Keracunan Skincare? Begini Cara Detox Wajah dari Kandungan Merkuri

28 Dec 2021
cara detox wajah dari merkuri secara alami

Adanya kandungan merkuri di dalam produk skincare ternyata bukan hal yang baru. Sayangnya, merkuri sendiri adalah bahan yang dapat membahayakan kesehatan kulit hingga tubuh secara keseluruhan. 

Jika sudah terlanjur terpapar, berikut ini adalah cara detox wajah dari merkuri yang bisa kamu coba lakukan. 

 

1. Stop Pemakaian Produk

Detox wajah adalah berhenti menggunakan produk yang diduga menjadi penyebab munculnya skin concern. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengurangi paparan merkuri secara keseluruhan.  

Berhenti menggunakan produk yang menjadi penyebabnya akan memberi waktu untuk kulit agar dapat kembali bernapas dan beregenerasi secara maksimal.

 

Selanjutnya, buang dan jangan pernah gunakan lagi produk tersebut. Alur pembuangannya pun juga jangan sembarangan. Masukkan ke dalam plastik atau wadah tertutup dan buang pada tempat sampah khusus. Hal ini karena kandungan mercury sendiri menurut peraturan lingkungan termasuk bahan yang beracun dan berbahaya bagi lingkungan.

 

Badan makanan dan obat Amerika, FDA sendiri telah menghimbau untuk menghentikan produk yang memiliki kandungan merkuri dan berbagai macam turunan lainnya. 

 

Ketika kamu melihat adanya tulisan merkuri, calomel, mercury, mercurio, mercuric, atau mercurous chloride, sebaiknya hindari penggunaannya. Selain itu, jika kamu merasa ada kandungan yang terasa asing dan tidak dikenal sebaiknya juga hindari pemakaiannya karena berbahaya.

 

Bahaya merkuri untuk wajah ada banyak, secara hasil mungkin dapat membuat kulit putih secara instan. Namun, penggunaan jangka panjang ternyata dapat menyebabkan gangguan melanin, saraf bahkan menyebabkan kanker. 

 

Baca juga: Waspada! Ini 5 Ciri-Ciri Kosmetik Mengandung Merkuri dan Bahayanya Bagi Kesehatan

 

2. Ganti dengan Bahan Alami 

Selama proses detox, ada baiknya juga untuk sementara waktu kalian mengganti semua kebutuhan akan perawatan kulit menggunakan bahan alami. Seperti yang diketahui, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan seperti misalnya adalah stroberi yang bisa membantu proses eksfoliasi.

 

Penggunaan bahan alami membuat kemungkinan masuknya kandungan merkuri dari produk lainnya juga menurun. Oleh karena itu, puasa sejenak menggunakan produk buatan dan menggantinya dengan penggunaan bahan alami bisa menjadi cara detox wajah dari merkuri secara alami yang efektif.

 

3. Meningkatkan Konsumsi Makanan Berserat

Meski paparan merkuri terjadi dari penggunaan skincare, tapi kontaminasinya bisa tersebar sampai ke seluruh sistem tubuh. Oleh karena itu, butuh bantuan untuk mendorongnya keluar melalui feses atau kotoran.

 

Oleh karena itu cara mendetoks wajah agar mengurangi dampak merkuri selanjutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat membantu pergerakan usus dan merangsang untuk buang air besar. Seiring lancarnya proses buang air, diharapkan sisa-sisa merkuri yang tersebar dalam tubuh juga dapat ikut terbuang.

 

4. Konsumsi Kandungan Vitamin C dan E 

Para ahli juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C dan E sebagai salah satu cara menghilangkan manfaat buruk akibat kandungan merkuri di wajah. Dosis vitamin E yang disarankan adalah 400 I.U per hari. 

 

Selain itu, tubuh juga membutuhkan kandungan selenium sebanyak 200-400 mcg per harinya. Semua itu bisa didapat dari mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.  

 

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Kulit Wajah yang Terkena Merkuri

 

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih 

Sebagian besar tubuh kita adalah cairan. Mengonsumsi banyak air putih memiliki banyak sekali manfaat salah satunya untuk membantu membersihkan kotoran dan racun yang ada dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

 

6. Menghindari Sumber Polutan 

Pada saat proses detox, memang sebaiknya juga menghindar dari segala macam bentuk polutan lainnya.

Beberapa contohnya adalah rokok dan alkohol yang bisa menyebabkan dampak tertentu pada tubuh. Selain itu, air sumur juga terkadang bisa menjadi salah satu polutan apabila kualitas airnya tidak dijaga dengan baik.

 

7. Kunjungi Dokter Kulit Secara Berkala

Dalam kondisi yang parah, ada baiknya untuk berkunjung dan berkonsultasi pada dokter secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kadar merkuri yang ada dalam tubuh dan tindakan apa yang harus diambil.

 

Berdasarkan penelitian sendiri tingkatan untuk terpapar merkuri dibagi menjadi tiga tingkatan. Saat lebih dari 50 ng/ml maka masuk ke dalam paparan tinggi, 10-15 ng/ml adalah ringan, dan 0 – 9 ng/ml adalah normal. 

 

Baca juga: Terbukti Ampuh! 9 Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok Dengan Skincare

 

8. Menggunakan Terapi Kelasi (Chelators)

Salah satu tindakan medis yang biasa direkomendasikan oleh dokter saat kadar merkuri dalam tubuh terlalu tinggi adalah dengan cara terapi kelasi. Tujuan utama dari terapi adalah mengurangi kadar metal di dalam tubuh.

 

Proses terapi ini dilakukan dengan cara memasukkan obat khusus ke dalam tubuh melalui pil atau infus. Nantinya, obat ini akan mengikat kadar metal dalam tubuh dan membuangnya melalui urin.

 

Pada dasarnya, cara menetralkan wajah dari merkuri dapat dilakukan dengan berhenti menggunakan produk yang mengandung merkuri, namun hal tersebut tentu membutuhkan waktu. Berapa lama menghilangkan merkuri di wajah? 

 

Semua bergantung dari seberapa banyak kandungan merkuri yang sudah masuk ke dalam wajah kamu. Tidak hanya itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan banyak air putih agar proses lebih cepat. Jika, kondisi kulit tak kunjung membaik, kunjungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping