Banyak Ditemukan Dalam Skincare, Ini 5 Manfaat Lauric Acid

25 Mar 2022
Banyak Ditemukan Dalam Skincare, Ini 5 Manfaat Lauric Acid

Munculnya deretan produk skincare dengan bahan alami semakin membuka mata pengguna akan manfaat bahan aktif baik lainnya. Seperti misalnya adalah Lauric acid.

Lauric Acid adalah salah satu komponen natural yang terdapat di dalam minyak kelapa yang bukan hanya baik untuk kesehatan tapi juga untuk kulit kita. Yuk, kenali lebih jauh tentang pengertian lauric acid & manfaatnya. 

 

 

Pengertian Lauric Acid 

Lauric acid atau yang juga dikenal dengan asam laurat sebenarnya adalah kandungan yang hanya ada di minyak kelapa. 

Kandungan yang berupa lemak jenuh ini mempunyai banyak manfaat positif untuk kesehatan kulit dan tubuh. Umumnya kandungan ini juga dikenal sebagai obat alami untuk melawan jerawat dan psoriasis.

Tapi sebenarnya, masih banyak hal yang bisa didapat dari bahan alami ini. Mengingat kalau kandungan lemak jenuh aktif dari minyak kelapa juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. 

 

Dalam prosesnya, kandungan asam ini diekstraksi dari kelapa dengan cara mengaktifkan monolaurin yang berfungsi sebagai agen anti mikroba untuk melawan serangan virus, jamur, dan bakteri. 

Oleh karena itu, bahan aktif ini tidak bisa dikonsumsi secara individu. Menariknya, bahan ini kian melejit karena kebaikannya dalam perawatan kulit yang akhirnya menjadi bahan utama produk kecantikan.  

 

 

Menariknya, Lauric Acid ini bukan hanya bagus untuk kulit dan kecantikan saja. Beberapa sumber pun juga mengatakan jika kandungan ini mengatasi beberapa penyakit seperti flu babi, herpes, dll. 

Baca juga: Mengenal 4 Manfaat AHA BHA dalam Skincare untuk Wajah

 

 

Manfaat Lauric Acid

Kandungan ini memang cukup baik bagi berbagai masalah kulit. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya yang mungkin harus kamu ketahui.

 

 

1. Melawan Jerawat

Bagi pemilik kulit sensitif dan berminyak masalah jerawat seolah menjadi sahabat. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan lauric acid di dalamnya karena sifat anti bakteri dan anti peradangan yang dimiliki. 

Skincare dengan kandungan ini memang bisa mencegah bakteri penyebab munculnya jerawat yang ada di wajah.

Berdasar beberapa sumber penelitian, kandungan asam aktif memang cukup ampuh dalam menekan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes. 

 

 

2. Menangani Kondisi Kulit Kering 

Masalah kulit kering ternyata dapat dikurangi dengan adanya bantuan kandungan lauric acid. 

Salah satu karakter dari lauric acid adalah kemampuannya dalam membantu hingga menjaga kelembapan kulit sehingga membuat kulit lebih terasa elastis dan terhidrasi. 

 

3. Mengurangi Penuaan Dini

Kurangnya hidrasi di dalam kulit membuat wajah tampak gelap dan tampak lebih tua. Bukan hanya itu saja, biasanya hal ini juga dibarengi dengan munculnya kerutan pada area wajah.

Dalam hal ini, menggunakan pelembap dengan yang kaya akan asam lemak dan air itu penting. Oleh karena itu, penggunaan asam laurat bisa menjadi pilihan yang tepat. 

 

Dengan penggunaan yang tepat sesuai kondisi kulit bisa membantu kamu mendapatkan kulit yang lebih terhidrasi sehingga tampak awet muda. 

Selain itu, kulit pun akan terasa lebih kenyal dan penampakan garis halus akan lebih berkurang. 

 

Baca juga: Mengenal Ceramide, Bahan Aktif yang Jago Jaga Kelembapan Kulit

 

 

4. Mengandung Antimicrobial 

Lauric Acid memiliki kemampuan lain sebagai anti mikroba. Hal ini dapat membantu dalam menenangkan luka, mengobati, dan mencegah bakteri tumbuh pada luka.

 

 

5. Menenangkan Xerosis 

Masalah kulit kering berlebih atau Xerosis merupakan suatu kondisi kesehatan yang kerap terjadi umumnya pada lansia. Hal ini bisa terjadi pada siapapun dan salah satu penyebabnya bisa jadi kondisi cuaca yang berubah-ubah atau penggunaan obat yang tidak cocok. 

Penggunaan asam laurat dapat membantu meningkatkan fungsi lapisan lipid sehingga membuat kulit lebih lembut dan masalah kulit kering pun teratasi. 

 

Baca juga: 15 Rekomendasi Sunscreen yang Mengandung Niacinamide

 

Fact Check by Vindy Andri Putri, B.Sc. 

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping