Beauty In One Click

4 Perbedaan Essence dan Serum Dalam Skincare yang Paling Utama

08 Oct 2021
4 Perbedaan Essence dan Serum Dalam Skincare yang Paling Utama

Bagi kalian yang sudah mengenal dunia per skincare-an, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah essence dan serum. 

Bahkan dalam step by step skincare, banyak pakar yang mewajibkan penggunaan keduanya. Namun, bagi sebagian orang masih ada yang belum mengetahui perbedaan essence dan serum lantaran keduanya terlihat begitu mirip. 

 

Karena kedua produk ini memang sekilas terlihat serupa, yang mana baik essence maupun serum dapat membantu dalam menghidrasi kulit. Keduanya sama-sama mempunyai kemampuan meresap ke dalam lapisan kulit, kemudian menghidrasinya.

Sehingga pemakaian essence dan serum bisa membuat tekstur kulit wajah menjadi lebih kenyal, lembut, serta tampak lebih muda. 

 

Selain itu, formula essence dan serum juga terbilang cukup ringan, jadi bisa meresap dengan cepat ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket dan residu.

Lalu, apa bedanya essence dan serum? Berikut perbedaan paling mendasar antara serum dan essence yang bisa diketahui.

 

1. Dari Fungsi

Selain mampu mengunci kelembapan, essence juga bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan wajah. Produk essence ini bisa memaksimalkan penyerapan untuk skincare yang digunakan pada step selanjutnya.

Sementara serum cenderung mempunyai lebih banyak bahan aktif bila dibandingkan dengan essence, sehingga fungsi dari serum ini pun tidak hanya sekedar menghidrasi kulit saja, tapi juga membantu menutrisi kulit dari dalam. 

Efeknya, serum mampu mengatasi kulit kusam, menghilangkan kerutan dan garis halus, hingga menyamarkan bekas jerawat di wajah.

 

Baca juga: Beda Kandungan Beda Manfaat, Ini 10 Fungsi Serum Wajah

 

2. Kandungan di Dalamnya

Perbedaan paling mendasar antara essence dan serum yaitu essence mempunyai konsentrasi formula atau kandungan yang jauh lebih sedikit. Meskipun ada juga bahan aktif yang terkandung seperti hydroxytric acid, gliserin, vitamin, dan asam hialuronat. 

Sedangkan untuk serum sebaliknya, kandungan bahan aktif didalamnya terbilang jauh lebih tinggi dengan konsentrasi yang lebih tebal, mengingat bahwa fungsinya memang lebih spesifik bila dibandingkan essence. 

Meski serum juga mempunyai bahan dasar air, namun serum biasanya juga mengandung asam lemak, asam hialuronat, ceramide, vitamin C, zinc, bakuchiol, dan ekstrak biji anggur.

 

3. Teksturnya

Perbedaan essence dan serum selanjutnya bisa dilihat dari tekstur cairannya. Karena memiliki kandungan bahan yang berbeda, tentunya tekstur dari masing-masing produk ini juga tidak sama meskipun baik essence maupun serum mempunyai bahan dasar air. 

Yang mana tekstur serum cenderung lebih kental atau tebal, lantaran konsentrasi bahan aktifnya lebih banyak.

Di sisi lain, essence yang bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan zat ke lapisan dalam kulit wajah, mempunyai tekstur cairan yang jauh lebih ringan. 

Walaupun tidak sekental dan sepadat serum, essence tetap lebih kental bila disandingkan dengan toner wajah atau air biasa.

 

4. Cara Pakainya

Kapan essence dan serum digunakan? Keduanya bisa digunakan pada pagi maupun malam hari. Hal tersebut lantaran tekstur essence cenderung lebih ringan, sehingga lebih baik jika digunakan lebih dulu.

Untuk cara pengaplikasiannya ke wajah terbilang tidak jauh berbeda antara satu sama lain. Cukup teteskan essence di telapak tangan, lalu oleskan ke wajah dan tepuk secara perlahan. 

Lalu untuk serum, tuangkan sekitar 2 sampai 3 tetes di telapak tangan dan oleskan ke wajah sembari dipijat lembut.

 

Baca juga: 17 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah Secara Efektif

 

Lebih Penting Serum atau Essence?

Kedua produk ini mempunyai manfaat yang sama baiknya untuk kulit wajah. Jadi, keduanya memang sama-sama penting dan diperlukan untuk memaksimalkan perawatan wajah. 

Karena itu bila ada yang bertanya, essence dulu atau serum maka jawabannya adalah gunakan essence terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan toner, dan yang terakhir adalah serum.

 

Akan tetapi, penggunaan essence dan serum juga tidak harus selalu berbarengan. Kalian bisa saja menggunakan salah satunya, berdasarkan tipe kulit maupun masalah kulit yang dialami. 

Misalnya kamu mempunyai tipe kulit kering, maka bisa menggunakan serum yang memiliki kandungan melembapkan seperti niacinamide sehingga cepat melembapkan kulit.

 

Itulah perbedaan antara essence dan serum yang penting untuk diketahui. Jadi meskipun keduanya sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajah, namun essence dan serum tidaklah sama. 

 

Kalian bisa memilih menggunakan produk essence dan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah agar hasilnya maksimal.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping