Nggak peduli mau kulit kalian kering, berminyak, ataupun sensitif, eksfoliasi adalah rutinitas skincare yang wajib dilakukan, seenggaknya seminggu sekali.
Nah tapi cara eksfoliasi buat tiap jenis kulit tuh berbeda, supaya nggak bikin iritasi. Catat ingredient apa yang wajib kalian pakai berdasarkan skin type.
- Kulit kering
Kalian harus cari kandungan eksfoliator yang sekaligus punya sifat humektan, supaya sel kulit mati terangkat tapi kulit tetap lembap. Pilihannya ada 2 kandungan ini:
- Lactic Acid (AHA): Lebih gentle, molekulnya lebih besar sehingga masuknya lebih pelan ke kulit jadi nggak bikin makin kering, ada sifat humektan yang bisa sekaligus melembapkan kulit.
- Mandelic Acid: Mirip dengan lactic acid, hanya saja molekulnya jauh lebih besar dibanding Lactic sehingga efficacy nya bisa lebih lama dibanding Lactic.
2. Kulit berminyak
Kulit oily paling gampang eksfoliasi pakai Salicylic Acid.
- Sifatnya oil soluble, jadi bisa masuk ke dalam pori-pori dan meluruhkan sebum dan sel kulit mati yang menumpuk.
- Ada efek anti inflamasi yang dimiliki Salicylic Acid, cocok buat mengatasi kulit yang kemerahan akibat jerawat.
Opsi lain kalian juga bisa coba kandungan Glycolic Acid.
- Ini dengan catatan kalau kulit kalian ada problem lain, seperti tekstur yang nggak rata, kusam, sampai bekas jerawat; karena Glycolic Acid punya molekul yang lebih kecil, jadi lebih efektif dan satset mengatasi problem tersebut.
- Tapi karena dinilai lebih potent, kalian harus lebih aware sama pemakaian skincare lain. Sebisa mungkin hindari active ingredients yang sifatnya strong juga, saat lagi pakai Glycolic Acid.
3. Kulit sensitif
Untuk kulit sensitif, fokusnya adalah mencari kandungan eksfoliasi yang mild; supaya nggak mengganggu fungsi skin barrier. Jadi dibanding mencari kandungan yang sifatnya strong, better cari opsi kandungan yang bekerja secara perlahan. PHA seperti Lactobionic Acid bisa kamu gunakan, karena fungsinya:
- Lebih gentle untuk kulit, karena kerjanya nggak masuk ke lapisan kulit di dalam – cukup di permukaan dasar saja.
- Punya sifat humektan yang bantu kulit lebih lembap.
- Ukuran molekulnya jauh lebih besar dibanding AHA, makanya kerjanya jauh lebih lambat tapi tetap efektif.
- Kulit kombinasi
Kulit kombinasi bisa kalian mix pemakaian ingredients nya mengikuti area muka. T-zone biasanya cenderung lebih berminyak, sementara area lainnya lebih kering. Dua ingredients ini bisa dicoba:
- Salicylic Acid (di T-zone): BHA ini bersifat oil soluble, bisa bantu bersihin komedo dan sel kulit mati serta sebum yang menumpuk di area tersebut.
- Lactic Acid (di area selain T-zone): area muka yang lain cukup pakai lactic acid; sifatnya mengeksfoliasi tapi tanpa bikin kering, malah ada efek melembapkannya.
Rekomendasi Exfoliator AHA BHA PHA
Somethinc Advanced Peeling 20% AHA BHA PHA LHA Serum

Wardah 3% AHA-PHA Phyto-Enzyme Exfoliating & Clarifying Toner

Finally Found You Oatstanding Bha + Lha Acne Serum

From This Island Sugarcane AHA Exfoliating Solution Toner

Tavi 5 % Natural PHA + BHA Retexture Toner

Kalian sudah tahu jenis kulit masing-masing kan? Habis ini kalau mau eksfoliasi, sesuaikan dulu ingredients nya buat jenis kulit kalian ya! Stay tuned terus di blog Beautyhaul untuk update soal ingredients lainnya.