Mau Berganti Skincare? Yuk, Pahami Dulu Caranya yang Benar

13 Oct 2021
cara ganti skincare yang benar

Semakin banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran, tak jarang membuat sebagian orang memilih mengganti produk skincare lamanya dengan harapan produk yang baru bisa lebih cepat memenuhi ekspektasi mereka. 

 

Namun ternyata, ada konsekuensi yang didapatkan dengan berganti-ganti produk perawatan kulit, seperti berisiko menumbuhkan jerawat, mudah iritasi, hingga bisa membuat resisten terhadap bahan-bahan tertentu yang justru membuat perawatan wajah tidak maksimal.

 

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berganti produk perawatan wajah, sebaiknya pahami dulu bagaimana cara ganti skincare yang benar agar kulit wajah tetap sehat.

 

1. Lakukan Secara Perlahan

Ketika ingin mengganti produk skincare yang digunakan sehari-hari, ada baiknya untuk melakukan secara perlahan. Jangan langsung berhenti menggunakannya, sebab akan memberikan respon pada kulit yang cukup signifikan. 

 

Cara yang tepat adalah dengan mengurangi intensitas penggunaannya, sehingga respon kulit akan mulai terbiasa saat tidak di nutrisi oleh kandungan skincare tersebut.

 

Misalnya saja kalian menggunakan produk tersebut dua kali sehari, maka bisa mulai menggunakannya sehari sekali. 

 

2. Berikan Jeda Waktu Sebelum Ganti Skincare

Selain melakukannya secara perlahan, disarankan untuk mendetoksifikasi kulit terlebih dahulu. Caranya tentu dengan membiarkan kulit terlebih dahulu atau memberikan jeda jika ingin berganti skincare

 

Langkah ini sangat efektif jika ingin kulit tetap dalam kondisi terbaik dan mampu menyerap semua manfaat dari skincare yang digunakan. 

 

Lalu, berapa lama jeda waktu untuk mengganti skincare? Menurut Adriana Lombardi, M.D. sebagai seorang dermatologist , Ia menyarankan agar menggunakan skincare selama 4 - 6 minggu untuk melihat hasilnya. 

 

Setelah lewat dari 6 minggu barulah kalian bisa menggunakan produk skincare lainnya. Setelah itu, apakah boleh ganti skincare berbeda merk? 

 

Menurut Matty Samaei sebagai seorang Official Beauty Advisor to the Miss Universe Australia mengatakan bahwa tidak masalah untuk mengganti produk skincare dengan brand lain, asalkan kalian tidak memiliki alergi dengan kandungan tertentu.

 

3. Rajin Membersihkan Wajah

Pada waktu menetralkan wajah, maka anda akan menggunakan lebih sedikit skincare. Hal ini menyebabkan perlawanan terhadap wajah juga tidak seoptimal yang anda lakukan seperti biasanya.

 

Dengan rajin membersihkan wajah, maka bisa meminimalisir kotoran dan sel kulit mati yang menempel di kulit. Hal inilah yang bisa menghambat proses perawatan wajah, karena sel kulit belum bersih secara menyeluruh.

 

Bila kalian bertanya berapa lama menetralkan wajah untuk ganti skincare, menurut Dr. Irma Noor Budianti disarankan untuk menetralkan wajah selama 3 hari, sehingga dalam jangka waktu tersebut tidak diperbolehkan menggunakan skincare apapun.

 

4. Menyesuaikan dengan Pergantian Musim 

Hal penting lainnya yang tak boleh ketinggalan yaitu dengan menyesuaikan pergantian musim. Pada cuaca tertentu, maka akan berdampak pada kulit wajah yang dimiliki. 

 

Kebanyakan orang memang harus menyesuaikan perawatan kulit dengan perubahan musim. Kapan harus ganti skincare? Bila hasil perawatan kulit tidak ada perubahan sama sekali, kulit terasa kering, iritasi, hingga mengalami masalah kulit lainnya.

 

5. Kenali Produk Terlebih Dahulu 

Ada banyak produk yang dijual di pasaran dengan segudang kandungan di dalamnya. Untuk itu, disarankan agar mengenali produk apa yang dibutuhkan untuk setiap rutinitas yang anda lakukan. 

 

Hal ini sangat penting untuk mendapatkan tingkat keberhasilan yang terbaik. Dengan begitu, kalian bisa menemukan produk skincare yang tepat tanpa berpengaruh kepada kondisi kulit. 

 

Baca juga: Yuk, Intip Jenis-Jenis Skin Care dan Apa Saja Fungsinya

 

6.  Memperbanyak Minum Air Putih

Selain tetap menjaga kulit dari luar, kalian membutuhkan perlindungan dari dalam yaitu dengan minum air putih yang banyak. 

 

Hampir seluruh metabolisme dalam tubuh melibatkan air di dalamnya, sehingga menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 

 

7. Mengecek Bahan Bahan di Dalam Produk Skincare 

Ketika menetralkan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih, ada baiknya juga mengecek komposisi kandungan dari skincare yang akan digunakan. 

 

Pastikan jika tidak ada bahan yang berbahaya dan membuat kulit alergi. Pastikan juga untuk memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah

 

8. Melihat Respon Kulit

Respon kulit setiap orang akan berbeda-beda tergantung masing-masing kulit. Jika kulit mengalami reaksi buruk atau efek samping, segera hentikan pemakaian agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.

 

Bila muncul masalah lainnya, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

 

Baca juga: 9 Kandungan Skincare yang Dapat Mencerahkan Wajah

 

9. Perhatikan Rutinitas yang Dilakukan 

Selain memperhatikan faktor internal, ada faktor lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu rutinitas harian. Bagi kalian yang sering melakukan aktivitas luar ruangan, maka akan terkena sinar matahari berlebih bisa mengakibatkan kulit jadi kering dan iritasi.

 

Cobalah untuk membatasi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan perlengkapan lain seperti topi dan jaket hitam untuk mengurangi dampak sinar matahari ke kulit.

 

Itulah 9 cara ganti skincare yang benar dan mudah. Jadi, jangan sampai salah lagi ya, kalian!

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping