Kamu Perlu Tahu, Ini Perbedaan Skincare dan Make Up

26 Aug 2021
perbedaan make up dan skincare

Bagi kebanyakan kaum hawa, merawat dan memoles kulit wajah adalah suatu hal penting karena bisa membuat penampilan kian menarik serta meningkatkan kepercayaan diri.

 

Dalam praktiknya, kamu pasti banyak menggunakan skincare maupun make up. Lantas apa perbedaan skincare dan make up sebenarnya?

 

Pengertian Skincare dan Make Up

Sebelum mengenal perbedaan antara skincare dan make up, sebaiknya kalian mengenali terlebih dahulu pengertian masing-masing.

 

Skincare, merupakan serangkaian kegiatan perawatan yang dapat mendukung kecantikan dan kesehatan kulit. Beberapa produk yang termasuk sebagai skincare di antaranya pembersih wajah, sabun cuci muka, pelembap, toner, serum wajah, hingga sunscreen.

 

Manfaat dari skincare ini yaitu membantu memperbaiki masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat, komedo, flek hitam, keriput, dan lain lain serta menjaga kesehatannya.

 

Sementara pengertian dari make up atau kosmetik yaitu produk yang digunakan oleh manusia untuk membuat tubuh menjadi terlihat berbeda.

 

Jika merujuk pada KBBI Daring, kosmetik ini bahkan dapat diartikan sebagai obat atau bahan, yang digunakan untuk mempercantik baik itu pada kulit, wajah, rambut, dan lain sebagainya.

 

Kosmetik sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa Inggris yaitu cosmetics. Dimana kata tersebut asalnya dari bahasa Yunani yang berbunyi kosmetikos, dengan arti kemampuan dalam hal penataan.

 

Jadi, dari pengertian ini saja sudah terlihat perbedaan skincare dan make up.

 

Baca juga: Beauty 101: All About Eyeliner

 

Perbedaan Skincare dan Make up

Setelah membaca pengertian skincare dan make up, kalian pastinya sudah menemukan perbedaan di antara keduanya.

 

Lebih jauh, beda dari kosmetik dan skincare ini bisa dilihat pada waktu pemakaiannya. Yang mana umumnya skincare bisa digunakan setiap hari mulai di pagi hari sebelum beraktivitas, hingga malam sebelum tidur.

 

Bahkan pemakaian skincare ini perlu dilakukan secara rutin, guna mendapat efek optimal seperti yang diinginkan. Di pagi hari kamu bisa menggunakan sabun pencuci wajah, lalu ditambah toner, essence, serum, day cream, dan sunscreen.

 

Sementara untuk malam hari menggunakan toner, serum, sleep mask, night cream, dan lain sebagainya.

 

Di lain sisi, penggunaan make up hanya pada saat tertentu saja misalnya kamu memiliki kepentingan di luar rumah seperti bekerja atau hangout bersama teman.

 

Pemakaian kosmetik lebih kompleks biasanya digunakan saat ada acara formal, seperti acara pernikahan, wisuda, dan lain sebagainya. Untuk make up tidak dianjurkan menggunakannya saat tidur.

 

Selain itu dari segi jenisnya, juga bisa menggambarkan perbedaan skincare dan make up. Di mana produk perawatan kulit memiliki beberapa jenis seperti yang telah disinggung beberapa kali sebelumnya, yaitu face wash, moisturizer, serum, sunscreen, day & night cream, toner, eye cream, essence, dan masih banyak lagi.

 

Sementara make up terdiri atas DD cream, CC cream, BB cream, foundation, concealer, primer, bedak, highlighter, pensil alis, lipstick, blush on, eyeshadow, eyeliner, mascara, blush on, lipstik, dan masih banyak lainnya. Dimana penggunaan dari berbagai produk ini bertujuan untuk menunjang penampilan.

 

Pentingnya Skincare

Jika merujuk pada IDNtimes, skincare mempunyai manfaat yang jauh lebih banyak dan penting bila dibandingkan make up. Meski bagi banyak perempuan, kosmetik sendiri merupakan hal yang esensial karena mampu menunjang penampilan serta menutupi sejumlah permasalahan yang dialami kulit.

 

Meski begitu, jika melihat perbedaan skincare dan make up sebenarnya sedikit menjelaskan bagaimana skincare memang jauh lebih penting.

 

Pasalnya kosmetik hanya dapat menutupi masalah kulitmu selama sesaat saja. Bahkan jika terus digunakan dan tidak dibersihkan, make up justru dapat menimbulkan permasalahan kulit baru.

 

Sementara skincare yang tepat akan mengurangi jumlah kosmetik yang digunakan. Kulit yang sehat setelah pemakaian skincare, akan membantu penggunaan make up terlihat jauh lebih maksimal.

 

Terlepas dari apapun tone yang kamu miliki, kulit wajah sehat akan membuat terlihat lebih flawless dan natural.

 

Baca Juga: 5 Maskara Waterproof yang Nggak Bikin Kantong Nangis!

 

Tips Memilih Skincare

 

 

1. Pilih Sesuai Jenis Kulit

Umumnya terdapat 5 jenis kulit yang dimiliki oleh manusia, yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi dan sensitif. Di mana masing-masing skincare yang beredar biasanya sudah mempunyai klaim yang ditujukan untuk jenis kulit tertentu.

 

Yang berarti produk yang sesuai kulitmu akan membuat penggunaannya menjadi lebih optimal.

 

2. Lihat Komposisi Produk

Memilih skincare tidak boleh luput melihat komposisi produknya, sebab banyak kemungkinan bahan kimia berbahaya di dalamnya.

 

Sehingga perlu dipastikan bahwa setiap komposisinya aman digunakan pada kulit serta tidak menimbulkan efek samping apapun. Jadi pastikan untuk selalu mengecek label kemasan terlebih dahulu.

 

3. Sesuaikan dengan Masalah Kulit

Saat memilih produk perawatan kulit, sebaiknya sesuaikan dengan masalah yang kamu alami agar penggunaannya lebih efisien.

 

Misalnya masalah kulit yang sering hadapi yaitu jerawat, sehingga produk yang dipilih adalah skincare untuk mengatasi kulit berjerawat. Tentu dari semua penjelasan ini, perbedaan skincare dan make up sudah terjawab dengan baik.

 

Baik skincare maupun make up, keduanya memang penting digunakan bagi sebagian orang. Sehingga masing-masing dari produk ini sebaiknya dipilih dengan hati-hati.

 

Karena jika menggunakan produk yang tidak tepat, bisa menimbulkan efek samping yang justru membuat permasalahan kulit semakin kompleks.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping