fashion stylist kondang, yaitu Hagai Pakan. Kita lihat yuk seperti apa gaya berkebaya otentik dari serial karya sutradara Ifa Isfansyah ini.

 


1. Dian Sastro

 

Source: Instagram Dian Sastro

 

Memerankan karakter utama yaitu Jeng Yah atau Dasiyah, peran ibu dua anak dalam serial ini digambarkan sebagai sosok yang fierce serta teguh akan pendiriannya. 

Maka dari itu, pemilihan Kebaya untuknya juga didominasi oleh warna-warna gelap seperti hitam. Contohnya seperti foto di atas, Kebaya yang dikenakan oleh Dian Sastro dalam salah satu scene Gadis Kretek, bernama Kebaya Janggan. Kebaya ini merupakan jenis yang mirip dengan beskap laki-laki, dengan model kerah yang menutupi leher. Kebaya Janggan memang akan selalu berwarna hitam, yang memberikan arti ketegasan serta kesederhanaan bagi si pemakainya. Kebaya Janggan pada kehidupan nyata sering digunakan oleh abdi dalem putri keraton Jawa ketika menabuh gamelan (wiyaga) atau pesinden (vokalis putri).

 


2. Putri Marino

 

Source: Instagram Putri Marino

 

Aktris kelahiran tahun 93 ini berperan sebagai Arum di dalam serial Gadis Kretek. Arum merupakan seorang dokter yang memiliki sifat mandiri serta pekerja keras. Serial ini membuatnya harus membangun chemistry dengan lawan mainnya, Arya Saloka. Cerita Arum mengambil tahun 2001, sehingga untuk menciptakan connection di antara keduanya, baik Putri maupun Arya menggunakan lagu untuk masuk ke dalam karakter masing-masing.

Lagu Tenda Biru merupakan pilihan yang didengarkan selama proses shooting berlangsung. Hal itu pula yang menyebabkan semua busana Putri Marino dalam memerankan Arum memiliki unsur warna biru. Termasuk kebaya pada foto di atas, kebaya jenis ini juga sering disebut kebaya encim, bentuk akulturasi kebudayaan antara Melayu, dan Belanda. Jenis kebaya ini muncul karena pada saat itu, para Encim selalu menggunakan pakaian berbahan dasar kain dengan sentuhan bordir, payet, dan pelipit.

 

3. Tissa Biani

 

Source: Instagram Tissa Biani

 

Sama seperti Dian Sastro, karakter Rukayah yang dimainkan oleh Tissa Biani hidup di era 60-an. Pacar dari Dul Jaelani ini memerankan sosok wanita yang hidupnya sangat dipenuhi dengan keceriaan.

Untuk merepresentasikan karakter seperti yang dideskripsikan, kebaya yang dibuat khusus oleh Tissa memiliki konsep klasik dengan warna yang terang. Bordir yang terdapat pada kebaya berwarna kuning seperti yang dikenakan Tissa terbilang klasik dengan detail bunga dan dedaunan yang membuat Tissa terlihat semakin anggun.

Dengan tambahan aksen berupa sanggul dan sepasang anting-anting emas, menonjolkan sosok perempuan Jawa yang menawan dan menarik hati.



Yuk, tonton aksi tiga perempuan kece di atas dalam serial Gadis Kretek dan lihat betapa indahnya busana Kebaya yang mereka pakai!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping