Jangan Sampai Salah, 5 Tips yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memakai Retinol

02 Dec 2022
Jangan Sampai Salah, 5 Tips yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memakai Retinol

Retinol merupakan salah satu kandungan dalam skincare yang populer. Bahan ini memiliki banyak manfaat bagi kulit, misalnya membantu proses regenerasi kulit, membantu atasi jerawat, sebagai anti-aging, dan lainnya. Namun, beberapa orang ada yang enggan memakai retinol karena takut akan efek sampingnya pada kulit. Skincare yang mengandung retinol memang bisa membuat kulit kering dan iritasi. Walaupun demikian, manfaat retinol untuk wajah banyak sekali, lho. Oleh karena itu, kamu harus tahu hal-hal penting ini sebelum menggunakan retinol. 

 

1. Gunakan Retinol Secara Lembut dan Perlahan

Karena formulanya yang terlalu berat untuk kulit, retinol bisa mengiritasi kulit jika digunakan terlalu sering. Oleh karena itu, #BeautyHaulSquad bisa mulai menggunakan retinol dengan jumlah sedikit dan presentasi formula yang rendah. 

 

Waktu terbaik dalam menggunakan retinol serum adalah dua kali dalam seminggu.  Kulit kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menyesuaikan diri. 

 

Nah, buat #BeautyHaulSquad yang melakukan eksfoliasi, sebaiknya hindari penggunaan retinol satu hari sebelumnya. Jika retinol dan eksfoliasi dipakai secara berurutan maka akan menambah iritasi kulit dengan meningkatkan sensitivitas kulit. Sebagai tambahan, kalau kamu melakukan perawatan tertentu seperti microneedling, laser, atau mikrodermabrasi, jangan pakai retinol dulu, ya, dalam beberapa saat. 

 

2. Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Retinol

Salah satu manfaat utama retinol yaitu untuk mengatasi penuaan dini. Namun, perlu diingat bahwa #BeautyHaulSquad tidak harus menunggu sampai ada kerutan di wajah. Mulai dari umur 25 tahun, kamu sudah diperbolehkan untuk menggunakan retinol secara rutin agar kesehatan kulit tetap terjaga sejak dini. 

 

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menggunakan retinol.  Hal tersebut karena di malam hari, proses regenerasi kulit lebih maksimal dilakukan. 

 

Jika kamu ingin menggunakannya pada pagi hari, wajib menggunakan sunscreen serta hindari dengan paparan sinar matahari secara langsung. Meskipun demikian, saran terbaik untuk memakai retinol adalah tetap digunakan di malam hari saja. 

 

3. Hati-Hati dalam Bahan Aktif Lain Saat Menggunakan Retinol

Penggunaan retinol tidak boleh dicampur dengan Benzoyl Peroxide karena dapat menghambat kinerja retinol. Selain itu, karena sifat retinol yang dapat mengiritasi, retinol tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA atau vitamin C. 

 

Nah, kalau retinol dan hyaluronic acid bisa digunakan secara bersamaan. Retinol berfungsi untuk mencegah penyumbatan pori-pori, mengeksfoliasi kulit, mempercepat regenerasi kulit, meningkatkan produksi kolagen, hingga melembutkan kulit. Namun, pada awal penggunaan skincare yang mengandung retinol, kulit mungkin akan terasa kering. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk memakai skincare dengan kandungan hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit serta mencegah timbulnya iritasi akibat penggunaan retinol.

 

4. Waspada Terhadap Efek Samping Retinol yang Terlalu Berat

Pada awal-awal menggunakan retinol, mungkin akan muncul efek samping tertentu seperti iritasi ringan, kulit kering, hingga sensitif terhadap paparan sinar matahari. Namun, #BeautyHaulSquad jangan khawatir karena kulit sedang menyesuaikan diri dengan bahan aktif. 

 

Buat #BeautyHaulSquad yang memiliki kondisi kulit seperti rosacea atau eksim, harus waspada terhadap retinol, ya. Jika kamu mengalami efek samping yang lebih parah, sebaiknya hentikan penggunaan retinol dan silakan konsultasikan pada dokter kulit. 

 

5. Jangan Menggunakannya Saat Sedang Hamil

Memakai retinol selama masa kehamilan sangat tidak disarankan. Pasalnya, penggunaan retinol dalam jangka panjang bisa mengganggu perkembangan janin pada kandungan, bahkan bisa menyebabkan cacat saat bayi lahir. Sebaiknya gunakan skincare dengan bahan lain yang aman selama masa kehamilan. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter juga.

 

Nah, itulah dia 5 hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai retinol. Pada umumnya, retinol memiliki banyak manfaat bagi kulit, asalkan jika kamu menggunakannya dengan cara yang benar serta dosis yang tepat. 

 

Jika kamu sedang mencari retinol terbaik, kamu bisa temukannya di BeautyHaul yang menyediakan berbagai skincare termasuk retinol dari berbagai brand mulai dari Somethinc, Skintific, Bio Beauty Lab, Azarine, dan brand terbaik lainnya!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping