Beauty In One Click

8 Ciri-Ciri Kulit Wajah yang Terkena Merkuri

11 Oct 2021
ciri ciri kulit wajah yang terkena merkuri

Saat membeli produk kosmetik, terkadang tidak semua orang memperhatikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Padahal, hal ini sangat penting dilakukan agar terhindar dari kandungan berbahaya, salah satunya adalah merkuri. 

 

Menurut artikel dari who.int, kandungan merkuri sebenarnya adalah komponen alam yang ditemukan di udara, air, dan tanah. Akan tetapi, eksposur pada kandungan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya. 

 

Efek merkuri pada wajah sangat berbahaya karena mampu membuat kulit mudah terinfeksi bakteri dan jamur, membuat ruam pada kulit, menipiskan lapisan kulit, hingga merubah warna kulit. Dampak paling buruk terhadap kesehatan ialah mampu membuat gagal ginjal. 

 

Bentuknya pun beragam, seperti dalam kandungan metal, tidak organik, dan organik yang sangat mudah ditemukan di dalam produk kosmetik kecantikan.

 

Dilansir dari situs FDA (Food and Drug Administration), ada batasan penggunaan bahan merkuri, namun masih ditemukan produk ilegal yang memiliki kandungan 30.000 kali melebihi batas kewajaran.

 

Untuk mengenali bau merkuri seperti apa sangat mudah, karena biasanya merkuri berbau sangat tajam dan memiliki tekstur yang lengket, sehingga bisa diketahui dengan mudah bila terkandung dalam produk kosmetik.

 

Sangat disarankan untuk selalu mengecek daftar kandungan produk dan tidak lupa untuk mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu

 

Ada beberapa jenis senyawa merkuri lainnya seperti Calome, Mercurous Chloride, Mercuric, Mercury, dan Mercurio. Kandungan ini juga disebut dengan raksa Hg. Zat ini beracun dan dapat membahayakan penggunanya. 

 

Berikut ini tanda atau ciri-ciri kulit wajah yang terkena merkuri.

 

1. Ruam

 

Bila setelah menggunakan produk kosmetik kulit wajah mulai terasa gatal, berubah warna kemerahan, dan muncul ruam bisa jadi karena di dalamnya terkandung bahan merkuri yang berbahaya. 

 

Karena itu, ada baiknya agar kalian mengetahui seperti apa ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri, sehingga bisa memilih mana produk yang memiliki kandungan baik untuk kulit atau justru sebaliknya.

 

2. Perubahan Warna Kulit 

Sebenarnya, merkuri dapat memutihkan kulit wajah, namun bila digunakan secara berlebihan dan terlalu lama justru tidak baik bagi kesehatan kulit, sehingga disarankan untuk menghindari penggunaan produk dari bahan yang satu ini.

 

3. Mengalami Iritasi

Iritasi pada kulit merupakan salah satu ciri-ciri wajah yang terkena merkuri. Biasanya, gejala yang muncul disertai dengan kulit terasa panas ataupun gatal. 

 

Bila sudah mengalaminya, segera hentikan penggunaan produk dan kompres bagian wajah dengan air dingin. Bila perlu, gunakan pelembab yang berbahan ringan untuk membantu menjaga kelembaban kulit.

 

Hindari untuk berada di luar ruangan, karena polusi dan sinar matahari bisa semakin memperburuk keadaan kulit wajah.

 

Baca juga: 5 Kandungan yang Sebaiknya Dihindari Saat Membeli Face Wash

 

4. Munculnya Jaringan Parut 

Jaringan parut sendiri adalah proses penyembuhan luka yang terjadi setelah mengalami masalah kulit. 

 

Namun, jika muncul jaringan parut yang tak kunjung hilang, maka bisa jadi hal tersebut pertanda adanya kontaminasi merkuri pada kulit.  

 

Untuk mengatasinya, bisa menggunakan gel lidah buaya ataupun lemon. Cukup tuangkan 4 - 5 tetes ke area kulit wajah, lalu ratakan dengan tangan dan biarkan mengering selama 10 menit. Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

 

5. Bagian Tangan, Kaki, dan Sekitar Bibir Mati Rasa

Jika eksposur pada zat berbahaya ini terlalu berlebihan, maka tanda keracunan merkuri pun dapat berefek pada organ dalam. 

 

Dampak buruknya juga bisa berpengaruh terhadap berkurangnya kemampuan saraf dalam merespon, terutama pada bagian kaki, tangan, dan sekitar mulut. 

 

Bila sudah sampai di tahap ini,  segera pergi ke dokter agar mendapatkan pengobatan secara medis.

 

6. Kulit Terasa Gatal dan Perih

Rasa gatal dan perih juga menjadi tanda-tanda kulit yang terkontaminasi dengan bahan merkuri. Mungkin akan terlihat seperti alergi, padahal bukan. 

 

Apalagi bila kalian tidak memiliki jenis kulit sensitif, maka bisa dipastikan bahwa ini merupakan dampak merkuri terhadap kulit wajah.

 

7. Perubahan Warna di Tangan dan Kaki pada Anak

Dilansir dari situs Dhs.saccounty.net efek bahaya merkuri pada anak dalam jangka panjang cukup mengkhawatirkan karena dapat membuat perubahan warna tangan dan kaki menjadi warna merah muda (pink). 

 

Selain itu, masalah kesehatan yang dihadapi adalah tekanan darah tinggi, rasa haus berlebihan, hingga penyakit gusi. 

 

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Fungal Acne dan Bagaimana Cara Menghilangkannya Secara Alami

 

8. Kulit Mengelupas 

Kontaminasi merkuri yang berlebihan justru akan membuat kulit mengelupas, terutama pada kulit anak-anak. Yang mana efeknya dapat menurun pada generasi muda, seperti anak dan bayi.

 

Itulah beberapa tanda-tanda wajah yang terkena merkuri. Karena itulah, perhatikan kandungan kosmetik dengan baik agar terhindar dari dampak buruknya. 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping