Bukan Cuma Gorengan, Berikut 5 Jenis Makanan Penyebab Jerawat!

14 Aug 2023
Bukan Cuma Gorengan, Berikut 5 Jenis Makanan Penyebab Jerawat!

Bukan rahasia umum kalau penyebab jerawat, salah satunya adalah makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari.

 

Meskipun beberapa jenis jerawat disebut-sebut disebabkan oleh produksi hormon yang tidak seimbang, namun tahukah BeautyHaul Squad bahwa hormonal imbalance seringkali ditenggarai oleh apa yang kita makan sehari-hari.

 

Berikut adalah beberapa makanan sehari-hari yang pada akhirnya bisa jadi pemicu timbulnya jerawat nakal.

 

1. Makanan Berminyak atau Gorengan

Beberapa orang mungkin sudah mengetahui kalau gorengan bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Alasannya karena makanan berminyak atau gorengan mengandung berbagai jenis lemak yang juga mempengaruhi produksi minyak pada area wajah kita. Kadar minyak atau sebum yang berlebih dapat menumpuk dan akhirnya menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga memicu timbulnya komedo dan jerawat. Jadi, buat kamu si penyuka gorengan, sebaiknya hindari untuk konsumsi makanan ini, ya!

 

2. Makanan Pedas

Siapa di sini yang suka makanan pedas? Ada baiknya mulai dikurangi konsumsi makanan pedas ya, BeautyHaul Squad! Selain gorengan, makanan pedas juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat, lho. Kenapa bisa begitu?

 

Saat makan makanan pedas, tubuh mengalami peningkatan suhu yang disebabkan oleh capsaicin, senyawa organik atau bahan aktif yang ditemui pada sebagian besar makanan pedas, seperti cabai, yang dapat memberikan sensasi panas.

 

Saat hal ini terjadi, kamu akan mulai berkeringat dan otomatis produksi minyak pun akan lebih banyak. Kondisi ini membuat Kotoran pada wajahmu terperangkap oleh minyak dan keringat, sehingga munculah jerawat.

 

3. Produk Olahan Susu

Pada dasarnya, konsumsi susu secara rutin memang bagus untuk kesehatan, namun tidak boleh berlebihan. Orang dewasa yang konsumsi susu atau es krim dengan berlebihan, kemungkinannya lebih besar untuk timbul jerawat di wajah (berdasarkan riset dari Journal of the European Academy of Dermatology & Venereology).

 

Lalu, kenapa produk olahan susu bisa menjadi penyebab jerawat? Kandungan lemak pada susu bisa memengaruhi faktor hormon pada tubuh yang disertai dengan inflamasi atau peradangan. Keduanya menghasilkan produk sebum atau minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

 

4. Makanan dan Minuman Manis yang Berlebih

Buat kamu yang sweet tooth, sebaiknya kurangi konsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan. Makanan dan minuman yang tinggi akan gula, contohnya kue, cokelat, soda, hingga jus buah kemasan yang ada gula tambahan di dalamnya.

 

Kandungan glukosa yang cukup tinggi tentunya bisa memicu peningkatan insulin sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat. Peningkatan insulin bisa membuat hormon androgen di dalam tubuh jadi lebih aktif. Hal tersebut bisa meningkatkan produksi sebum pada kulit sehingga timbul lah jerawat.

 

5. Fast Food

Fast food atau makanan cepat saji menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Bagaimana tidak, kandungan seperti kalori dan lemak yang tinggi pada makanan cepat saji bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Kadar lemak jenuh yang tinggi pada fast food juga sering dihubungkan dengan peningkatan insulin yang juga berpotensi meningkatkan risiko jerawat.

 

Bukan cuma itu, banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan cepat saji bisa mengubah kadar hormon yang ada. Akibatnya, kondisi tersebut bisa mendorong perkembangan jerawat.

 

Rekomendasi Skincare untuk Atasi Jerawat

Selain menghindari makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, kamu tentu perlu melakukan perawatan khusus saat jerawat melanda. MinBHI akan share rekomendasi skincare yang ampuh untuk hempaskan jerawat. Check it out!

 

1. SOMETHINC 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment (20ml)

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp131.000

Rp99.560

 

2. GLOWINC POTION ACNECORE+ Acne Spot Gel (15ml)

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp50.000

Rp32.000

 

3. NPURE Cica Series Face Toner (150ml)

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp100.000

Rp85.000

 

4. SOMETHINC Acne Shot AC Spot Gel (15ml)

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp98.000

Rp74.480

 

5. BIO BEAUTY LAB Acne Treatment Face Oil (5ml)

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp120.000

Rp96.000



Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab jerawat. Kalau jerawatmu semakin memburuk, segera konsultasikan ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan terbaik.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping