Begini Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak dengan Kulit

30 May 2021
Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak

Bagi para beauty enthusiast, perjalanan untuk menemukan perawatan kulit tidaklah mudah.  Karena, kita harus mencoba berbagai skincare yang memang cocok dengan kulit yang dimiliki.

 

Namun, seringkali kita merasa bingung bagaimana caranya mengetahui skincare cocok atau tidak dengan wajah? Kita bisa mengenalinya dari tanda-tanda berikut ini.

 

1. Kulit Wajah Terlihat Lebih Lembap dan Kenyal

Fungsi utama produk perawatan wajah yaitu dapat melembapkan kulit dengan baik. Hal ini penting diperhatikan agar kita tahu apakah skincare yang digunakan cocok atau tidak dengan kulit wajah.

 

Jika wajah mulai tampak bersinar, lembap, dan kenyal, hal ini menandakan produk yang digunakan cocok untuk kulit.

 

Kalau produk skincare tersebut cocok dengan kulit kamu, maka penyerapan kandungannya ke kulit juga akan lebih optimal. Sehingga kulit akan lebih lembap serta elastis.

 

Untuk wajah yang sehat, agar terhindar dari berbagai macam penumpukan sel-sel kulit mati yang membuat kulit kusam dan tampak lebih tua, pada umumnya menggunakan produk perawatan kulit yang melembapkan yang mengandung senyawa seperti hyaluronic acid.

 

Produk perawatan kulit yang mengandung zat tersebut sering digunakan dengan kombinasi produk lainnya dengan kandungan vitamin C yang dapat membantu penetrasi lebih efektif.

 

Tak heran jika produk yang satu ini sangat ampuh jika digunakan bagi tipe kulit kering. Namun, perlu diketahui skincare yang melembapkan tidak akan membuat kulit berminyak secara berlebihan.

 

Untuk membedakan kulit berminyak dan lembap, coba sentuh wajah dengan menggunakan tangan yang bersih. Kulit berminyak akan terkesan licin, namun kulit lembap akan tampak kesat.

 

2. Warna Permukaan Kulit Lebih Cerah dan Tampak Merata

Untuk mengetahui produk perawatan kulit wajah yang tepat bisa dilihat dari perubahan warna kulit wajah yang lebih bersih dan cerah.

 

Selain itu, tidak ada satupun masalah kulit seperti iritasi ataupun gatal-gatal. Idealnya, permukaan kulit pada wajah akan tampak lebih merata dan tidak belang.

 

3. Tidak Merasakan Adanya Alergi pada Kulit

Apabila cocok dengan skincare yang digunakan, maka kulit tubuh ataupun tidak akan bereaksi negatif terhadap produk tertentu.

 

Biasanya, alergi yang timbul disebabkan oleh bahan parfum, retinol, essential oils, sodium laureth sulfate, glycolic acid, salicylic acid, tocopherol acetate, methylisothiazolinone, dan formaldehyde.

 

Baca juga: 6 Manfaat Menggunakan Skin Care yang Wajib Diketahui

 

Ciri atau Tanda Skincare yang Tidak Cocok di Kulit

 

1. Kulit Terasa Terbakar

Biasanya, mereka yang mengalami ketidakcocokan akan produk skincare dapat merasakan sensasi terbakar di kulit. Hal ini dikarenakan bahan yang terkandung di dalamnya terlalu keras, sehingga dapat memengaruhi kesehatan kulit.

 

2. Muncul Ruam di Kulit

Ruam yang muncul setelah menggunakan skincare entah di kulit tubuh ataupun bagian wajah menandakan bahwa produk perawatan kulit yang digunakan tidak cocok.

 

Sebelum menggunakan skincare, cobalah untuk tes terlebih dahulu pada bagian tangan ataupun belakang kuping untuk melihat hasilnya. Bila tidak terjadi masalah, baru #BeautyHaulSquad bisa tetap menggunakan produk tersebut.

 

3. Adanya Minyak Berlebih

Kulit yang berminyak menandakan bahwa adanya masalah pada skin barrier atau pelindung kulit. Minyak berlebih justru dapat membuat banyak kotoran dan noda menempel di kulit.

 

4. Warna Kulit Berubah Lebih Gelap dan Terlihat Kusam

Adanya perubahan warna kulit dapat menjadi indikator penting yang menandakan bahwa skincare yang dibeli tidak cocok dengan kulit tubuh.

 

Efek samping yang bisa dirasakan adalah munculnya bintik coklat di sekitar wajah, warna kulit berubah menjadi gelap, dan wajah terlihat kusam.

 

Lalu, Bagaimana Cara Mengetahui Cocok atau Tidaknya Sebuah Skincare?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetes kecocokan sebuah produk perawatan kulit. Salah satunya adalah dengan mengenali kandungan skincare yang ada di dalamnya dan mengenali gejala-gejala yang muncul.

 

Apabila mengalami masalah jerawat, mungkin akan membutuhkan beberapa waktu berkisar 10 hari agar bisa melihat hasilnya secara maksimal. Waktu ini juga akan berbeda jika digunakan pada jenis kulit wajah tertentu.

 

Hal ini berarti penggunaan skincare pada kulit wajah bisa ditunjukkan dengan ciri-ciri tertentu yang muncul dan dipengaruhi beberapa faktor tertentu, seperti jenis kulit.

 

Baca juga: Tahapan Basic Skincare yang Jangan Sampai Terlewat

 

Jika menggunakan produk perawatan wajah untuk mengatasi masalah penuaan dini, seperti keriput dan flek hitam di wajah, maka waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Waktu ini merupakan perkiraan untuk melihat hasil dari penggunaan skincare secara maksimal.

 

Setelah melewati waktu tersebut, maka kita perlu melihat sejauh mana perkembangannya. Apabila dalam kurun waktu sebulan tidak ada masalah pada kulit wajah dengan pemakaian skincare, bisa dipastikan bahwa produk tersebut cocok dengan kulit #BeautyHaulSquad.

 

Bila mengalami gejala iritasi, gatal-gatal, ataupun alergi lainnya segera hentikan pemakaian. Hal ini menandakan bahwa skincare yang digunakan tidak cocok, sehingga menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

 

Produk skincare menjadi salah satu rangkaian atau cara untuk merawat kecantikan sekaligus kesehatan kulit wajah. Tak heran, jika banyak orang yang mendambakan produk perawatan yang tepat untuk membantu memaksimalkan penampilannya. Saatnya cari produk skincare yang cocok dengan kulitmu, di www.beautyhaul.com 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping