Sudah Tahu Perbedaan Sunblock dan Sunscreen? Yuk Cek di Sini!

20 Apr 2021
Perbedaan Sunblock Dan Sunscreen

Sinar matahari memang cukup baik untuk memberikan vitamin D pada tubuh. Namun, sinar matahari yang bermanfaat biasanya hanya dalam waktu tertentu seperti pagi hari.

 

Ketika siang hari, maka sinar matahari cukup berbahaya karena mengandung sinar UVA dan UVB. Kedua jenis sinar tersebut akan mempengaruhi kesehatan kulit jika terpapar secara berlebihan.

 

UVA atau dikenal dengan sebutan sinar ultraviolet ini merupakan penyebab utama penuaan dini, flek hitam, hingga timbulnya keriput.

 

Bahkan, jika terlalu sering terpapar sinar tersebut, maka efek buruknya akan menyebabkan kanker kulit. Sementara itu, UVB yang menyebabkan kulit terbakar dan mudah kering.

 

Untuk mencegahnya, perlu menggunakan tabir surya. Namun, tidak jarang masih ada yang bingung membedakan antara sunblock dan juga sunscreen.

 

Sekilas, keduanya memang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun ada perbedaan mendasar dari keduanya.

 

Lalu, apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Berikut ulasannya.

 

1. Mekanisme Perlindungan Sunblock dan Sunscreen

Chemical sunscreen akan bekerja dengan cara menyerap dan menyaring sinar UV. Kemudian, bahan ini akan mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

 

Sedangkan, physical sunscreen berguna untuk menghalau sinar UVB dan UVA yang dapat masuk ke dalam kulit dengan melakukan protection di atas permukaan kulit.

 

Perbedaan mekanisme inilah yang menyebabkan sunscreen harus diaplikasikan 20 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

 

Hal ini bertujuan karena kandungan di dalam sunscreen membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk dapat terserap ke dalam kulit.

 

Berbeda dengan sunblock, saat di-aplikasikan ke kulit akan langsung bekerja dengan baik.

 

2. Memiliki Tekstur yang Berbeda

Cara kerja kedua tabir surya ini cukup berbeda karena dipengaruhi oleh bahan yang ada di dalamnya. Sunscreen ini umumnya dibagi menjadi dua jenis yang berbeda yaitu physical dan chemical.

 

Sunscreen memiliki berbagai senyawa kimia yang dapat menyerap sinar matahari seperti avobenzone dan oxybenzone. Karena alasan tersebut, sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dan tipis jika diaplikasikan di kulit.

 

Sedangkan, sunblock mengandung titanium dioksida atau seng oksida, sehingga tekstur yang dihasilkan lebih buram dan tebal.

 

Kandungan yang ada di sunblock membuat banyak orang menganggap bahwa cara mengaplikasikannya cukup sulit. Sebab, lotion sunblock ini akan menimbulkan warna yang berbeda pada kulit manusia.

 

Hal inilah yang menjadikan alasan banyak orang lebih memilih penggunaan sunscreen daripada sunblock.

 

Baca juga: Cara Kulit Seperti Orang Korea Berdasarkan Zodiak Hari Ini

 

3. Efek yang Dihasilkan

Seperti yang sudah diketahui, sunscreen memiliki variasi senyawa kimia yang dapat menyerap sinar matahari. Hal inilah yang menjadikan perbedaan antara sunblock dan sunscreen.

 

Dengan adanya senyawa kimia tersebut, maka dapat menyebabkan alergi pada orang yang memiliki riwayat alergi terhadap asam para aminobenzoic atau yang dikenal dengan PABA.

 

Selain itu, penggunaan sunscreen yang mengandung minyak juga memicu timbulnya jerawat pada wajah.

 

Bahkan menurut dokter kulit Deborah Jaliman MD, jika seseorang memiliki kulit sensitif, maka bisa menyebabkan gatal-gatal. Untuk itu, penting memilih produk yang cocok dengan jenis kulit yang dimiliki.

 

4. Berdasarkan Fungsinya

Perbedaan selanjutnya yang bisa diketahui yaitu dari fungsinya. Perlu diketahui, sunscreen merupakan lotion pelindung dari sinar matahari.

 

Biasanya sunscreen akan menyerap ke dalam lapisan kulit teratas dan dapat melindungi sinar UVB saja. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen yang memiliki kandungan bagus untuk menangkal sinar UVA.

 

Sementara itu, sunblock memiliki kandungan yang lebih lengkap, sehingga dapat melindungi kulit dari paparan matahari UVA dan UVB.

 

Baca juga: 7 Manfaat Sunscreen untuk Wajah Berjerawat, Mau Tahu?

 

 

Lalu, Mana yang Harus Dipilih? Sunblock atau Sunscreen?

Semua itu kembali pada kebutuhan #BeautyHaulSquad. Biasanya, sunblock lebih sering digunakan untuk mereka yang terbiasa bekerja di luar ruangan ataupun sering terkena sinar matahari secara langsung seperti berjemur di pantai.

 

Direkomendasikan untuk menggunakan sunblock dengan minimal SPF 30. Bila ingin proteksi yang lebih maksimal, bisa memilih penggunaan sunblock dengan SPF 50 ataupun 100.

 

Lalu, untuk aktivitas yang tidak terlalu lama menghabiskan waktu di luar ruangan ataupun tempat terbuka lainnya bisa menggunakan sunscreen karena lebih lembut di kulit dan mudah dibersihkan, sehingga kulit tidak mudah kering.

 

Itulah bedanya sunscreen dan juga sunblock yang bisa kita ketahui. Yuk, jaga kesehatan kulit dengan menggunakan produk yang tepat.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping