Beauty In One Click

5 Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

25 Aug 2021
cara memilih skincare untuk kulit berjerawat

Permasalahan kulit seperti jerawat memang kerap kali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Kombinasi antara sisa make up, polusi, kotoran, dan cuaca bisa menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat.

 

Oleh karena itu, pemilihan skincare untuk kulit berjerawat sebaiknya dilakukan dengan lebih hati-hati. Karena produk skincare yang tidak tepat justru akan membuat jerawat semakin meradang.

 

Oleh karena itu, yuk pahami bagaimana cara memilih skincare yang cocok untuk kulit berjerawat.

 

1. Lakukan Eksfoliasi Kulit 

Eksfoliasi penting dilakukan agar kulit kulit mati segera terganti dengan kulit baru yang sehat. Akan tetapi, eksfoliasi ketika kulit sedang berjerawat tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

 

Eksfoliasi kimia ini termasuk metode eksfoliasi kulit yang memanfaatkan kandungan acid sebagai unsur yang membantu dalam proses regenerasi kulit dan membersihkan pori-pori kulit, sehingga bisa membuang berbagai sel kulit mati hingga berbagai kotoran yang menempel.

 

Chemical exfoliation ini juga akan menghilangkan berbagai endapan kotoran yang ada di lapisan dalam kulit. Bahan yang biasanya termasuk kategori eksfoliator ini adalah salicylic acid, lactic acid, dan glycolic acid.

 

2. Mempelajari Setiap Kandungan Produk

Cara memilih skincare untuk kulit berjerawat berikutnya yaitu mempelajari setiap kandungan produk. Kulit berjerawat sebaiknya memilih produk perawatan wajah yang non komedogenik dan oil free.

 

Baik itu pada produk cleanser yang digunakan, moisturizer, serum, maupun krim malam. Lantas, kenapa harus memilih yang non komedogenik? Sebab non komedogenik ini tidak akan memicu timbulnya komedo pada wajah.

 

Komedo sendiri bisa tumbuh menjadi jerawat, sehingga pemilik kulit berjerawat sebaiknya perhatikan apakah produk memiliki label non komedogenik atau non acnegenic. Hal ini untuk mencegah munculnya masalah yang lebih buruk dari sebelumnya.

 

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak dengan Kulit

 

3. Gunakan Krim Penghilang Jerawat

Jika jerawat sudah meradang dan begitu terlihat, pasti bisa membuat semakin tidak percaya diri. Dalam kondisi begini, kalian bisa menggunakan krim jerawat untuk mengatasinya.

 

Namun, pastikan krim yang dipilih memiliki kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide. Kedua kandungan ini dinilai ampuh membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

 

Beberapa kandungan anti jerawat lainnya yang bisa dipertimbangkan seperti, asam salisilat, sulfur, dan retinol.

 

Asam salisilat dapat digunakan untuk mengatasi masalah pengerasan kulit, kutil, hingga jerawat. Sulfur juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, melawan bakteri munculnya jerawat, hingga mengatasi masalah kulit sensitif.

 

Retinol yang termasuk sebagai vitamin A juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit, mulai dari mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, proteksi kulit dari efek sinar matahari.

 

4. Pilih Produk yang Sesuai Jenis Kulit

Setiap orang mempunyai jenis kulit wajah yang berbeda dengan lainnya. Yang mana jenis kulit ini juga dapat berubah seiring dengan pertambahan usia dan bisa dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah faktor lingkungan.

 

Saat kita berada di lingkungan yang kotor dan tidak rutin membersihkan kulit, akan lebih rentan terkena infeksi jamur dan bakteri penyebab jerawat.

 

Oleh karena itu, perawatan setiap jenis kulit wajah juga berbeda pada setiap  orang. Jenis kulit wajah sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu kulit wajah normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

 

Penggunaan produk yang tidak sesuai jenis kulit juga bisa memicu munculnya jerawat atau berbagai permasalahan kulit lainnya. Jadi, biasakan melihat label kemasan produk, terkait kecocokannya dengan tipe kulit wajah tertentu.

 

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih Skincare, Yuk Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

 

5. Konsultasi dengan Dermatology

Apabila jerawat semakin parah, jangan dulu berkecil hati karena hal tersebut masih bisa disembuhkan. Namun, proses penyembuhannya tidak cukup hanya dengan membersihkan muka dengan cara biasa.

 

Tapi, harus dilakukan treatment lain seperti penggunaan skincare ataupun obat-obatan medis khusus. Selain itu, direkomendasikan pula penggunaan antibiotik, krim atau lotion yang mengandung isotretinoin, hingga penggunaan obat spironolactone.

 

Namun penggunaannya tentu hanya boleh dilakukan atas rekomendasi atau resep dokter. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu.

 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih skincare untuk kulit berjerawat. Bagi kalian yang memilih untuk menggunakan produk perawatan wajah yang dapat mengatasi minyak berlebih dan jerawat, kamu bisa memilih beberapa produk, seperti:

 

  • AVOSKIN YOUR SKIN BAE SERIES Salicylic Acid 2% + Zinc
  • AZARINE Anti Acne & Brightening Serum 20 ml
  • ELSHE SKIN Moisturizer for Acne Skin 15g
  • PYUNKANG YUL Acne Spot Cream 15ml
  • SCARLETT WHITENING Acne Day Cream

 

Untuk rekomendasi produk lainnya, silakan kunjungi halaman skincare penghilang jerawat dari BeautyHaul. Yuk, mulai jaga dan rawat penampilanmu dari sekarang!

 

Artikel lainnya terkait produk skincare

 

 

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping