Jangan Keliru, Ini Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar!

08 Dec 2022
Jangan Keliru, Ini Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar!

Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan kulit wajah. Manfaat eksfoliasi wajah yaitu untuk mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Perawatan ini bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah atau di klinik kecantikan. Nah, dengan melakukan eksfoliasi wajah, bahan aktif pada produk skincare yang kamu pakai sehari-hari bisa bekerja dengan optimal karena bisa meresap dengan baik ke dalam lapisan kulit. 

 

Namun, tidak jarang beberapa orang keliru dalam melakukan scrubbing hingga terjadi over-exfoliating. Akibatnya, bukannya mendapatkan wajah bersih, yang ada malah kulit wajah menjadi kemerahan, iritasi, kering, bahkan terasa seperti terbakar. Oleh karena itu, #BeautyHaulSquad perlu tahu dulu beberapa hal tentang eksfoliasi wajah dengan benar!

 

1. Tentukan Jenis Skincare untuk Eksfoliasi Wajah yang Sesuai




Hal yang paling penting untuk #BeautyHaulSquad perhatikan adalah memilih jenis dan produk eksfoliasi wajah yang sesuai dengan tipe kulit. Menurut para ahli, eksfoliasi yang dilakukan secara fisik (physical exfoliator) maupun eksfoliasi yang berbahan kimia seperti AHA & BHA (chemical exfoliator) aman dilakukan pada kulit normal. Sedangkan eksfoliasi wajah untuk kulit berminyak dapat dilakukan secara fisik karena metode penggosokan kulit bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

 

Lain halnya jika #BeautyHaulSquad memiliki kulit kering atau kulit sensitif, eksfoliasi kulit secara fisik tidak disarankan. Hal tersebut karena bisa membuat kulit rentan iritasi dan semakin kering. Maka dari itu, kamu perlu memilih dengan hati-hati untuk menentukan produk eksfoliasi wajah yang benar-benar cocok dan sesuai dengan jenis kulitmu. Pilih chemical exfoliator yang mengandung lactic acid, mandelic acid, gluconolactone, lactobionic acid, atau yang memiliki pH yang tidak terlalu rendah.

 

2. Cuci Muka Terlebih Dahulu

 

 

Nah, agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal, akan lebih baik kalau kamu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memulai eksfoliasi. Cukup dengan cuci muka dengan menggunakan air hangat, kemudian pakai face wash atau cleanser, lalu bilas wajah dengan air hangat. Untuk mencegah iritasi, #BeautyHaulSquad bisa memilih face wash ringan yang tidak mengandung bahan-bahan keras seperti alkohol, pewarna, atau parfum.

 

3. Usapkan Eksfoliator dengan Gerakan Memutar

 

 

 

Setelah kamu mencuci wajah hingga bersih, usapkan produk eksfoliasi wajah ke kulit yang sudah dibersihkan dan dibasahi secara merata. Caranya, gunakan ujung jari untuk menggosokkan produk eksfoliasi secara hati-hati dalam gerakan memutar ke seluruh wajah selama 30 detik.

 

Penggunaan ujung jari untuk eksfoliasi bisa menghindari terjadinya iritasi pada kulit. Jika #BeautyHaulSquad ingin menggunakan spons, sikat, waslap, atau sejenisnya, cukup gosokkan produk eksfoliasi dalam gerakan pendek dan pijatan ringan. 

 

Disarankan untuk tidak menggosok produk eksfoliasi dengan kasar pada kulit. Jika terdapat luka pada kulit wajah, disarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi supaya tidak memperburuk kondisi kulit. 

 

4. Pakai Pelembab

 

 

Urutan skincare setelah eksfoliasi adalah memakai pelembab atau moisturizer. Pada dasarnya, eksfoliasi kulit bisa membuat kulitmu terasa kering. Oleh karena itu, dibutuhkan pelembap untuk mengurangi iritasi atau pengelupasan setelah eksfoliasi. Untuk pagi hari, pilihlah pelembap yang tidak menyumbat pori dan memiliki SPF minimal 30 untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

 

Perlu diketahui, ada kandungan yang tidak boleh dipakai setelah eksfoliasi, lho. Kandungan AHA dan BHA akan mengangkat kulit mati pada kulit. Oleh karena itu, jangan digunakan bersamaan dengan retinol, karena bisa membuat kulit menjadi iritasi dan juga mengelupas. Selain itu, keduanya merupakan bahan aktif bersifat 'keras'.

 

5. Lakukan Eksfoliasi Minimal Sekali dalam Seminggu

Secara ideal, eksfoliasi wajah dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. #BeautyHaulSquad juga perlu memperhatikan intensitasnya yang sesuai dengan tipe kulitmu. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan kulit berjerawat, sebaiknya eksfoliasi wajah dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk jenis kulit kering dan kulit yang telah mengalami penuaan (skin aging), lakukan eksfoliasi seminggu sekali saja sudah cukup untuk membersihkan sel kulit mati.

 

 

Itu dia beberapa cara eksfoliasi wajah dengan benar. Kuncinya ada pada pilihan produk eksfoliasi wajah yang cocok dengan kulitmu agar tidak menimbulkan masalah pada wajah. Kamu bisa temukan berbagai produk eksfoliasi terbaik di BeautyHaul.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping