Lebih Efektif, Begini Urutan Skincare Pagi yang Benar

20 Apr 2021
Urutan Skincare Pagi Hari

Merawat wajah membutuhkan komitmen dan konsistensi. Penggunaan skincare secara rutin pada beberapa kasus terbukti bisa menghasilkan kulit wajah layaknya perawatan mahal.

 

Agar mendapat hasil yang lebih maksimal, tentunya #BeautyHaulSquad harus mengikuti urutan pemakaian skincare yang benar. Terutama untuk pagi hari. Berikut ulasannya.

 

1. Menggunakan Sabun Wajah

Mengutip salah satu skincare guide, dituliskan bahwa produk cleansing adalah hal pertama yang harus dilakukan. Produk yang baik adalah sabun wajah yang tidak membuat wajah kamu terasa kaku dan ketarik.

 

Perkembangan cleanser sendiri saat sudah sangat pesat. Ada banyak sekali jenis sabun wajah yang dapat digunakan untuk membersihkan jerawat, rosacea, dermatitis kontak hingga xerosis.

 

Penggunaan sabun wajah di pagi hari ini berguna untuk membantu mengangkat minyak dan kotoran yang menumpuk selama tidur. 

 

2. Menggunakan Toner

Toner menjadi skincare selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan muka. Namun perlu digaris bawahi, bahwa toner memiliki fungsi yang beragam bergantung dengan bahan bakunya.

 

Karenanya, urutan pemakaian skincare yang satu ini harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah, seperti kulit kering, berminyak, normal atau sensitif (untuk analisis jenis kulit kamu secara gratis klik di sini). 

 

Beruntungnya, kebanyakan toner terbaru telah dibuat dengan bahan bebas alkohol dan bisa menghidrasi kulit. Sehingga risiko efek negatifnya sendiri mulai berkurang.

 

Fungsi utama dari toner adalah untuk membersihkan kotoran yang tertinggal dari proses cleanser, mengurangi risiko breakout, menyeimbangkan pH level dan lain sebagainya.

 

3. Mengaplikasikan Essence

Essence merupakan formula yang memiliki konsentrasi lebih rendah dari serum. Produk yang satu ini biasanya identik dengan water base yang dikombinasikan dengan kandungan bahan aktif tinggi.

 

Beberapa bahan yang sering digunakan dalam Essence antara lain adalah Glycol, hyaluronic acid, ekstrak tanaman, vitamin, mineral dan lipid.

 

Pemakaian secara rutin dapat membantu menghidrasi kulit, memperbaiki elastisitas, mencegah kehilangan air serta mengencangkan kulit. 

 

 

Urutan skincare pagi yang benar

 

Baca juga: 8 Rangkaian Urutan Pemakaian Skincare yang Benar di Malam Hari

 

4. Pemakaian Serum Wajah

Untuk rutinitas skincare di pagi hari, menggunakan dengan kandungan vitamin C atau peptides sangat dianjurkan. Selain itu beberapa bahan lainnya yang juga disarankan adalah teh hijau, resveratrol dan kafein.

 

Fungsi dari serum sendiri cukup luas dan bergantung dengan kandungan yang dimilikinya. Seperti memperbaiki tekstur kulit, mengurangi bekas luka, jerawat dan bintik. Pori pori pun akan semakin kecil dan mengurangi risiko peradangan atau kulit kering.

 

Beberapa produk serum yang bisa dicoba antara lain adalah FIRST LAB Resveratrol Ampoule 10ml, VOTRE PEAU Vitamin C Serum dan masih banyak lagi lainnya.

 

5. Pelembap Wajah

Seperti namanya, produk yang satu ini juga memiliki fungsi yang sama yakni untuk membantu melembapkan kulit. Umumnya produk pelembap atau dikenal dengan moisturizer digunakan sehabis mandi atau setelah penggunaan toner.

 

Selain membantu melembapkan kulit, Moisturizer memiliki beberapa manfaat lainnya seperti misalnya mengurangi peradangan, antimitotic, antipruritic, kemampuan melindungi dari sinar matahari, mencegah serangan bakteri dan memperbaiki kulit rusak.

 

Pilih moisturizer yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B5, C, dan E yang baik untuk membantu dalam mencegah kerusakan kulit serta pilih juga yang mengandung SPF minimal 15 untuk melindungi kulit dari keriput.

 

6. Gunakan Sunscreen

Rangkaian terakhir yang perlu digunakan pada pagi hari adalah tabir surya atau sunscreen yang bertugas melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Untuk mendapatkan perlindungan tersebut, kamu harus menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30.

 

Penggunaan produk sunscreen ini sebaiknya digunakan 15 menit sebelum keluar dari rumah. Sunscreen dapat membantu mengurangi dampak dari pancaran ultraviolet matahari yang dapat menyebabkan kulit memerah dan terbakar.

 

Dalam kasus tertentu, hal tersebut juga dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan resiko terkena penyakit kanker kulit.

 

Pada dasarnya rutinitas pemakaian skincare utama mencakup cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Gabungan ketiganya jika digunakan secara rutin dapat membantu untuk mendapatkan kulit wajah yang sesuai cerah dan sehat.

 

Urutan skincare pagi yang benar

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping