Beauty In One Click

Yuk, Kenali 10 Ciri Kulit Sensitif pada Wajah

24 Aug 2021
ciri kulit sensitif pada wajah

Kulit sensitif menjadi salah satu permasalahan yang cukup menyulitkan. Bahkan, beberapa orang mungkin ada yang tidak menyadari bahwa jenis kulitnya sensitif.

 

Sebenarnya, apa itu yang dimaksud dengan kulit sensitif? Kulit sensitif adalah kondisi di mana kulit menjadi sangat reaktif terhadap bahan-bahan tertentu saat mengenai permukaan kulit.

 

Untuk mengetahui ciri kulit yang sensitif itu seperti apa bisa ditandai dengan munculnya ruam, beruntusan, rasa gatal, kulit terasa kering, hingga mengalami iritasi.

 

Penyebab kulit sensitif bisa berasal dari bahan kimia, polusi udara, paparan sinar matahari, perubahan hormon, dan keadaan suhu panas/dingin di lingkungan sekitar.

 

Bisa dikatakan, kulit sensitif ini mengacu pada berbagai kondisi yang cukup signifikan, seperti eksim, penyakit genetik, bahkan alergi dengan tingkatan yang cukup parah.

 

Untuk dapat menanganinya dengan baik, yuk kenali dulu seperti apa ciri kulit sensitif pada wajah.

 

1. Kulit Terasa Terbakar

Baik itu pembersih, alas bedak, tabir surya, atau pelembap akan diformulasikan khusus agar kulit terlindungi.

 

Namun, orang dengan kulit sensitif cenderung memiliki penghalang kulit yang lebih tipis dan membuat bahan-bahan dalam produk perawatan kulit menyengat atau terbakar.

 

Jika merasakan ciri kulit sensitif pada wajah, disarankan untuk memilih produk khusus yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, pastikan juga agar #BeautyHaulSquad tahu bagaimana cara merawat kulit sensitif agar gejala yang ditimbulkan tidak semakin parah.

 

2. Kulit Menjadi Kering

Kering dan iritasi pada kulit memang menjadi salah satu tanda-tanda eksim. Umumnya, kulit tidak bisa secara efektif merangkap kelembapan yang menyebabkan pengelupasan.

 

Apabila kulitmu terasa kering berlanjut ketika menggunakan suatu produk perawatan diri, kemungkinan kamu tidak cocok menggunakan produk tersebut.

 

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak dengan Kulit

 

3. Kulit Mudah Memerah

Kemerahan menjadi salah satu ciri kulit sensitif pada wajah. Entah itu penyebabnya adalah kecenderungan genetik, seperti rosacea atau hanya reaksi terhadap bahan bahan tertentu.

 

Bagi kalian yang memiliki kulit sensitif akan mengalami reaksi ini, disarankan untuk segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

4. Rawan Ruam dan Benjolan

Mengalami ruam yang cukup sering dan benjolan merah kecil merupakan salah satu tanda sensitivitas pada kulit.

 

Oleh karena itu, pastikan agar memeriksa terlebih dahulu produk dengan melakukan skin patch test, yaitu dengan mencoba mengoleskan sedikit produk pada belakang telinga atau siku untuk melihat hasilnya.

 

5. Merasa Gatal

Ciri lainnya yang akan ditemui ketika memiliki kulit sensitif yaitu terasa gatal namun tidak disertai bentol seperti digigit nyamuk. Gejala ini akan lebih buruk jika sering mencuci muka dengan menggunakan air panas.

 

Untuk itu, gunakan pelembap yang mengandung bahan ceramide untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

 

6. Memiliki Pembuluh Darah yang Mudah Rusak

Kapiler yang rusak akan mengacu pada pembuluh darah kecil. Hal ini bisa dilihat di dekat permukaan kulit yang sensitif dan sering terlihat di bagian hidung serta pipi.

 

7. Sensitif terhadap Sinar Matahari

Jika berjalan tanpa topi maupun pelindung lainnya seperti tabir surya, kemungkinan wajah akan memerah. Hal ini bisa berdampak pada ruam kulit di area tertentu, seperti wajah, lengan luar dan dada.

 

Untuk meredakan ciri kulit sensitif pada wajah, kenakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan hindari sunscreen yang mengandung titanium dioksida.

 

8. Mudah Berjerawat

Kulit sensitif dan kering dapat menghasilkan minyak ekstra. Hasilnya, pori-pori mudah tersumbat dan menyebabkan jerawat. 

 

Agar terhindar dari efek tersebut, maka disarankan untuk cuci muka tidak lebih dari dua kali sehari dengan pembersih yang lembut, dan pilih perawatan yang tidak menyebabkan iritasi.

 

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Perbedaan Purging dan Breakout

 

9. Tidak Cocok dengan Produk yang Mengandung Wewangian

Produk skincare yang mengandung wewangian memang harum, tetapi produk beraroma menjadi pemicu yang cukup berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif.

 

Pilih produk kecantikan yang bebas pewangi agar tidak memperparah kondisi kulit. Selain itu perhatikan juga produk minyak esensial, seperti kayu manis, cengkeh, dan peppermint karena dapat berdampak ke kulit sensitif.

 

10. Bereaksi terhadap Cuaca Buruk

Cuaca yang cukup berangin dan dingin juga menjadi pemicu utama bagi penderita rosacea. Kondisi ini bisa menyebabkan pembuluh darah membengkak. Jika ciri kulit sensitif pada wajah terjadi, maka akan timbul peradangan.

 

Jadi, carilah produk dengan bahan yang menenangkan seperti ekstrak calendula, chamomile, dan azulen. Disarankan juga untuk menggunakan skincare untuk kulit sensitif agar bisa meminimalisir dampaknya.

 

Itulah beberapa informasi yang harus anda ketahui mengenai ciri dari kulit yang sensitif. Temukan berbagai produk perawatan wajah di website www.beautyhaul.com.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping