Kandungan AHA & BHA di Dalam Skincare

14 Jun 2022
Kandungan AHA & BHA di Dalam Skincare

Kandungan AHA dan BHA adalah 2 jenis kandungan skincare yang sangat umum ditemukan di berbagai macam produk skincare, mulai dari toner hingga serum. 2 kandungan ini terkenal dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kulit, mulai dari membantu eksfoliasi kulit atau mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tidak kusam.

Tapi, apakah kalian tahu detail dari 2 jenis kandungan ini serta apa saja yang termasuk dalam kandungan AHA dan BHA serta bedanya? Simak beberapa kandungannya di sini.

 

1. Apa itu kandungan AHA?

AHA adalah Alpha Hydroxy Acid dan kandungan ini bersifat water soluble, yaitu dapat larut di dalam air. Kandungan ini biasanya berasal dari buah-buahan. Berikut list kandungan AHA yang dapat ditemukan di dalam skincare:

- Citric Acid (berasal dari buah jeruk)

- Lactic Acid (berasal dari fermentasi laktosa)

- Glycolic Acid (berasal dari tebu)

- Tartaric Acid (berasal dari buah anggur)

- Hydroxycaproic Acid (berasal dari royal jelly)

- Malic Acid (berasal dari berbagai macam buah)

 

Fungsi utama dari AHA adalah meningkatkan ketebalan lapisan kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Nah, selain bermanfaat dalam meningkatkan ketebalan kulit, kandungan AHA juga dapat mengatasi masalah pigmentasi serta bisa bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mengurangi penampakan garis-garis halus dan keriput di wajah. Kandungan ini cocok digunakan buat kalian yang punya concern soal penuaan. Selain itu kandungan AHA juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit kita. Kolagen berguna untuk menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tetap kencang.

 

Sebelum menggunakan kandungan AHA, ketahui bahwa kandungan ini bisa memiliki efek samping jika kulit kalian cenderung sensitif. Maka dari itu, kalau kalian baru mau coba pakai AHA, ada baiknya mencari produk skincare dengan persentase kandungan AHA yang kecil, baru lama kelamaan upgrade ke konsentrasi kandungan AHA yang lebih besar jika kulit sudah mampu.

 

2. Apa itu kandungan BHA dan bedanya dengan AHA?

BHA adalah Beta Hydroxy Acid. Sama dengan AHA, BHA juga dapat berfungsi untuk membersihkan sel-sel kulit mati atau meregenerasi kulit sehingga proses pembuatan sel kulit baru dapat terlaksana dengan cepat. Bedanya AHA & BHA, adalah keduanya memiliki struktur komponen yang berbeda. AHA memiliki komponen yaitu senyawa asam glikolat (tebu), asam laktat (susu), asam malat (apel), asam sitrat (jeruk) serta kandungan pelembap dan dapat larut di dalam air. 

BHA pun juga hanya memiliki satu senyawa, yaitu susunan lemak yang bisa larut di dalam minyak.

BHA mampu masuk ke dalam pori-pori sehingga ampuh untuk membersihkan sel-sel kulit mati, jadi regenerasi kulit atau proses pembuatan sel kulit baru dapat terlaksana secara cepat. Ini lah mengapa kandungan ini ampuh buat #BeautyHaulSquad yang pengin kulitnya tidak kusam. Cara kerja dari kandungan BHA adalah dengan mengangkat sel kulit mati yang ada pada permukaan dasar kulit, jadi kulit bisa lebih cerah. 



Karena ke-2 kandungan ini dapat membuat kulit cukup sensitif terhadap sinar matahari, maka disarankan buat kalian untuk pakai sunscreen di pagi hari ketika sedang menggunakan 2 kandungan ini. Dan biasanya, kandungan ini dianjurkan untuk digunakan saat malam hari, supaya terhindar dari risiko iritasi akibat sinar matahari.

Jika terjadi reaksi iritasi, kalian bisa gunakan kandungan yang menenangkan kulit seperti aloe vera, centella asiatica dan lainnya.

 

Lihat rekomendasi produk di bawah ini dan cari semua produk di website Beauty Haul!













Fact checked by Vindy Andri Putri, B.Sc.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping