Mengandung Antibakteri, Ini 7 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kesehatan

25 Mar 2022
Mengandung Antibakteri, Ini 7 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kesehatan

Minyak esensial tea tree memang belakangan ini menjadi salah satu bahan andalan dalam perawatan kulit. Hal ini wajar mengingat kandungan dan manfaat dari minyak ini yang memiliki sederet khasiat alami yang bagus untuk kesehatan. 

Sebelum membahas lebih detail, yuk cari tahu pengertian & manfaat tea tree oil pada ulasan berikut ini.

 

Mengenal Tea Tree Oil 

Tea tree oil atau yang lebih dikenal sebagai minyak melaleuca alternifolia merupakan minyak esensial yang berasal dari daun pohon teh Australia. 

Hasil dari penyulingan daun tersebut, maka akan menjadi tea tree oil. Ketika minyak ini digunakan secara topikal, minyak pohon teh dipercaya sebagai antibakteri. 

Selain itu, minyak pohon teh biasanya digunakan untuk melawan berbagai masalah kulit. Beberapa diantaranya ampuh untuk mengatasi jerawat, kutu air, kutu, jamur kuku dan gigitan serangga. 

Jika ingin mendapatkan minyak ini, ada banyak produk kulit yang dijual bebas. 

 

Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kesehatan

Memiliki kandungan antibakteri di dalamnya tentu membuat bahan yang satu ini menjadi memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari penggunaan essential oil ini.

 

1. Pembersih Tangan

Minyak pohon teh memiliki kandungan antibakteri yang ampuh untuk mengusir berbagai macam kuman dan bakteri. Alhasil, ini membuat tea tree oil menjadi pembersih tangan alami yang ideal. 

Penelitian dari pengertian tea tree oil menunjukkan bahwa kandungan di dalam minyak ini dapat membunuh beberapa bakteri dan virus umum yang menyebabkan penyakit. 

 

 

2. Deodoran Alami

Efek antibakteri dari teh secara signifikan dapat membantu mengendalikan bau ketiak dan keringat berlebih. 

Sebenarnya, keringat di tubuh tidak memiliki aroma yang menyengat, tetapi  ketika sekresi dari kelenjar di ketiak bercampur bakteri di kulit, maka akan menyebabkan bau badan. Sifat melawan bakteri dari tea tree dapat mencegah reaksi tersebut dan mengurangi bau badan. 

 

 

3. Antiseptik untuk Luka Kecil 

Saat kamu mengalami cedera yang mengakibatkan kulit pecah-pecah, maka akan memudahkan kuman untuk masuk ke aliran darah. Jika dibiarkan begitu saja, tentu akan menyebabkan infeksi. 

Minyak dari pohon teh ini dapat digunakan dalam mengobati dan membunuh bakteri penyebab infeksi pada luka terbuka. Disarankan untuk menggunakan produk tea tree oil yang sudah diformulasikan dengan baik khusus untuk luka.



4. Melawan Jerawat

Tea tree oil menjadi salah satu bahan yang mampu mengatasi masalah jerawat. Beberapa penelitian membuktikan jika bahan ini memang berkhasiat dalam merawat jerawat. 

Tak ayal jika tea tree oil juga sering kali dimasukkan di dalam produk produk kecantikan dan lain sebagainya. 

 

Baca juga: 13 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel di Wajah

 

 

5. Menghilangkan Jamur Kuku

Masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan infeksi adalah jamur kuku. Meskipun hal ini tidak berbahaya, namun cukup mempengaruhi penampilan. 

Tea tree telah terbukti sebagai pengobatan alami untuk menghilangkan jamur kuku ketika digunakan secara langsung atau dikombinasikan dengan pengobatan yang lainnya. 

 

 

6. Obat Kumur Alami 

Sifat antibakteri dari tea tree oil tidak hanya ampuh mengatasi infeksi maupun jamur, tetapi bahan ini juga mampu melawan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

Salah satu studi menemukan bahwa tea tree oil lebih efektif melawan bakteri penyebab plak daripada desinfektan umum yang ada pada obat kumur. 



Baca juga: Buat Kulit Segar dan Sehat, Berikut 12 Produk Serum Centella Asiatica Pilihan

 

 

7. Mengontrol Ketombe

Bagi kamu yang memiliki masalah berupa ketombe atau munculnya serpihan kulit mati yang jatuh dari kulit kepala, maka sebaiknya mempertimbangkan tea tree oil. 

Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan tea tree oil untuk mengusir ketombe yang membandel. 

 

 

 

Secara keseluruhan, tea tree oil umumnya aman bila digunakan pada kulit orang dewasa. Meski, tak jarang beberapa orang juga ada yang menunjukkan reaksi alergi setelah penggunaan. 

 

 

Selain itu, perhatikan penggunaan bahan ini pada anak kecil dan hewan peliharaan karena seringkali tidak cocok. Tea tree oil memang sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi tetap disarankan untuk menggunakan tea tree oil yang sudah diformulasikan ke dalam produk dan hindari penggunaan tea tree oil murni pada kulit secara langsung.

 

Fact Check by Vindy Andri Putri, B.Sc.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping