10 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya untuk Berbagai Permasalahan Kulit

09 Nov 2021
jenis masker wajah untuk semua kulit

Masker merupakan salah satu produk perawatan kulit yang telah eksis digunakan sejak zaman dahulu. Selain dimanfaatkan untuk membantu merawat kulit dan menjaga kesehatannya, masker juga bisa digunakan untuk menemani me time yang menenangkan. 

 

Dalam perkembangannya, saat ini jenis masker wajah sendiri sudah beragam. Apa saja? 

 

1. Sheet Mask

Sheet mask adalah salah satu macam masker wajah yang paling digemari. Jenis masker ini sangat mudah digunakan dan mampu menawarkan hasil yang instan. 

 

Di mana kulit wajah #beautyhaulsquad akan langsung terlihat lembab, cerah dan terasa halus setelah menggunakan sheet mask.

 

Sheet mask bisa juga disebut masker wajah untuk semua jenis kulit karena memiliki banyak varian. Pemilik kulit kering paling direkomendasikan menggunakan sheet mask ini karena bisa sangat membantu.

 

Langkah yang harus dilakukan saat menggunakan sheet mask adalah mencuci wajah hingga bersih dengan face wash dan gunakan sheet mask selama 15 sampai 20 menit. Setelah melepas sheet mask, anda tidak perlu membilas dengan air.

 

2. Wash Off Mask

Berbeda dengan sheet mask, Wash off mask adalah tipe masker wajah yang perlu dibilas dengan air untuk membersihkannya. Wash off mask sendiri bisa berupa gel, krim atau bubuk yang kemudian dilarutkan bersama air. 

 

Beberapa kandungan yang biasa digunakan dalam jenis masker wajah yang satu ini antara lain hyaluronic acid atau shea butter untuk kulit kering, serta kandungan seperti charcoal yang baik untuk kulit berminyak.

 

3. Peel Off Mask

Fungsi masker wajah jenis peel off mask ini umumnya untuk mengangkat kotoran dan komedo di wajah. Selain itu, masker satu ini juga dapat membantu kulit #beautyhaulsquad terasa lebih halus. 

 

Bentuk maskernya sendiri bisa berupa krim maupun gel. Cara penggunaan masker ini dioleskan ke seluruh bagian wajah dan ketika mengering, kamu bisa mengelupas masker untuk membersihkannya.

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Peeling dan Facial Wajah Serta Efeknya

 

4. Sleeping Mask

Jenis masker wajah selanjutnya yang bisa #beautyhaulsquad coba adalah sleeping mask. Dari namanya sudah jelas jika masker ini sebelum tidur di malam hari. 

 

Fungsi masker wajah ini adalah menyegarkan wajah setelah beraktivitas seharian. Sleeping mask yang umumnya memiliki tekstur berupa gel yang berguna untuk menghidrasi kulit wajah.

 

5. Exfoliating Mask

Exfoliating mask bisa dibilang tipe masker wajah yang multifungsi, karena mampu membantu proses regenerasi kulit hingga mengatasi kulit kusam.

 

Umumnya, pada jenis masker ini menggunakan ingredient active yang berguna untuk exfoliating baik secara kimia atau alami. Selain itu, pada masker ini biasanya juga mengandung bahan ‘kasar’ yang berguna sebagai scrub.   

 

Meski masker wajah dan manfaatnya dalam mengangkat sel sel kulit mati cukup baik, namun jangan gunakan berlebihan karena akan membuat kulit kamu iritasi.

 

6. Clay Mask

Clay mask merupakan masker berbahan tanah liat yang sangat baik digunakan untuk membersihkan pori pori tersumbat. Sehingga jenis masker satu ini cenderung cocok digunakan pada kulit berminyak dan berjerawat, yang acap kali mengalami masalah pada pori pori tersumbat.

 

Selain itu, clay mask juga umumnya mengandung bentonite atau kaolin yang berguna untuk mencegah jerawat dan menyerap minyak berlebih. Sehingga masker ini tidak cocok untuk #beautyhaulsquad yang berkulit kering.

 

Sama halnya dengan exfoliating mask, produk clay mask juga sebaiknya digunakan seminggu sekali saja. Terlalu berlebihan akan membuat kulit kamu menjadi kering dan iritasi.

 

7. Mud Mask

Secara garis besar, cara penggunaan mud mask hampir mirip dengan wash off mask maupun clay mask. Hanya saja, jenis masker satu ini terbuat dari lumpur dengan kandungan mineral di dalamnya. 

 

Kandungan mineral ini membuat mud mask bisa membersihkan kulit dari kotoran sekaligus menutrisinya. Untuk mud mask, kamu bisa menggunakannya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

 

8. Charcoal Mask

Kandungan charcoal active selama ini dikenal dapat membunuh jamur dan bakteri. Sementara charcoal mask merupakan masker wajah yang terbuat dari bubuk arang aktif dan dikenal cukup efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.

 

Biasanya jenis masker ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, baik itu tipe kulit berminyak maupun kulit kering. Saat ini, charcoal mask dijual dalam jenis masker peel off dan wash off.

 

Baca juga: Goodbye Kulit Kusam, Begini Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar

 

9. Masker Vitamin C

Masker vitamin C menjadi sebuah solusi bagi kamu yang ingin tetap terlihat muda. Sebab kandungan vitamin C dipercaya mampu membantu menyamarkan tanda penuaan, seperti garis halus maupun kerutan. 

 

Biasanya, masker vitamin C dibarengi dengan kandungan seperti AHA dan asam L-askorbat untuk membentengi kulit dari tanda tanda penuaan dini.

 

10. DIY Mask

Jenis masker wajah satu ini adalah yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan mengandalkan berbagai bahan alami. DIY (Do It Yourself) mask bisa memanfaatkan bahan bahan seperti teh hijau, telur putih, tomat, lemon, susu, madu, yogurt, dan masih banyak lagi. Meski cenderung murah meriah, namun pastikan kamu tidak memiliki alergi pada bahan terkait sebelum mengaplikasikannya.

 

Itulah beberapa macam macam jenis masker wajah yang bisa kamu coba dan gunakan dalam skincare routine. Buat #beautyhaulsquad pemula, sebaiknya kenali dulu jenis kulit kamu sebelum memutuskan menggunakan sebuah produk skincare.

 

Gunakan masker wajah sesuai jenis kulit dan kebutuhan kamu agar hasilnya lebih terlihat maksimal dan efektif.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping