9 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Mudah Gatal agar Kembali Normal

06 Aug 2021
cara mengatasi kulit sensitif

Apakah kalian memiliki kulit wajah sensitif dan mudah gatal? Bila iya, pasti sering mengalami alergi dan iritasi bukan?

 

Sebenarnya, apa itu yang dimaksud dengan kulit sensitif? Kulit sensitif adalah suatu keadaan kulit yang mudah bereaksi bila terkena bahan kimia maupun udara, karena efek dari penggunaan produk tertentu dan pengaruh dari lingkungan sekitar.

 

Beberapa faktor dari lingkungan sekitar yang bisa menjadi penyebab kulit menjadi sensitif dan mudah gatal adalah debu, polusi asap kendaraan, menopause, hingga adanya perubahan hormon.

 

Ciri kulit sensitif bisa diketahui dari munculnya ruam, beruntusan, rasa gatal, kulit terasa kering, hingga mengalami iritasi.

 

Lalu, apakah kulit sensitif bisa kembali normal? Dilansir dari situs Healthline, kulit sensitif bukanlah suatu penyakit yang bisa disembuhkan melainkan suatu respon alami dari tubuh dengan mereaksi zat-zat tertentu yang dirasa kurang baik.

 

Sampai saat ini belum ada cara untuk menyembuhkannya, yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi dampaknya dan mengurangi penggunaan produk yang bisa memicu masalah kulit sensitif.

 

Oleh karena itu, bagi kalian yang memiliki kulit sensitif bisa melakukan berbagai cara pencegahan yang cukup efektif. Salah satunya dengan pemilihan produk perawatan yang cocok dengan jenis kulit. 

 

Bila masih belum tahu, silakan baca Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak dengan Kulit. Dengan begitu, kamu bisa tahu bahan apa saja yang bisa membuat kulit wajah menjadi sensitif.

 

Sekarang saatnya kita melakukan beberapa perawatan kulit wajah secara khusus. Untuk mengatasi kulit wajah yang sensitif dan mudah gatal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

 

1. Gunakan Bahan yang Aman di Kulit

Produk pertama yang bisa digunakan dalam step skincare routine adalah produk pembersih dari COSRX Low Ph Good Morning Gel.

 

Produk yang satu ini merupakan pembersih wajah dengan efek yang menenangkan dan lembut pada kulit. Dengan tambahan ekstrak tea tree, produk ini ampuh untuk merawat kulit wajah yang sensitif dan mudah gatal dengan baik.

 

2. Menggunakan Toner Berbahan Ringan

Setelah membersihkan muka dengan bersih, maka saatnya menggunakan rangkaian produk toner. Kalian bisa memilih produk PURITO Centella Unscented Toner yang mengandung ekstrak Centella Asiatica sebesar 10%.

 

Sebagai tambahan, ada juga Panthenol yang meredakan iritasi dan memberikan efek menenangkan pada wajah.

 

3. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Siapa bilang kulit wajah sensitif dan mudah gatal tak membutuhkan produk eksfoliasi? Kalian bisa memanfaatkan produk Organic Supply Co French Pink Clay.

 

Terbuat dari kombinasi lempung merah dan lempung putih, produk ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mendetoksifikasi kulit dengan baik agar kulit wajah lebih sehat.

 

Baca juga: 10 Rangkaian Skin Care untuk Kulit Sensitif yang Wajib Digunakan

 

4. Aplikasikan Face Essence

Kulit memerlukan nutrisi terbaik, begitu juga dengan kulit sensitif. #BeautyHaulSquad bisa menggunakan produk dengan kandungan Centella Extract seperti NPURE Cica Face Essence.  Dengan kandungan alami yang ada di dalamnya mampu melindungi dan menghidrasi kulit dengan optimal.

 

5. Mengaplikasikan Moisturizer

Berikutnya ada produk dari Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel yang merupakan pelembap berbentuk gel yang juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang sensitif.

 

Dengan kandungan hypoallergenic certified, produk ini aman digunakan untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap normal.

 

6. Melindungi Wajah dari Paparan Sinar Matahari

Sebagai langkah untuk melindungi wajah dari sinar matahari secara langsung, disarankan untuk menggunakan produk sunscreen dengan SPF yang tinggi.

 

Salah satu rekomendasinya adalah produk dari brand Avoskin yang menyediakan produk sunscreen untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan sinar UVA dan UVB.

 

Semakin lengkap, terdapat kandungan Zinc Oxide dan Centella Asiatica yang aman untuk kulit sensitif.

 

7. Tambahkan Vitamin Drop

Bagi kalian yang ingin mendapatkan kulit sehat, maka bisa memilih produk dari Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop.

 

Produk yang satu ini bermanfaat untuk meremajakan kulit dan memberikan efek sehat pada kulit. Aplikasi secara rutin memberikan efek segar dan mengecilkan pori-pori di wajah dan mampu menutrisi kulit wajah dengan baik agar tetap sehat dan normal.

 

8. Memberikan Kulit Nutrisi

Selain menggunakan vitamin, ada baiknya jika memanfaatkan produk krim dari First Lab yaitu Probiotic Cream.

 

Produk yang satu ini mengandung prebiotik yang dapat menyeimbangkan komposisi wajah, apalagi pada kulit sensitif.

 

Acid pH yang ada di produk ini juga mampu membunuh bakteri jahat yang menyebabkan iritasi wajah.

 

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih Skincare, Yuk Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

 

9. Menggunakan Krim Malam

Sebagai pelengkap untuk merawat kulit sensitif, kalian bisa memanfaatkan produk Klairs Midnight Calming Cream. Krim malam ini membantu untuk melembutkan wajah dan menguatkan skin barriers agar kulit tidak mudah gatal.

 

Dengan begitu, wajah tetap sehat, dan segar seketika setelah penggunaan produk ini. Dengan serangkaian pemilihan produk yang tepat, tentu kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang diidamkan.

 

Meskipun memiliki kulit sensitif, kamu masih tetap aman menggunakan produk perawatan kulit. Asalkan, tahu bagaimana cara mengatasinya dan kandungan yang ada di dalam skincare tersebut.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping