8 Rangkaian Urutan Pemakaian Skincare yang Benar di Malam Hari

10 Nov 2021
urutan pemakaian skincare malam hari

Mendapatkan kulit yang sehat dan tampak glowing sudah pasti menjadi dambaan bagi hampir setiap orang. Untuk itu, dibutuhkan penggunaan skincare secara rutin baik pagi dan malam.

 

Pada umumnya, orang akan melakukan rutinitas skincare malam sebelum tidur. Namun, beberapa ahli menyatakan pukul 8 hingga 12 malam adalah waktu yang tepat untuk skincare malam.

 

Pemilihan waktu tersebut karena kulit juga membutuhkan waktu untuk menyerap maksimal. Agar lebih maksimal lagi hasilnya, yuk ikuti urutan cara memakai skincare malam yang benar ini. 

 

1. Gunakan Cleanser

Setelah beraktivitas seharian, pastinya banyak kotoran dan debu yang menempel di wajah, bahkan meskipun kamu berada di dalam rumah seharian. 

 

Terlebih bagi  #beautyhaulsquad yang selalu menggunakan make up. Penggunaan cleanser menjadi langkah pertama yang harus dilakukan pada rangkaian skincare malam.

 

Cleanser bisa berperan sebagai make up remover sekaligus mengangkat kotoran dan debu yang menempel di wajah. Tujuan dari pengaplikasikannya adalah untuk mencegah dampak negatif dari make up yang masih tersisa dan menjaga kesehatan kulit. 

 

Produk make up remover ini bisa dipilih sesuai tipe kulit, bisa yang berbahan dasar minyak maupun berbahan dasar air.

 

Baca juga: Mau Berganti Skincare? Yuk, Pahami Dulu Caranya yang Benar

 

2. Lakukan Eksfoliasi

Urutan pemakaian skincare yang benar dan direkomendasikan oleh para ahli adalah proses eksfoliasi. 

 

Tujuan dari eksfoliasi adalah mengangkat sel sel kulit mati yang ada pada wajah dan membersihkan kotoran yang masih tersisa dari proses sebelumnya.

 

Dengan melakukan proses eksfoliasi ini sekaligus akan membuat sabun pembersih wajah nantinya bisa lebih mudah menembus lapisan kulit sehingga lebih maksimal.

 

Dalam hal ini, #beautyhaulsquad bisa memilih eksfoliator yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti misalnya mechanical atau chemical eksfoliator.

 

Perlu diingat, meski eksfoliasi masuk dalam tahapan skincare malam yang benar. Namun, jangan dilakukan setiap hari. cukup seminggu sekali bagi pemilik kulit kering dan 2-3 kali dalam seminggu untuk jenis kulit lainnya.

 

3. Cuci Muka

Untuk memastikan wajah benar benar bersih, perlu dilakukan double cleansing dengan mengaplikasikan facial wash. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu agar lebih maksimal.

 

Pada urutan memakai skincare malam ini, pastikan anda memperhatikan suhu air yang digunakan untuk membilas wajah. Akan lebih baik jika #beautyhaulsquad menggunakan air bersuhu suam suam kuku.

 

Menggunakan air dingin akan membuat kotoran tidak terangkat sempurna lantaran pori pori wajah tertutup. Sementara air yang terlalu panas bisa membuat kulit wajah menjadi kering.

 

4. Toner

Setelah mencuci muka, urutan pemakaian skincare malam hari selanjutnya yang harus dilakukan adalah menggunakan toner wajah

 

Toner adalah produk skincare water based yang mengandung bahan aktif didalamnya. Fungsinya beragam, seperti menghaluskan permukaan kulit, melembabkan, sampai mengurangi noda dan kemerahan di wajah.

 

Apabila ingin kulit lembab sepanjang malam, kamu bisa memilih toner dengan kandungan hyaluronic acid, lactic acid, dan gliserin. 

 

Cara mengaplikasikannya adalah dengan membasahi kapas menggunakan toner, kemudian usapkan secara merata ke seluruh wajah.

 

5. Masker Wajah

Penggunaan masker wajah sendiri sebenarnya tidak wajib dilakukan dalam rangkaian skincare malam ini. Apapun bentuk masker yang dipakai baik sheet mask, oles, maupun masker buatan sendiri.

 

Namun, Jika kamu berencana menambahkan penggunaan masker pada rangkaian skincare malam #beautyhaulsquad, maka waktu yang terbaik adalah saat setelah menggunakan toner.

 

Masker wajah memiliki banyak variasi dengan manfaat yang berbeda sesuai keluhan kulit masing masing. Penggunaan masker wajah ini juga bisa membantu membuka pori pori wajah.

 

6. Essence dan Serum Wajah

Essence dan serum wajah umumnya mempunyai fungsi yang hampir serupa. Akan tetapi, serum mempunyai konsentrasi bahan aktif yang jauh lebih tinggi dibandingkan essence.

 

Sehingga kamu bisa memilih salah satunya atau menggunakan keduanya sekaligus. Jika menggunakan keduanya, pakai essence terlebih dulu sebelum serum.

 

Baca juga4 Perbedaan Essence dan Serum Dalam Skincare yang Paling Utama

 

7. Eye Cream

Tahap menggunakan eye cream ini bisa dibilang adalah pembeda antara urutan skincare pagi dan malam.

 

Umumnya, Eye cream digunakan pada malam hari, tujuannya adalah mengatasi kerutan di area mata, menghilangkan kantung mata serta mata panda saat bangun keesokan harinya.

 

8. Night Cream

Jika pada skincare pagi biasanya kamu menggunakan moisturizer sebagai penutup rangkaian. Pada skincare malam ini biasanya night cream yang berperan seperti moisturizer pada skincare pagi hari

 

Night cream sendiri mempunyai fungsi dan kandungan yang lebih khusus, seperti melembabkan kulit, memudarkan noda hitam di wajah, atau menyamarkan kerutan. 

 

Itulah step by step skincare malam yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Selain delapan langkah di atas, ada dua langkah opsional dalam urutan pemakaian skincare pada malam hari yang bisa dicoba juga.

 

Kedua langkah tersebut adalah menggunakan sleeping mask dan face oil setelah mengaplikasikan night cream. 

 

Sleeping mask fungsinya adalah membantu melembabkan kulit. Sementara itu face oil bisa menghindarkan kulit tampak lengket dan berminyak pada keesokan harinya.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping