6 Manfaat Kandungan Skincare Lactic Acid untuk Kesehatan Kulit

24 Aug 2021
manfaat lactic acid

Apakah kalian sudah pernah melihat produk skincare yang mengandung Lactic Acid?  Sebenarnya, apa sih fungsinya?

 

Apa itu Lactic Acid? Lactic Acid atau asam laktat adalah senyawa kimia yang berasal dari golongan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang berfungsi untuk mempercepat pengelupasan sel kulit mati agar bisa menumbuhkan sel kulit baru yang lebih sehat.

 

Kandungan asam laktat yang bersifat ringan ini banyak dipilih karena memiliki aneka manfaat yang baik untuk kulit, khususnya pada mereka yang mempunyai kulit mudah iritasi.

 

Sehingga, tak jarang banyak produsen skincare yang memanfaatkan kandungan Lactic Acid dalam produknya.

 

Berikut ini berbagai manfaat Lactic Acid dalam kandungan skincare untuk kulit.

 

1. Cocok Digunakan Semua Jenis Kulit

Selain Glycolic Acid dan Mandelic Acid, Lactic Acid sangat mudah ditemukan pada berbagai produk skincare.

 

Karena Lactic Acid ini cenderung lebih ringan bila dibandingkan asam glikolat, namun tetap dapat memberikan manfaat yang sama.

 

Tidak heran jika kandungan Lactic Acid cocok digunakan pada kulit yang mudah teriritasi. Bahkan untuk penggunaan pada semua jenis kulit, kandungan Lactic Acid relatif bisa lebih mudah diterima dibandingkan kandungan lainnya.

 

2. Mengatasi Hiperpigmentasi

Manfaat Lactic Acid berikutnya yakni mengatasi hiperpigmentasi, yaitu kondisi di mana kulit mengalami produksi melanin berlebih sehingga menimbulkan bercak-bercak gelap.

 

Melanin itu sendiri merupakan bagian dari pigmen kulit yang bertugas memberi warna dan membuat kulit menjadi gelap.

 

Kandungan asam laktat sebesar 5 persen bisa mengencangkan kulit apabila digunakan rutin dua kali sehari serta mampu merangsang produksi kolagen yang membantu kulit menjadi lebih kencang.

 

Kondisi kulit yang kencang ini membuat berbagai tanda penuaan pun tersamarkan, seperti kerutan, garis halus, hingga bercak hitam akibat hiperpigmentasi.

 

Baca juga: 10 Rangkaian Skin Care untuk Kulit Sensitif yang Wajib Digunakan

 

3. Mencerahkan Kulit

Selain mengatasi hiperpigmentasi dan mengencangkan kulit, fungsi Lactic Acid lainnya juga dapat membuat kulit lebih cerah merona. Kandungan asam laktat ini mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

 

Sel kulit baru yang sudah beregenerasi akan membuat kulit wajah menjadi terlihat lebih cerah. Selain itu, banyak juga produk eksfoliasi yang memanfaatkan kandungan asam laktat agar hasilnya lebih maksimal.

 

4. Melembapkan Kulit

Kandungan AHA larut dalam air sehingga mampu mengikat air pada jaringan kulit yang dapat membantu meningkatkan produksi minyak alami.

 

Sehingga kulit pun akan terasa jauh lebih lembap dan terhidrasi sepanjang hari. Penggunaan skincare dengan kandungan Lactic Acid ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kulit kering.

 

5. Mencegah Munculnya Jerawat

Asam laktat ini juga bagus untuk pemilik kulit berminyak yang rentan berjerawat. Karena Lactic Acid bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul karena pola hidup ataupun kurangnya perawatan wajah.

 

Proses eksfoliasi sendiri bisa membantu menjaga pori-pori menjadi tetap bersih sekaligus menjaga minyak alami yang dihasilkan kulit agar tidak berlebihan.

 

Di mana pori-pori yang menyimpan minyak berlebih dan tertutup sel kulit mati merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat.

 

Baca juga: Tahapan Basic Skincare yang Jangan Sampai Terlewat

 

Tidak hanya mempunyai banyak fungsi untuk kulit wajah, manfaat Lactic Acid juga bisa dilihat untuk kulit pada bagian tubuh lainnya.

 

Karena kandungan ini juga kerap dimasukkan ke dalam produk body lotion maupun body care lainnya. Karena asam laktat satu ini mampu mengatasi kondisi kulit keratosis pilaris.

 

Keratosis pilaris merupakan kondisi kulit yang kasar, kering, serta muncul benjolan kecil. Biasanya keratosis pilaris ini banyak muncul di punggung lengan dan kaki, paha, hingga pipi.

 

Benjolan akibat keratosis pilaris mungkin tidak berbahaya, namun tentu bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu, penggunaan Lactic Acid secara rutin akan membantu mengatasinya.

 

Lactic Acid memang terkenal lebih menghidrasi dan lebih lembut bila dibandingkan dengan AHA lainnya. Sehingga asam laktat ini cenderung cocok digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya untuk kulit sensitif.

 

Itulah berbagai manfaat Lactic Acid untuk kulit tubuh dan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tentu diperlukan penggunaan yang rutin. Gunakan juga rangkaian skincare lainnya, agar mendapatkan hasil lebih baik.

 

Bagi kalian yang sedang mencari produk skincare yang mengandung Lactic Acid, ada beberapa rekomendasi produk yang bisa digunakan, seperti:

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping