Mengenal Bedanya Waterproof, Transferproof, Smudgeproof dan Sweatproof Pada Kemasan Makeup

30 Jan 2023
Mengenal Bedanya Waterproof, Transferproof, Smudgeproof dan Sweatproof Pada Kemasan Makeup

Jenis makeup yang ada di zaman sekarang semakin beragam, mulai dari foundation, blush-on, maskara, eyeliner, bedak, dll yang masing-masing punya fungsi yang berbeda-beda. Gak cuma fungsi yang berbeda-beda, ada juga beberapa istilah di dalam makeup yang juga punya arti yang berbeda-beda. 

 

Kalian pernah dengar istilah di dalam makeup seperti waterproof, transferproof, smudgeproof dan sweatproof? 



WATERPROOF

 

Kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia, waterproof berarti tahan akan air. Biasanya formulasi makeup sudah diatur sedemikian rupa sehingga jika kena air tidak akan mudah hilang. Bahkan kalau makeup terkena keringat, atau jika kamu menangis, berenang sekalipun, makeup harusnya tetap stay di wajah kamu. Label waterproof ini sering ditemukan di beberapa produk makeup seperti maskara, eyebrow, eyeliner, eyeshadow dll.



TRANSFERPROOF

 

Zaman yang mengharuskan kita pakai masker di saat kaya gini tuh memang mengharuskan kita buat pakai makeup yang transferproof, benar gak #BeautyHaulSquad? Bete banget rasanya kalau makeup nempel ke masker yang kita pakai. Transferproof adalah kemampuan produk makeup untuk tidak menempel dari satu permukaan ke permukaan lainnya. 

 

Label transferproof ini paling gampang ditemui pada produk makeup seperti foundation dan lipstik. Ada beberapa rekomendasi produk-produk anti transfer yang bisa kalian coba, misalnya Maybelline Superstay Vinyl Ink atau Somethinc Stay All Day Matte Look Base Makeup.



SMUDGEPROOF

 

Buat kalian yang bete makeupnya suka luntur karena gesekan atau sentuhan, coba cari makeup yang punya claim smudgeproof. Biasanya makeup yang rentan luntur akan gesekan adalah maskara.

 

Nah dengan makeup yang punya label smudgeproof, kalian gak perlu khawatir akan makeup yang cepat luntur walaupun kena gesekan. Salah satu produk maskara yang punya klaim smudgeproof adalah Somethinc Hangover Voluminous Fiber Lash Smudgeproof Mascara.




SWEATPROOF

 

Warga Ibukota sih MinBHI saranin wajib banget buat cari makeup yang sweatproof. Sebenarnya, hampir sama dengan label waterproof, sweatproof ini merupakan label yang sering dipakai untuk produk makeup yang dapat menahan keringat. Jika waterproof mampu menahan makeup untuk tetap stay bahkan saat berenang, kalau sweatproof tidak setahan itu. 

Hal ini dikarenakan takaran wax yang dipakai di dalam produk sweatproof jauh lebih sedikit dibanding produk waterproof. Biasanya produk dengan label sweatproof lebih cocok dipakai untuk kalian yang aktif berolahraga selain renang, supaya makeup gak mudah hilang walaupun berkeringat. 




Itu dia perbedaan 4 sebutan yang sering muncul di produk makeup. Semoga berguna ya buat #BeautyHaulSquad yang mau beli makeup. Jangan lupa cari di BeautyHaul.com!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping