7 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kecantikan Kulit Tubuh dan Wajah

20 Sep 2021
manfaat alpha arbutin

Produk skincare maupun body care yang beredar di pasaran, memiliki banyak kandungan zat yang berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Salah satu bahan yang menjadi pembicaraan dalam produk kecantikan yaitu alpha arbutin. 

 

Lalu, apa itu alpha arbutin? Alpha arbutin adalah zat turunan yang dihasilkan dari hydroquinone yang cukup umum ditemukan pada produk skincare untuk mengatasi masalah kulit.  

 

Biasanya, pada label kemasan biasa juga ditulis dengan nama α-arbutin, yang merupakan zat turunan yang dihasilkan dari hydroquinone.

 

Dengan kata lain, kandungan alpha arbutin ini adalah versi sintetik dari hydroquinone. Biasanya, sumber utama yang memiliki kandungan alami bisa didapatkan dari gandum, blueberry, dan cranberry.

 

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan beragam manfaatnya, berikut berbagai fungsi alpha arbutin untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah.

 

1. Mencerahkan Wajah

Alpha arbutin memang banyak ditemukan pada produk skincare pencerah wajah karena mampu memperlambat produksi tirosinase yang merupakan enzim yang ada di dalam melanosit, yaitu sel-sel yang memproduksi melanin atau pigmen yang berperan dalam menentukan warna kulit. 

 

Dengan berkurangnya jumlah melanin yang diproduksi oleh tubuh, maka warna gelap kulit pun akan berkurang dan kulit jadi terlihat lebih cerah. Namun, cara kerja alpha arbutin ini hanya memperlambat produksi tirosinase saja, sehingga melanin menjadi lebih sedikit. 

 

Berbeda dengan hydroquinone yang bekerja dengan membunuh melanosit. Inilah yang membuat penggunaan alpha arbutin dinilai jauh lebih aman, khususnya bagi pemilik kulit sensitif.

 

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat alpha arbutin untuk wajah yaitu membantu memudarkan bekas jerawat. Seringkali jerawat meninggalkan bekas berwarna cokelat atau hitam pada kulit yang tentunya dapat mempengaruhi penampilan.

 

Ketika produksi melanin berlebih di kulit menjadi terhambat, maka wajah pun akan menjadi lebih cerah, sehingga bekas jerawat akan tersamarkan dan lama kelamaan memudar.

 

3. Mengurangi Pigmentasi dan Flek Hitam

Produksi enzim tirosinase sendiri akan meningkat seiring dengan banyaknya paparan sinar ultraviolet dari matahari yang diterima oleh kulit. Hal ini biasanya membuat kulit terlihat lebih kusam dan menimbulkan flek hitam. 

 

Dengan penggunaan skincare yang tepat, kalian bisa merawat wajah lebih baik lagi. Beberapa rekomendasi produk skincare yang mengandung arbutin adalah:

 

 

4. Membuat Kulit Lebih Lembap

Penggunaan alpha arbutin mampu menjaga kadar air yang ada di dalam kulit sekaligus tetap mengontrol minyak yang ada, sehingga kulit pun akan tampak lebih lembap. 

 

Selain mencerahkan wajah, kandungan alpha arbutin yang ada di dalam produk skincare bisa membuat kulit lebih sehat karena kulit ternutrisi dengan baik. 

 

Manfaat ini tentu sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah dengan kulit wajah yang kusam lantaran terlalu sering terpapar sinar matahari, polusi udara, dan debu yang menempel di muka.

 

5. Membantu Eksfoliasi Kulit

 

Eksfoliasi kulit atau pengangkatan sel-sel kulit mati memang perlu dilakukan untuk mengatasi wajah yang kusam. Dalam hal ini, produk skincare yang mengandung alpha arbutin sangat cocok dan aman bila penggunaannya dipadukan dengan produk dengan kandungan AHA dan BHA.

 

Di mana kandungan AHA dan BHA tersebut merupakan zat yang sangat membantu dalam mengeksfoliasi kulit untuk membersihkan pori-pori kulit sampai lapisan terdalam sekaligus membunuh jamur dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan ini juga akan mempercepat proses regenerasi kulit.

 

6. Menghambat Penuaan Dini

Dengan adanya kandungan antioksidan, alpha arbutin efektif melawan penuaan dini serta mampu menghentikan tirosinase, sehingga proses pigmentasi kulit juga akan terhambat dan membuat kulit tubuh akan lebih awet muda.

 

Dengan begitu, kalian bisa makin percaya diri dengan penampilan kalian setiap hari.

 

Baca juga: Mengenal Cara Kerja & Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

 

7. Warna Kulit Jadi Lebih Merata

Alpha arbutin bermanfaat untuk membuat warna kulit wajah lebih cerah secara merata. Jadi, bagi kamu yang suka berjemur atau merasa kulit jadi lebih gelap, penggunaan skincare yang mengandung arbutin bisa menjadi solusi tepat.

 

Itulah berbagai manfaat alpha arbutin untuk kulit tubuh. Agar lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan wajah lainnya seperti toner, serum, hingga moisturizer yang mengandung bahan-bahan alami.

 

Kalian bisa menemukan berbagai produk yang kamu cari melalui website https://www.beautyhaul.com/ yang menjual berbagai produk kecantikan mulai dari make up, skincare, hingga berbagai kosmetik lainnya dari berbagai brand ternama di tanah air.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping