Tips & Tutorial

Tips & Tutorial
5 Kebiasaan yang Bikin Kulit Jadi Gampang Breakout!
By Alisa Kintan
01 Sep 2026
5 Kebiasaan yang Bikin Kulit Jadi Gampang Breakout!

Niatnya pengen flawless, tapi tanpa disadari kita punya kebiasaan sehari-hari yang justru bikin makeup ogah nempel. Beautyhaul Squad, plis pay attention sama kebiasaan kalian, apalagi kalau muka lagi breakout. 

 

Kadang, hal-hal yang kita rasa nggak bakal berpengaruh, ternyata punya impact yang segitunya buat kulit – ini dia 5 kebiasaan yang wajib kalian hindari, demi muka yang flawless dan gorgeous. 

 

  1. Tidur dengan makeup yang masih menempel

 

Ngerti sih kadang lelah banget buat bersihin makeup, apalagi kalau sudah kemalaman atau energi habis banget. Tapi, beneran deh; makeup yang nggak kalian bersihin ini bakal menyumbat pori-pori, yang berdampak sama komedo dan jerawat. Ini yang bikin kulit makin breakout. So please, clean your face ya!



  1. Nggak bersihin tools makeup 

 

 

Nggak cuma makeup yang menyentuh kulit, tools yang bertugas ‘menyampaikan’ makeup ke muka juga punya contact ke kulit kalian – ini wajib kalian bersihin! Frekuensi membersihkan tools makeup bisa disesuaikan tergantung jenisnya:

  • Beauty blender / spons: sebaiknya dibersihkan setelah habis pakai atau 1 - 2 hari sehabis pemakaian
  • Kuas untuk liquid makeup: Minimal satu minggu sekali
  • Kuas untuk powdery makeup: 2-3 minggu sekali

 

Karena tools makeup yang kotor bakal jadi tempat berkembangnya bakteri, kuman, bahkan sisa sel kulit mati dari muka. Ini ‘cikal bakal’ muka yang breakout.

 

  1. Nggak skin prep 

 

 

One of the things yang bikin makeup kamu nempel adalah dengan melakukan skin prep: memakai moisturizer merupakan bare minimum yang bisa dilakukan, kalau kamu nggak punya waktu untuk skincare an. Nah, kadang ada yang nggak melakukan ini; yang dampaknya bikin kulit jadi kering, dan hasil makeup jadi cakey. Makanya, skin prep dulu sebelum merias wajah ya!

 

  1. Memakai makeup yang sudah kadaluarsa

 

Perhatikan tanggal kadaluarsa atau best use date di produk makeup kalian. Biasanya ditandai dengan PAO (Period After Opening), tiap produk punya best period nya:

  • 3 - 6 bulan: Maskara, eyeliner (liquid dan gel)
  • 12 bulan - 1 tahun (nggak sampai 2 tahun): Liquid foundation, concealer, cream blush dan eyeshadow, dan lip gloss
  • 1 - 2 tahun: Lipstik, eyeliner pensil / lip liner

 

Kalau produk makeup sudah melebihi PAO, ditakutkan formulanya sudah nggak sebaik di awal, ditambah bakteri yang kemungkinan sudah tumbuh di dalam makeup.

 

  1. Olahraga dengan full complexion

 

 

Olahraga kan pasti berkeringat, nah kulit sebenarnya butuh untuk bernafas, tapi kalau muka dipakaikan makeup: pori-pori ke-block sama keringat plus makeup. Nah, ini lah yang bikin muka jadi breakout. Makanya, sebisa mungkin hindari pakai makeup yang berat saat olahraga ya!



Beautyhaul Squad, dengan menghindari 5 makeup mistake ini, semoga muka kalian terhindar dari breakout ya! Stay tuned terus di blog Beautyhaul untuk update soal tips and tricks lainnya.