Cocok Atasi Jerawat! Ini 5 Manfaat Salicylic Acid & Efek Sampingnya

20 Aug 2021
manfaat salicylic acid

Di dalam produk perawatan wajah, pastinya pernah melihat adanya kandungan asam salisilat atau yang dikenal dengan salicylic acid.

 

Sebenarnya, apa itu salicylic acid? Salicylic acid adalah kandungan alami yang dihasilkan dari kulit pohon willow yang bisa digunakan sebagai obat keratolitik untuk membuang lapisan keratin yang ada di permukaan luar kulit.

 

Selain terkenal karena mampu mengatasi jerawat, ternyata banyak manfaat salicylic acid yang lainnya.

 

Berikut berbagai kegunaan salicylic acid untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah:

 

1. Mampu Bersihkan Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah yang kerap kali hinggap pada wajah. Untuk jenisnya, komedo sendiri ada dua jenis yakni komedo hitam dan juga komedo putih. Kandungan yang terdapat dalam bahan aktif salicylic acid berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh komedo membandel.

 

Adapun komedo ini terjadi karena penumpukan kotoran yang ada di pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan salicylic acid sebagai bahan yang mampu untuk mengangkat sel kulit mati.

 

Selain itu, zat satu ini juga berfungsi sebagai anti radang, terutama pada kulit yang berjerawat. Kalian bisa dengan mudah untuk menemukan kandungan salicylic acid ini pada produk eksfoliasi atau sabun cuci wajah.

 

Dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan satu ini, tentunya akan bermanfaat untuk menghapus kotoran, debu dan sisa makeup yang mampu menyebabkan timbulnya komedo pada wajah.

 

2. Angkat Sel Kulit Mati dan Minyak Berlebih

Manfaat salicylic acid selanjutnya adalah mampu mengangkat minyak yang berlebih dan juga sel kulit mati bahkan membasmi bakteri yang ada di wajah.

 

Hal ini dikarenakan tiga hal tersebut merupakan penyebab utama muncul jerawat. Sehingga, jika produk perawatan mengandung asam salisilat, maka hal ini bisa mengurangi penyebab wajah sering berminyak.

 

Baca juga: 5 Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Kulit Wajah

 

3. Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat

Perlu diketahui bahwa salicylic acid merupakan salah satu jenis dari BHA. Di mana jenis satu ini memang banyak disarankan untuk digunakan dalam mengatasi jerawat.

 

Hal ini dikarenakan salicylic acid memiliki ukuran molekul yang jauh lebih besar dibandingkan dengan asam yang lain.

 

4. Membantu Meregenerasi Kulit

Toner merupakan salah satu produk perawatan wajah yang memiliki kandungan asam salisilat di dalamnya.

 

Dengan menggunakan toner, dapat berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa make up setelah cuci muka yang masih menempel di wajah.

 

Adanya kandungan salicylic acid di dalam toner, tentunya produk perawatan wajah ini akan bekerja lebih maksimal karena dapat membantu kulit meregenerasi dan mengubahnya menjadi kulit baru yang lebih sehat.

 

Sehingga, berbagai macam masalah kulit seperti bekas jerawat, bintik hitam, dan juga bekas luka di wajah bisa tersamarkan.

 

5. Berfungsi Sebagai Exfoliator

Manfaat lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan produk satu ini adalah dapat berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

 

Perlu anda tahu bahwa salicylic acid digolongkan sebagai proses keratolytic medication. Dengan begitu, zat ini juga akan sangat cocok digunakan sebagai exfoliator untuk wajah anda. Namun, gunakan exfoliator yakni 2-3 kali dalam seminggu saja.

 

Sebab, dengan menggunakan exfoliator yang mengandung kandungan asam salisilat mampu mempercepat proses pengangkatan sel kulit yang ada di wajah dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

 

Tak hanya itu saja, ketika menggunakan produk perawatan wajah dengan kandungan salicylic acid di dalamnya, maka juga akan berfungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

 

Baca juga:  Pernahkah Kalian Mendengar Jenis AHA Bernama Mandelic Acid?

 

Adakah Efek Samping Salicylic Acid untuk Kesehatan Kulit?

Bila kamu bertanya apakah salicylic acid berbahaya untuk kulit? Jika digunakan dalam takaran rendah akan aman. Akan tetapi, bila terlalu banyak digunakan bisa menyebabkan iritasi kulit, luka bakar sedang, hingga keracunan bila tertelan.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung salicylic acid.

 

Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter ataupun spesialis kulit dan kecantikan untuk mengetahui seberapa sering kamu bisa menggunakannya.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping