Mengenal Ceramide, Bahan Aktif yang Jago Jaga Kelembapan Kulit

06 Dec 2021
manfaat ceramide untuk kulit

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan skincare terus berubah. Termasuk juga kandungan dan manfaat yang ingin didapat dari penggunaan skincare tersebut. 

 

Salah satu bahan yang sedang naik daun belakangan adalah Ceramide yang sering muncul pada produk pelembap kulit. Terkadang, kandungan ini pun disandingkan dengan zat lain seperti AHA, BHA, bahkan retinol. 

 

Apa itu Ceramide?

Ceramide sendiri adalah salah satu golongan asam lemak yang dapat ditemukan di dalam sel kulit. Meski demikian, produk perawatan kulit pun kerap menambahkan kandungan ini di dalam komposisinya. Lantas mengapa masih membutuhkan ceramide dari skincare? 

 

Berdasarkan beberapa jurnal kesehatan, hal ini menjelaskan bahwa asam lemak ini akan terus berkurang setiap harinya sehingga menyebabkan kulit kering dan kusam. 

 

Penggunaan skincare ini bisa menjadi nutrisi tambahan untuk kulit. Terutama untuk orang yang memiliki masalah pada kulit seperti eczema atau psoriasis, yang mana pada kedua masalah tersebut kadar ceramide dalam kulit memang sedikit. 

 

Menariknya, kandungan ini sendiri muncul dalam berbagai bentuk skincare. Alhasil memberi manfaat yang berbeda. Seperti produk krim yang  lebih lembut dan tidak membuat iritasi. 

 

Ada pula produk dengan bentuk lotion, ampoule, hingga tonic. Perbedaan bentuk produk tersebut dan manfaat ceramide dapat disesuaikan dengan kondisi kulit. 

 

Pada dasarnya produk skincare dengan kegunaan dan fungsi ceramide sendiri berkaitan dengan epidermal lipids yang berguna sebagai perlindungan kulit. 

 

Manfaat Ceramide Untuk Kulit

Nama ceramide belakangan memang sering dibicarakan, hal ini karena beragam manfaat yang bisa didapat dengan penggunaan secara rutin. Lalu apa saja manfaat ceramide bagi kulit?

 

1. Mencegah Jerawat

Salah satu fungsi ceramide yang selama ini sering ditonjolkan adalah kemampuan ceramide untuk jerawat. Kandungan ceramide memang dikenal mampu memberikan perlindungan kulit yang lebih baik. 

 

Perlindungan ini menjadi tameng akan bakteri dan kotoran yang masuk ke dalam lapisan kulit. Alhasil, mencegah kotoran penyumbat pori yang seringkali menjadi penyebab terbentuknya jerawat. 

 

Secara detail, jerawat sendiri muncul karena minyak di dalam kulit yang tersumbat. Penyumbatan ini terjadi karena tumpukan kotoran dan bakteri di dalam epidermis. 

 

Oleh karena itu, produk yang mengandung ceramide selama ini juga dikenal sebagai salah satu ingredient yang dapat mencegah munculnya jerawat. Hal ini karena manfaat ceramide adalah memperkuat lapisan pelindung kulit tersebut. 

 

2. Meminimalisir Iritasi 

Beberapa sumber memiliki pendapat yang sama terkait kemampuan ceramide dalam mengurangi potensi terjadinya iritasi kulit. Bentuk iritasi pada kulit sendiri dapat beragam tergantung dari kesehatan penderita.

 

Umumnya yang muncul adalah ruam kulit, kemerahan, kulit kering, gatal, dan lain sebagainya. 

 

Kondisi tersebut kerap kali muncul pada pemilik kulit kering dan sensitif di mana kurangnya kelembapan dan perlindungan pada kulit. 

 

Bagi penderita kondisi tersebut, skincare dengan kandungan CER ini dapat menjadi pemasok zat lipid di dalam kulit. Alhasil, dapat mencegah terjadinya iritasi yang berlebih.    

 

Baca juga: Empat Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Alami Memperbaikinya

 

3. Mengobati Eczema Dan Psoriasis 

Eczema (eksim) adalah salah satu masalah pada kulit yang terjadi karena kurang baiknya kandungan lipid yang ada pada kulit. Meski tidak berbahaya, namun kondisi ini dapat membuat penderitanya kurang nyaman.

 

Hal ini karena gangguan kulit ini cenderung muncul dengan kondisi kulit gatal, pecah-pecah, dan kemerahan. 

 

Sedangkan, Psoriasis adalah peradangan kulit yang memiliki ciri dan gangguan layaknya eksim. Pada beberapa kondisi, hal ini dapat menyebabkan kulit sangat kering dan mengelupas. 

 

Disini manfaat ceramide sangat dibutuhkan. Skincare dengan kandungan CER dinilai dapat memperkuat kondisi lipid barrier di dalam epidermis. Tidak hanya itu, CER pun dapat membantu mengunci kelembapan di dalam kulit. 

 

Alhasil, kadar ceramide yang rendah pada penderita eksim atau psoriasis pun dapat ditangani dengan lebih baik. 

 

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat utama dan paling terasa saat menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide adalah kelembapan kulit menjadi lebih terjaga.

 

Kandungan ceramide memang dikenal karena kemampuannya yang dapat mengunci kelembapan pada kulit. 

 

Terlebih, Ceramide juga mampu membuat kulit menjadi lebih lembut dan memperkuat skin barrier. Alhasil, potensi kulit terkena serangan radikal bebas pun bisa ditekan.   

 

Baca juga: 12 Macam Masalah Kulit Wajah yang Paling Sering Dialami

 

5. Meremajakan Kulit 

Beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan dari penggunaan ceramide antara lain adalah dapat membuat kondisi kulit tetap lembap, lembut dan tidak kering. 

 

Selain itu penggunaan ceramide juga mampu menyamarkan keriput dan garis halus karena kondisi kulit yang kering. 

 

Dari sekian banyak manfaat tersebut, bisa dilihat jika kandungan ini memang cocok untuk skincare. Meski ceramide sendiri adalah zat yang seharusnya bisa diproduksi sendiri di dalam kulit.

 

Namun, pemberian ceramide secara external dapat memberi perlindungan ekstra. Terutama untuk mencegah masalah kulit, iritasi, jerawat dan membuat kulit tetap lembap dan sehat.

 

Jika kamu bingung mencari produk dengan kandungan ceramide yang sesuai dengan masalah kulitmu, kamu bisa membaca dan mencari tahu pada artikel 14 Rekomendasi Skincare yang Mengandung Ceramide, Wajib Dicoba! ini.   

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping