Beauty In One Click

7 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Agar Tidak Hitam

17 Sep 2021
cara melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak hitam

Sinar matahari memiliki peranan penting bagi tubuh sebagai supply vitamin D secara alami. Namun, bila terlalu sering terkena paparan secara langsung bisa berbahaya untuk kulit, karena dapat menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap, ruam, terasa terbakar hingga terkena risiko kanker kulit. 

 

Lalu, apakah kulit yang hitam karena matahari bisa putih lagi? 

 

Dilansir dari situs ad.org, perubahan warna pada kulit bersifat sementara dan bisa kembali normal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobatinya:

 

  • Mandi dengan air dingin untuk membantu meredakan rasa nyeri dan sensasi terbakar di kulit.

  • Gunakan pelembap yang mengandung bahan lidah buaya untuk membantu penyembuhan kulit.

  • Banyak minum air putih agar lapisan kulit tetap terhidrasi.

  • Gunakan pakaian yang tertutup agar tidak terkena dampak lebih parah.

  • Pergi ke dokter kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Nah, bagi kamu yang ingin punya kulit tetap putih walau sering terkena sinar matahari, berikut berbagai cara untuk melindungi kulit agar tidak berubah menjadi hitam.

 

1. Selalu Gunakan Sunscreen 

Agar kulit tidak menghitam karena sengatan sinar matahari, sebaiknya gunakan sunscreen. Penggunaan tabir surya ini sebaiknya digunakan pada jam 10 pagi sampai dengan jam 4 sore. Tak peduli, kamu berada di dalam ruangan maupun outdoor, sunscreen menjadi salah satu perlindungan penting yang harus diaplikasikan pada kulit. 

 

Pada siang hari, sinar matahari memiliki kadar UV yang cukup kuat, sehingga diperlukan perawatan ekstra untuk kulit dan wajah. Karena itu, gunakan produk sunscreen yang memiliki kandungan SPF minimal 30.

 

Semakin tinggi kandungan SPF, tentu akan semakin efektif untuk menjaga kulit agar tidak terbakar sinar UV.  Salah satu rekomendasi produk yang bisa digunakan adalah SOMETHINC Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50+ PA ++++ yang dirancang khusus untuk melawan sinar UVA dan UVB secara efektif.

 

2. Siapkan Kacamata Hitam atau Sunglasses

Dengan menggunakan kacamata hitam kamu untuk melindungi setengah wajah dari paparan sinar matahari secara langsung. Akan lebih baik jika kamu memilih lensa kacamata yang memiliki lapisan UV filter untuk melindungi mata dari sinar matahari.

 

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan Sunblock dan Sunscreen? Yuk Cek di Sini!

 

3. Hindari Terlalu Lama Beraktivitas di Luar Ruangan

Pantulan sinar matahari dari benda tertentu, seperti kaca dan lain sebagainya memang tidak sekuat paparan cahaya matahari secara langsung. Namun,  efek pantulan ini bisa berbahaya bagi kulit. 

 

Perlu diketahui, air dan pasir juga menjadi salah satu perantara yang dapat memantulkan sinar matahari. Sebaiknya, jangan terlalu lama berada luar ruangan ataupun terkena sinar matahari secara langsung.

 

4. Pakai Topi dan Jaket Tebal

Jika kamu beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama, selalu gunakan topi dan jaket. Ini sangat berguna sebagai cara melindungi kulit dari sinar matahari agar warna kulit tidak berubah menjadi gelap.

 

Menurut penelitian, tidak semua jaket bisa digunakan sebagai pelindung karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti jenis bahan, ketebalan jaket, dan warna jaket. 

 

Warna terang pada pakaian yang digunakan, akan membuat sinar matahari bisa masuk dengan mudah ke kulit dibandingkan warna gelap. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan topi dan jaket berwarna gelap dan tebal. 

 

5. Pilih Make Up dengan Kandungan SPF

Disarankan juga untuk menggunakan berbagai produk make up, seperti pelembap, bedak, bronzer, ataupun lipstik yang minimal mengandung SPF 15 untuk melindungi lapisan kulit wajah dari efek sinar matahari. Dengan begitu, kamu bisa tetap merias wajah dan tampil cantik setiap saat.

 

6. Kenakan Baju Berlengan Panjang

Apabila memungkinkan, kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang. Pakaian gelap dengan kain tenunan rapat menghalangi lebih banyak sinar matahari daripada kain putih atau bahan pakaian yang longgar.

 

Baca juga: Apa Manfaat Serum Bakuchiol untuk Kesehatan Kulit Wajah?

 

7. Konsumsi Vitamin

Tak kalah pentingnya, kamu bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan cara mengkonsumsi vitamin tertentu, seperti astaxanthin yang mengandung antioksidan tinggi. 

 

Vitamin ini memang ampuh untuk mengatasi pigmen kulit karena diproduksi oleh alga air yang memiliki kandungan baik dan ampuh merespon sinar UV. 

 

Itulah cara agar kulit tubuh dan wajah tidak hitam saat terkena matahari. Kamu bisa meminimalisir bahaya sinar matahari secara langsung dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat mulai dari sekarang.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping