Mengenal 5 Manfaat Masker Gelatin dan Bagaimana Cara Menggunakannya

13 Oct 2021
manfaat masker gelatin dan cara memakainya

 

Banyak orang yang membicarakan gelatin sebagai tren kesehatan dan kecantikan. Memang benar, gelatin memiliki kandungan kolagen yang terbentuk dari asam amino, sehingga dapat bermanfaat untuk kulit wajah agar lebih sehat. 

 

Tak jarang, gelatin digunakan sebagai masker untuk mendapatkan kulit lebih lembap. Masker gelatin adalah masker yang secara khusus mampu menyerap sel kulit mati dan membuat pori-pori kulit tetap bersih. Berikut manfaat masker gelatin untuk wajah.

 

1. Menghaluskan Kulit 

Gelatin yang terkandung dalam suatu produk makanan dan minuman akan memberikan keuntungan tersendiri bagi tubuh. Hal ini bisa bermanfaat dari membangun fondasi kuat untuk kulit, kuku, dan rambut.

 

Tak heran jika bahan yang satu ini menjadi salah satu kandungan yang paling banyak digunakan dalam minuman kolagen. Selain digunakan dalam produk makanan dan minuman khusus, gelatin ternyata juga diproduksi pada produk kecantikan. 

 

Mengandung banyak kolagen, masker dari gelatin mampu membantu menghaluskan serta membuat kulit wajah terlihat lebih kencang. 

 

2. Mengencangkan Kulit

Masker gelatin memiliki karakteristik yang cukup lengket, tapi jika diaplikasikan pada wajah, akan memberikan sensasi segar dan kulit terasa kencang. Hal ini dikarenakan semua kotoran dan sisa sel kulit mati akan terangkat dengan baik. 

 

Baca juga: Jenis Masker Wajah Apa yang Sebaiknya Dipakai?

 

3. Menghilangkan Komedo

Masker gelatin bermanfaat untuk mengatasi komedo. Alhasil, kulit kalian bisa bebas dari masalah wajah yang dapat mengganggu penampilan. 

Tentu tidak ingin bukan, komedo yang muncul membuatmu tampil kurang percaya diri? Jadi, jangan sampai lupa untuk merawat wajah ya.

 

4. Mencegah Munculnya Jerawat 

Jerawat yang muncul di wajah, umumnya terjadi karena menumpuknya minyak, kotoran, dan bakteri yang menutup pori-pori kulit. 

 

Dengan menggunakan masker gelatin, maka akan membersihkan kulit wajah secara mendalam. Karena itu, banyak orang yang memanfaatkan masker gelatin untuk menghilangkan jerawat membandel di wajah.

 

5. Meningkatkan Produksi Kolagen di Kulit Wajah

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari gelatin yaitu mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. Gelatin sangat kaya akan kolagen, sehingga mampu meningkatkan produksi sel baru yang lebih sehat dan membuat kulit lebih awet muda.

 

Cara Menggunakan Masker Gelatin yang Tepat 

Dengan penggunaan yang benar, masker gelatin bisa memberikan efek secara signifikan pada wajah. Bahkan, penggunaannya juga dapat dipadukan dengan skincare lainnya. 

 

Agar mendapatkan perawatan maksimal, berikut cara menggunakan masker gelatin.

 

  • Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Agar mendapatkan manfaat yang signifikan pada kulit wajah, maka harus mencuci muka terlebih dahulu. 

 

Jika mengenakan riasan atau make up, maka hapus riasan sebelum memulainya. Sebelum memakai masker gelatin, bersihkan wajah dengan air hangat dan tepuk secara lembut sampai kulit kering. 

 

  • Menyiapkan Alat yang Diperlukan 

Jika ingin membuat racikan masker gelatin sendiri, maka kalian bisa menggunakan satu bungkus agar-agar tanpa rasa, dua sendok makan susu, dan wadah sekali pakai seperti gelas plastik, serta kuas riasan untuk mengoleskan campuran tersebut ke kulit.

 

  • Memanaskan Masker Gelatin 

Jika sudah tahu manfaat masker gelatin dan cara menggunakannya, selanjutnya campur satu persatu bahan yang sudah disiapkan dan panaskan di microwave sekitar lima belas detik. 

 

Setelah itu, keluarkan dari microwave untuk diaplikasikan pada wajah. Jangan menunggu terlalu lama sebab campuran gelatin akan mengeras dengan cepat. 

 

Baca juga: Biar Maksimal, Begini Cara Memakai Sheet Mask yang Benar

 

  • Mengaplikasikan Masker Gelatin Secara Merata

Berikutnya sampai di tahap cara memakai masker gelatin, kalian dianjurkan untuk mengoleskan masker secara merata ke seluruh wajah. 

 

Ada baiknya jika melewatkan bagian alis, sebab akan menyakitkan jika mengelupas di dekat rambut alis. Jika masih ragu dengan kemungkinan reaksi keras dari kulit, cobalah untuk mengoleskannya pada bagian tangan untuk melihat reaksinya.

 

  • Melepaskan Masker (Peel Off the Mask)

Setelah membiarkan masker mengering di wajah selama sekitar lima belas menit atau sampai terasa kencang, maka saatnya untuk melepaskan masker. 

 

Bahaya atau Efek Samping Masker Gelatin untuk Wajah

Dilansir dari situs webmd.com, gelatin merupakan senyawa memiliki tingkat risiko yang rendah namun tetap bisa memberikan efek samping seperti iritasi kulit dan reaksi alergi jika terlalu sering digunakan. Cukup gunakan masker gelatin 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

 

Dengan begitu, kalian bisa meminimalisir risiko dan efek samping dari penggunaan masker gelatin yang berlebihan atau bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

 

Itulah manfaat masker gelatin untuk kesehatan kulit wajah. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk masker wajah melalui situs BeautyHaul.com yang menyediakan berbagai produk perawatan wajah terlengkap dengan harga terbaik.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping