Beauty In One Click

7 Manfaat Sunscreen untuk Wajah Berjerawat, Mau Tahu?

06 Dec 2021
Manfaat Sunscreen untuk Wajah yang Jerawatan

Biasanya sunscreen lebih banyak digunakan ketika kita ingin ke luar rumah agar kulit tidak terbakar sinar matahari, bukan?

 

Namun, ternyata sunscreen juga memiliki manfaat lainnya untuk kecantikan wajah, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai pelindung SPF saja. 

 

Sebelum mengenal lebih jauh akan fungsinya untuk kulit berjerawat, ada baiknya kalian mengenal apa saja yang terkandung di dalam produk sunscreenPada dasarnya, produk sunscreen selalu memiliki kandungan aktif berupa titanium dan zinc oxide. 

 

Bagaimana dengan manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat? Dilansir dari situs AAD (American Academy of Dermatology), ternyata jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pada kulit akibat kulit mati, bakteri, dan minyak berlebih. 

 

Nah, bagi kalian yang belum tahu kalau sunscreen juga bisa digunakan saat kulit berjerawat, berikut ini berbagai manfaatnya.

 

1. Mengatasi Jerawat Agar Tidak Semakin Parah

Penggunaan sunscreen bisa mencegah kondisi wajah berjerawat semakin memburuk karena paparan sinar matahari dan juga polusi yang menempel pada permukaan kulit. 

 

Bila tidak diantisipasi, maka jerawat bisa semakin meradang dan wajah akan mengalami breakout  yang dapat memperparah kondisi kulit. Tidak hanya itu, disebutkan kalau paparan sinar matahari membuat pigmentasi kulit semakin gelap. 

 

2. Menghilangkan Bekas Jerawat 

Menurut seorang Dermatologist Marisa Garshick, M.D., menjelaskan bahwa bekas luka dan jerawat bisa saja tersamarkan karena kulit yang menggelap. Namun, ternyata kondisi tersebut hanya menyembunyikan risiko yang lebih parah, seperti inflamasi dan kemerahan. 

 

Karena itulah, wajah yang berjerawat harus memakai sunscreen karena fungsinya yang dapat menahan sinar UV agar tidak semakin memperparah kondisi kulit, dan juga tidak menyebabkan hiperpigmentasi.

 

3. Melawan Penuaan Dini

Manfaat yang satu ini berkaitan dengan kondisi kulit berjerawat dan paparan UV. Dilansir dari situs skincancer.org, mereka yang tidak menggunakan sunscreen lebih mudah mengalami penuaan dini karena efek radiasi sinar matahari yang dapat membuat kulit lebih gelap dan kering. 

 

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan Sunblock dan Sunscreen? Yuk Cek di Sini!

 

4. Melindungi Wajah dari Sinar Matahari 

Untuk kulit dengan kondisi berjerawat, kulit sebenarnya telah mengalami kerusakan. Jika kondisi ini dibiarkan, maka kerusakan DNA di dalam sel kulit hanya akan mengarahkan kulit pada potensi kanker di masa mendatang.

 

Jadi, jangan sepelekan penggunaan sunscreen, ya! Bila takut jerawat makin parah karena tidak cocok dengan sunscreen yang digunakan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit agar tahu kandungan apa saja yang boleh digunakan.

 

5. Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Kulit yang terhidrasi dengan baik pasti kekenyalan dan kelembapannya juga terjamin. Bila kelembapan kulit hilang, maka kulit seseorang akan lebih sensitif, mudah iritasi, dan menjadi kering.

 

Hal ini dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Ada beberapa sunscreen yang juga sekaligus mengandung ingredients yang melembapkan, sehingga gak hanya melindungi dari sinar matahari, tapi kamu juga bisa menjaga kulit kamu agar selalu lembap.

 

6. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Biasanya, jerawat lebih sering muncul pada orang-orang yang memiliki kandungan minyak berlebih pada area wajah. Bila tidak dibersihkan secara rutin atau tidak menggunakan sunscreen, hal ini memicu munculnya sebum yang nantinya dapat memunculkan jerawat.

 

Penggunaan sunscreen yang bersifat water-base mampu meresap dengan cepat hingga ke dalam pori-pori kulit. Hal ini dapat mengatasi masalah minyak berlebih serta melindungi kulit dari pancaran sinar UVA dan UVB. 

 

Selain itu, keuntungan menggunakan water-base sunscreen adalah sifatnya yang tidak lengket di kulit, terasa segar, dan aman digunakan untuk semua jenis kulit.

 

Baca juga: 12 Rekomendasi Skincare yang Cocok untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

 

7. Mencegah Luka di Kulit 

Dalam kondisi yang sudah terluka, jerawat akan semakin mudah meradang karena panas matahari. Meski cepat kering, tapi kondisi kulit mengelupas hanya akan membuat kalian tergoda untuk menggaruk luka. 

 

Hal tersebut dapat memberikan bekas luka serta hiperpigmentasi. Karena itulah, manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat dapat mencegah kulit terasa gatal dan menghindari luka. 

 

Kalau diperhatikan dari seluruh penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau kandungan dari tabir surya sendiri dapat memberikan perlindungan lebih untuk kulit. 

 

Pada dasarnya jerawat yang membandel akan semakin mengalami peradangan yang buruk jika tidak ada perlindungan yang tepat. 

 

Terutama mengingat bahwa faktor lain seperti riasan, skin care, produk rambut, hingga stres dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat. Karena itu, ada baiknya untuk mengetahui Bagaimana Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping