A-Z Soal Skin Barrier yang Wajib Kamu Tahu untuk Perkuat Performance-nya!

10 Aug 2023
A-Z Soal Skin Barrier yang Wajib Kamu Tahu untuk Perkuat Performance-nya!

Fun fact: kulit kita merupakan organ tubuh yang letaknya paling luar, dan ukurannya paling besar karena hampir 15% bagian tubuh terselimuti oleh kulit. Kulit terbentuk dari berbagai macam sel, protein, ceramide dan lipid yang menjadikannya komponen tubuh yang sangat complex. Namun, ada satu komponen yang paling penting dalam kulit dan perlu perhatian ekstra: skin barrier.



Apa itu skin barrier

 

Kulit terdiri dari 3 lapisan: epidermis, dermis, dan hypodermis. Masing-masing dari lapisan punya sublayer lagi, dengan fungsi uniknya masing-masing. Bicara soal skin barrier, maka akan berkaitan dengan epidermis. Karena di situlah kita bisa menemukan skin barrier, yaitu lapisan terluar kulit yang tugasnya melindungi kulit. 

 

 

Bagian paling luar dari lapisan epidermis dinamakan stratum corneum, atau dikenal sebagai skin's protective barrier. Semua kandungan esensial yang dimiliki kulit, seperti cholesterol, ceramide, dan fatty acids, berkumpul di sini. Mereka bersama-sama membentuk natural moisturizing factor alami, yang juga membantu memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kelembapan hingga lapisan terdalam kulit.

 

Fungsi skin barrier

 

Ada 3 fungsi utama yang dilakukan oleh skin barrier: Memproteksi tubuh dari faktor kerusakan eksternal seperti sinar UV dan polusi, menjaga kandungan air atau kelembapan alami kulit, sehingga tidak mengalami Transepidermal Water Loss atau hilangnya kadar air yang bisa menyebabkan kulit jadi dehidrasi.

 

Jika skin barrier tidak berfungsi, apa yang akan terjadi?

 

Kalau skin barrier tidak bekerja sesuai dengan fungsinya, di sinilah masalah kulit akan mulai bermunculan. Biasanya, keluhan kulit yang muncul seperti kulit dehidrasi, kering dan kusam. Skin barrier yang tidak sehat biasanya juga ditandai dengan kulit yang tidak mampu menangkal radikal bebas, yang pada akhirnya membuat perubahan pada kulit seperti munculnya kondisi hyperpigmentation hingga garis halus. 

 

Penyebab skin barrier tidak berfungsi dengan baik

 

Ada banyak faktor yang menyebabkan skin barrier BeautyHaul Squad tidak berfungsi dengan baik, seperti: gaya hidup yang tidak seimbang, atau bahkan efek dari pemakaian produk skincare dan kosmetik yang salah. Selain faktor tersebut, penyebab utama lainnya adalah paparan sinar UV dan polusi udara yang kita terima sehari-hari.

 

Cara mengoptimalkan kinerja skin barrier

 

 

Sebenarnya, tidak perlu perawatan yang ribet. Skin barrier hanya perlu dijaga kebersihannya serta kelembapannya. Metode double cleansing bisa dilakukan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Setelah membersihkan wajah, gunakan toner supaya pH kulit kembali seimbang, dan gunakan serum favorit kalian. Setelah itu tutup dengan menggunakan moisturizer supaya kelembapan kulit terkunci dan lebih tahan lama. Untuk pagi hari, wajib hukumnya buat BeautyHaul squad pakai  sunscreen untuk memproteksi kulit dari paparan sinar UV. Kalau aktivitas kalian intense di luar ruangan, jangan lupa buat reapply setiap tiga jam sekali atau sesuaikan dengan kebutuhan.

 

BeautyHaul Squad, intip semua update seputar skin barrier lewat blog BeautyHaul! Kalian yang mau borong skincare kunjungi www.BeautyHaul.com ya!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping