Mengenal Cara Kerja & Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

25 Aug 2021
Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Kalian yang sering membeli skincare, pasti pernah menemukan suatu produk yang mengandung retinol. Sebenarnya, apa itu retinol?

 

Retinol adalah senyawa turunan dari vitamin A yang biasa disebut sebagai retinoid.

 

Lalu, apa kegunaan retinol? Retinol berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, melawan penuaan dini, merangsang pertumbuhan kolagen secara alami, mengatasi masalah jerawat, hingga membantu meregenerasi sel kulit yang lebih sehat.

 

Kalian bisa menemukan bahan aktif ini dengan nama lain seperti retinyl acetate, retinyl linoleate, dan juga retinyl palmitate.

 

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita cari tahu bagaimana cara kerja retinol berikut ini.

 

Cara Kerja Retinol

Perlu kamu tahu, kalau retinol ini masih masuk dalam golongan retinoid yang terbuat dari vitamin A. Dilansir dari Healthline, retinol termasuk bahan aktif yang aman sehingga dapat dengan mudah dibuat sebagai bahan utama berbagai produk perawatan kulit.

 

Cara kerjanya sendiri dimulai dengan kemampuan retinol untuk merangsang sel kulit paling luar dan mempercepat perputaran regenerasi kulit, sehingga memberikan hasil tampilan  lebih lembut dan merata di kulit.

 

Manfaat Penggunaan Retinol untuk Kulit Wajah

Ada beberapa keuntungan dari produk-produk yang menggunakan bahan retinol untuk kulit, seperti:

 

1. Mengobati Jerawat

Jika melihat cara kerjanya yang mencapai bagian dalam kulit, tidak heran jika manfaatnya sangatlah luas. Yang paling sering dikenal adalah mengatasi jerawat.

 

Sel-sel mati dan minyak yang terperangkap di dalam kulit akan diganti dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, penggunaan retinol secara rutin juga akan memperkecil pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih di wajah.

 

2. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu efek yang paling banyak dikaitkan dengan retinol adalah anti-aging. Efek penuaan diri seperti garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan kemampuan retinol yang juga mengandung antioksidan tinggi.

 

Disebutkan juga kalau penggunaan dari retinol sendiri harus disesuaikan dengan jenis kulit. Jika dilakukan dengan benar, maka akan terjadi pengurangan garis halus dan kerutan.

 

Tidak hanya itu, manfaat retinol juga termasuk meningkatkan elastisitas kulit. Disarankan juga untuk menggunakan produk sunscreen lain untuk hasil lebih optimal.

 

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen berperan penting untuk membantu menghasilkan sel-sel kulit yang lebih sehat. Penggunaan produk yang mengandung retinol secara rutin dapat menangkal radikal bebas dan membuat kulit jadi lebih awet muda.

 

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak dengan Kulit

 

4. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Adanya penumpukan minyak, kotoran, atau keringat dapat membuat pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan masalah jerawat. Dengan menjaga kesehatan pori-pori kulit, dapat membuat wajah lebih halus dan cerah.

 

Retinol dapat membersihkan pori-pori kulit secara mendalam karena kandungan ini merupakan salah satu bahan aktif yang sangat kuat dalam membersihkan semua kotoran pada pori.

 

5. Mengurangi Hiperpigmentasi

Kegunaan yang satu ini paling cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan bintik hitam. Bintik hitam dan penumpukan kotoran pun akan membuat kulit lebih kusam.

 

Beruntungnya, retinol sangat efektif dalam membersihkan kulit, sehingga dapat membuat kulit lebih cerah bersinar.

 

6. Sebagai Antioksidan yang Baik di Kulit

Karena retinol dibuat dari vitamin A, maka bisa dikatakan kalau kandungan ini punya efek antioksidan yang cukup tinggi yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

 

Bagi kalian yang ingin menggunakan produk perawatan kecantikan  yang mengandung retinol, ada beberapa rekomendasi produk skincare yang bisa dicoba:

 

 

Itulah berbagai manfaat retinol untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah yang bisa kalian dapatkan. Kalian bisa menemukan berbagai produk skincare retinol lainnya di website BeautyHaul.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping