Begini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Menggunakan Tisu

24 Aug 2021
cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu

Apakah selama ini kalian sudah menggunakan skincare yang tepat sesuai dengan jenis kulit, atau justru belum mengetahui jenis kulit apa yang dimiliki?

 

Karena, penggunaan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit, justru bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit seperti alergi dan iritasi.

 

Oleh karena itu, sebaiknya mengetahui bagaimana caranya menentukan jenis kulit wajah menggunakan tisu.

 

Sebelum mencoba menggunakan tisu untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki, kalian sebaiknya mengenal berbagai tipe kulit wajah terlebih dahulu.

 

Jenis kulit wajah umumnya dibagi menjadi 5 tipe, yaitu kulit wajah normal, kulit wajah kering, kulit berminyak, kulit sensitif, dan juga kombinasi.

 

1. Kulit Wajah Normal

Bisa dibilang bahwa jenis kulit wajah ini adalah dambaan bagi hampir semua orang, karena kulit wajah tipe normal cenderung lebih jarang mengalami berbagai permasalahan kulit.

 

Ciri-ciri kulit wajah yang normal biasanya terlihat dari pori-pori yang kecil, tekstur kulit kenyal, elastis, serta tidak sensitif.

 

2. Kulit Wajah Kering

Kulit wajah yang kering ternyata bisa dideteksi menggunakan tisu.

 

Tipe kulit seperti ini biasanya terjadi karena kulit terluar atau jaringan kulit epidermis memiliki tingkat kelembapan yang rendah.

 

Kulit yang kering biasanya mudah mengalami keretakan dan pecah-pecah pada permukaannya. Untuk itu diperlukan cara penanganan yang tepat, kamu bisa mencoba menggunakan skincare untuk kulit kering.

 

3. Kulit Wajah Berminyak

Kebalikan dari kulit wajah kering, kulit wajah berminyak memiliki tingkat kelembapan yang cenderung membuat wajah jadi tampak mengkilap.

 

Hal ini terjadi karena produksi minyak atau sebum pada lapisan terluar kulit yang berlebihan.

 

Sebum ini dihasilkan alami oleh kelenjar minyak di bawah permukaan kulit, dan membuat wajah terlihat sangat licin.

 

Baca Juga: Rekomendasi Produk Untuk Basic SkinCare

 

4. Kulit Wajah Sensitif

Bagi kalian yang memiliki kulit wajah sensitif, pemilihan produk skincare benar-benar tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

 

Karena jenis kulit satu ini sangat mudah terkena iritasi atau alergi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh penggunaan produk yang tidak cocok, alergi terhadap bahan makanan tertentu, hingga kondisi lingkungan di sekitar.

 

5. Kulit Wajah Kombinasi

Banyak yang menemukan bahwa kulit wajah mereka merupakan tipe kulit kombinasi dengan cara tes jenis kulit menggunakan tisu.

 

Ini berarti perpaduan antara kulit normal atau kering dengan kulit berminyak pada beberapa bagian.

 

Biasanya kulit berminyak ada di T-zone, atau area dahi, hidung dan dagu. Kebanyakan orang memang mempunyai jenis kulit seperti ini.

 

Biasanya setelah mencuci muka, area dahi, hidung, dan dagu akan cenderung lebih berminyak. Namun pada beberapa bagian lainnya di saat yang bersamaan, area bawah mata dan pipi justru jadi tampak lebih kering.

 

Cobalah untuk menggunakan skincare untuk kulit kombinasi agar hasilnya lebih maksimal.

 

Tes Jenis Kulit Wajah Menggunakan Tisu

Untuk mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki menggunakan tisu, mula-mula kalian perlu menyiapkan pembersih wajah yang biasa digunakan, handuk, dan juga tisu.

 

Gunakan sabun pembersih wajah untuk mencuci muka lalu bilas dengan air bersih. Di sini pastikan untuk menggunakan air bersuhu ruangan, atau dengan kata lain jangan gunakan air hangat untuk membasuh wajah.

 

Selanjutnya keringkan wajah yang sudah bersih dengan menggunakan handuk.

 

Tepuk-tepuk handuk pada wajah hingga sisa air terserap sampai habis. Lalu tunggu kurang lebih 30 menit untuk melihat kondisi kulit. Jangan gunakan skincare apapun terlebih dahulu pada tahap ini.

 

Baca Juga: Lebih Efektif, Begini Urutan SkinCare Pagi yang Benar

 

Apabila sudah lewat 30 menit, tekan tisu secara perlahan ke seluruh wajah. Baik pada area pipi, bagian bawah mata, serta area T-zone.

 

Perhatikan pada tisu yang ditekan pada kulit, adanya minyak yang menempel di tisu mengindikasikan jenis kulit yang dimiliki.

 

Jika ditemukan minyak di seluruh area wajah yang menempel pada tisu, maka ini berarti #BeautyHaulSquad mempunyai jenis kulit berminyak.

 

Tisu tidak akan jatuh lantaran minyak membuatnya menempel cukup lama. Lain halnya dengan pemilik kulit kering, yang mana tisu akan jatuh dengan cepat setelah kalian tempel pada wajah.

 

Sementara bagi pemilik kulit normal, setelah tisu ditekan pada wajah maka akan menempel sebentar baru kemudian terjatuh setelah beberapa saat.

 

Lalu, cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu pada kulit kombinasi, yaitu tisu akan menempel hanya pada area T zone atau bagian wajah yang berminyak saja.

 

Tidak sulit bukan mengetahui jenis kulit wajah yang Anda miliki? Bahkan hanya dengan memperhatikan ciri-cirinya, sebenarnya kalian sudah dapat mengindikasikan tipe kulit yang dimiliki.

 

Jika sudah mengetahuinya, maka carilah produk skincare yang memang cocok untuk tipe kulit yang dimiliki sehingga hasil pengaplikasianpun akan lebih optimal.

 

Baca Juga: Agar Tak Salah Pilih SkinCare, Yuk Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping