Masalah Kulit Saat Cuaca Panas

20 Jun 2022
Masalah Kulit Saat Cuaca Panas

#BeautyHaulSquad, ngerasa gak sih akhir-akhir ini udara lagi ekstra panas banget? Cuaca panas menimbulkan masalah kulit dan otomatis membuat udara di sekitar kita juga terasa lembap sehingga terkadang rasanya tidak nyaman. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga akan membuat kulit rentan dari berbagai masalah kulit.

 

Mau tahu apa saja masalah kulit saat cuaca panas serta cara mengatasinya? Simak beberapa penuturannya di bawah ini.

 

1. Jerawat

Jerawat biasanya disebabkan oleh adanya kandungan minyak serta bakteri yang menumpuk pada kulit, sehingga pori-pori tersumbat oleh hal tersebut. Makanya, pastikan untuk membersihkan wajah dengan sempurna, kalian bisa melakukan metode double cleansing yaitu memakan balm atau oil based cleanser, lalu setelahnya menggunakan face wash. 

Nah, biar mencegah jerawat pada kulit, hal yang bisa kamu lakukan adalah saat sedang berkeringat, lap dengan menggunakan handuk atau tisu kering secepatnya. Saat mengelap keringat, jangan digosok atau digeser supaya tidak menimbulkan reaksi kemerahan setelahnya.

Gunakan produk skincare yang bersifat ringan, seperti moisturizer dengan konsistensi gel agar mudah diserap kulit. Salah satu tips-nya adalah kamu bisa memilih produk skincare yang mengandung salicylic acid, yang dapat membersihkan pori-pori kulit dari kotoran secara menyeluruh. Seperti produk Salicylic Acid Acne Spot Treatment, yang juga memiliki kandungan tambahan seperti Niacinamide dan Ceramide.



2. Kulit Terbakar

Ini bisa jadi 'nightmare' semua orang. Kulit yang terbakar biasanya memberikan sensasi panas, dan juga warna kemerahan pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena kamu terlalu lama mendapatkan paparan sinar matahari. Ditambah lagi kalau kamu gak memberikan proteksi pada kulitmu sebelumnya, misalnya pakai sunscreen. Makanya, pakai sunscreen itu penting banget ya #BeautyHaulSquad sebelum kalian memulai kegiatan. Disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30. Jangan lupa juga untuk memakai sunscreen di bagian kulit bagian leher hingga ke tangan supaya semua terlindungi dari bahaya sinar matahari.

Namun, apa yang harus dilakukan jika kulit sudah terlanjur terkena sunburn? Kalian bisa menggunakan kandungan yang bersifat soothing, misalnya Aloe Vera. Seperti Azarine Soothing & Hydrating Aloe Vera Gel With Honey.



3. Kulit Super Kering

Yakin deh, pasti kalian lebih betah di ruangan ber-AC kan hari gini demi terhindar dari panasnya udara luar? Karena AC ini lah, kulit kamu bisa jadi kering banget lho. Kandungan moisture pada kulit juga dapat hilang. Supaya kulit tetap memiliki kelembapan, kalian bisa cari face wash dan body wash yang punya kandungan melembapkan, tidak lupa juga moisturizer! Contoh kandungan yang melembapkan adalah Ceramide, Glycerin, Hyaluronic Acid, Squalane dan lainnya.

Tips lainnya jika kalian terus-terusan berada di ruangan AC adalah dengan menyemprotkan face mist dan juga bisa pakai lotion atau hand cream.



4. Timbul Dark Spot

Ini akibat lainnya kalau kalian lupa pakai sunscreen, yaitu munculnya dark spots pada kulit. Dark spot atau bintik hitam yang muncul pada kulit biasanya dapat terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan. Melanin ini lah yang merupakan pigmen kulit yang membuat kulit berwarna gelap. Salah satu sebabnya adalah terpapar cuaca panas atau sinar matahari. Balik lagi, SUNSCREEN! Ini adalah investasi paling penting, dan sebaiknya digunakan setiap hari walaupun kamu gak terpapar sinar matahari. Karena sinar gadget pun bisa menjadi sumber dari munculnya dark spot. 

Kalau sudah muncul dark spot pada kulit kamu, salah satu caranya adalah bisa melakukan metode laser atau pakai skincare yang dapar memudarkan dark spot, misalnya Niacinamide, Tranexamic Acid dll. Nah #BeautyHaulSquad, kamu bisa cobain pakai 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum atau YSB Glow Concentrate Treatment 1% Tranexamic Acid + Multi Probiome + Pineapple.

 

Itu dia beberapa masalah kulit saat cuaca panas dan juga beberapa cara pencegahan dan cara mengatasinya. Apakah ada yang pernah mengalami hal serupa?

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping