Awas Produk Abal-Abal! Berikut Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

26 Aug 2021
cara mengecek bpom kosmetik asli atau palsu

Peningkatan pasar produk kecantikan dan perawatan di tahun 2019 sangat meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bila melihat tren yang terus bermunculan, ada kemungkinan peningkatan tiap tahunnya bisa terus terjadi.

 

Namun, hal tersebut juga diikuti munculnya produk palsu berbahaya. Untuk menghindari efek negatif, kalian wajib mengetahui bagaimana cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu.

 

Bermunculannya Produk Kosmetik Ilegal

Sangat disayangkan, pangsa pasar yang sedang berkembang ini kerap dijadikan target oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Tidak sedikit produk yang bermunculan dengan memalsukan  bahan baku kosmetik, dokumen, produk jadi, kemasan, hingga izin beredarnya agar tetap bisa digunakan.

 

Dilansir dari situs pom.go.id, ternyata produk kosmetik yang dipalsukan juga ada yang berasal dari luar negeri. Jadi, jangan selalu beranggapan bahwa membeli produk kosmetik dari luar negeri akan aman tidak tidak bisa dipalsukan.

 

Terlebih di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini. Tidak semua barang asli, dan tentu kita sebagai konsumen harus cerdas dan kritis menyikapinya.

 

Menurut artikel yang ada pada Jurnal Prosiding Serumpun II tahun 2020 disebutkan bahwa masyarakat telah dilindungi UU tentang perlindungan konsumen No. 8 tahun 1999.

 

Dikatakan bahwa peraturan tersebut menggaris bawahi kewajiban pihak produsen untuk memberi informasi senyata–nyatanya akan produk yang dibuat untuk menghindari pemalsuan ataupun tindak pelanggaran lainnya.

 

Dengan adanya ketentuan ini, maka hak konsumen untuk mendapatkan produk yang benar (tidak melanggar UUD) dan telah terjamin mutunya bisa dimiliki oleh siapapun juga.

 

Baca juga: 5 Pensil Alis Hits di Bawah 100 Ribu

 

Efek Negatif dari Produk Kosmetik Abal-abal

Harga yang murah dan opsi yang beragam memang menjadi daya tarik dari barang kosmetik ilegal. Namun, selalu ada konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan.

 

Agar tidak mudah tertipu, kalian bisa mengecek keaslian surat izin yang telah diberikan oleh BPOM sendiri.

 

Hal ini bertujuan untuk membantu konsumen menghindari segala risiko negatif dari produk palsu. Efek negatif ini sendiri cukup luas dan beragam.

 

Bahkan tidak sedikit yang menemukan kandungan kimia, arsenik, bahan kortikosteroid, jamur, hingga urine.

 

Dalam dunia kosmetik dan farmasi, efek yang diakibatkan karena bahan kosmetik palsu dapat berbahaya bagi kesehatan kulit, seperti menimbulkan alergi, hingga iritasi kulit.

 

Karena itulah, kalian harus selalu tahu cara mengecek informasi yang ada dalam kemasan produk.

 

Cara Mengecek Keaslian Kosmetik dari No. BPOM

Lantas, bagaimana kita bisa memastikan produk tersebut aman? Pastikan jangan lupa untuk selalu cek tanggal kadaluarsa dan label kandungan produk yang tertera.

 

Selain itu, selalu beli di toko kosmetik yang terpercaya untuk memastikan bahwa produk yang dijual memang asli.

 

Di indonesia sendiri, kalian dapat melakukan cek surat perizinan BPOM yang dimiliki produk tersebut melalui online. Cara ini terbukti cukup efektif untuk mengurangi masalah penipuan produk palsu.

 

Sebelum berbelanja kosmetik, sebaiknya kalian mengeceknya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kosmetik ini asli atau palsu. Berikut cara cek nomor BPOM kosmetik secara online.

 

1. Verifikasi Lewat Situs Resmi

Untuk mengecek produk kosmetik lewat BPOM, silahkan buka url cekbpom.pom.go.id. Setelah masuk, kalian bisa langsung mencari informasi produk kosmetik berdasarkan, nama, merk, komposisi, kemasan, bentuk sediaan, hingga nama pendaftarnya.

 

2. Cek dari Nama Produk, Merk, atau Kode Registrasi Produk

Jika ingin melakukan pengecekan atau cari izin BPOM, kalian dapat memasukkan informasi produk terkait. Tuliskan kata kunci sesuai dengan opsi pilihan yang tersedia.

 

Dengan mencari dari 3 opsi tersebut, kalian akan lebih mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan karena dari sumber nama merek, detail produk, dan nomor registrasi produk, kalian juga bisa langsung mendapatkan informasi yang jelas dan cepat tanpa harus memfilter lagi ataupun mencari satu per satu tiap item. 

 

Baca juga: Dari Hyaluronic Acid hingga Sunscreen, Ini Dia Rahasia Para Bintang Hollywood agar Tampil ON

 

3. Lihat Hasilnya Secara Teliti

Jika produk terdaftar, maka akan muncul spesifikasi dan nama produk yang telah diinput. Jika tidak ada dalam daftar, perlu waspada. Bisa juga hasil tersebut mengindikasikan produk mungkin telah ditarik dari pasaran, dalam pengawasan, atau tidak mendapat izin edar.

 

Selain mengakses dari halaman resmi BPOM, kalian juga dapat melakukan cek izin edar dengan menggunakan aplikasi ponsel. Aplikasi resmi dari BPOM tersebut bisa di download melalui PlayStore, salah satunya adalah PPID BPOM Mobile.

 

Cara melakukan pengecekan via aplikasi mobile juga sama dengan situs website. Dengan begitu, siapapun dapat dengan mudah menemukan keaslian produk kosmetik.

 

Itulah cara membedakan mana kosmetik asli dan yang palsu. Dengan mengetahui cara yang tepat, diharapkan kalian bisa terhindar dari produk-produk ilegal dan berbahaya bagi kesehatan.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping