Niatnya pengen flawless, tapi tanpa disadari kita punya kebiasaan sehari-hari yang justru bikin makeup ogah nempel. Beautyhaul Squad, plis pay attention sama kebiasaan kalian, apalagi kalau muka lagi breakout.
Kadang, hal-hal yang kita rasa nggak bakal berpengaruh, ternyata punya impact yang segitunya buat kulit – ini dia 5 kebiasaan yang wajib kalian hindari, demi muka yang flawless dan gorgeous.
-
Tidur dengan makeup yang masih menempel

Ngerti sih kadang lelah banget buat bersihin makeup, apalagi kalau sudah kemalaman atau energi habis banget. Tapi, beneran deh; makeup yang nggak kalian bersihin ini bakal menyumbat pori-pori, yang berdampak sama komedo dan jerawat. Ini yang bikin kulit makin breakout. So please, clean your face ya!
- Nggak bersihin tools makeup

Nggak cuma makeup yang menyentuh kulit, tools yang bertugas ‘menyampaikan’ makeup ke muka juga punya contact ke kulit kalian – ini wajib kalian bersihin! Frekuensi membersihkan tools makeup bisa disesuaikan tergantung jenisnya:
- Beauty blender / spons: sebaiknya dibersihkan setelah habis pakai atau 1 - 2 hari sehabis pemakaian
- Kuas untuk liquid makeup: Minimal satu minggu sekali
- Kuas untuk powdery makeup: 2-3 minggu sekali
Karena tools makeup yang kotor bakal jadi tempat berkembangnya bakteri, kuman, bahkan sisa sel kulit mati dari muka. Ini ‘cikal bakal’ muka yang breakout.
- Nggak skin prep

One of the things yang bikin makeup kamu nempel adalah dengan melakukan skin prep: memakai moisturizer merupakan bare minimum yang bisa dilakukan, kalau kamu nggak punya waktu untuk skincare an. Nah, kadang ada yang nggak melakukan ini; yang dampaknya bikin kulit jadi kering, dan hasil makeup jadi cakey. Makanya, skin prep dulu sebelum merias wajah ya!
- Memakai makeup yang sudah kadaluarsa

Perhatikan tanggal kadaluarsa atau best use date di produk makeup kalian. Biasanya ditandai dengan PAO (Period After Opening), tiap produk punya best period nya:
- 3 - 6 bulan: Maskara, eyeliner (liquid dan gel)
- 12 bulan - 1 tahun (nggak sampai 2 tahun): Liquid foundation, concealer, cream blush dan eyeshadow, dan lip gloss
- 1 - 2 tahun: Lipstik, eyeliner pensil / lip liner
Kalau produk makeup sudah melebihi PAO, ditakutkan formulanya sudah nggak sebaik di awal, ditambah bakteri yang kemungkinan sudah tumbuh di dalam makeup.
- Olahraga dengan full complexion

Olahraga kan pasti berkeringat, nah kulit sebenarnya butuh untuk bernafas, tapi kalau muka dipakaikan makeup: pori-pori ke-block sama keringat plus makeup. Nah, ini lah yang bikin muka jadi breakout. Makanya, sebisa mungkin hindari pakai makeup yang berat saat olahraga ya!
Beautyhaul Squad, dengan menghindari 5 makeup mistake ini, semoga muka kalian terhindar dari breakout ya! Stay tuned terus di blog Beautyhaul untuk update soal tips and tricks lainnya.