Sering Salah Arti, Ini Perbedaan Purging dan Breakout

20 Apr 2021
Perbedaan Purging dan Breakout

Skincare routine menjadi salah satu rangkaian yang wajib dilakukan bagi setiap orang, apalagi wanita. Berbagai jenis produk perawatan pun digunakan agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Sayangnya, mencoba banyak skincare justru menimbulkan reaksi tertentu pada kulit loh, seperti misalnya purging dan breakout. Seperti apa perbedaan purging dan breakout? Yuk intip rangkuman yang telah dikumpulkan berikut!

 

Kenali Masalah dan Penyebabnya

Pernahkah #BeautyHaulSquad mencoba produk perawatan kulit baru? Jika menimbulkan reaksi panas dan jerawat, maka bisa jadi itu tahap pembersihan atau purging.

 

Purging ini merupakan salah satu fase awal di mana kulitmu melakukan penyesuain dengan produk baru dan membuat jerawat muncul secara tiba-tiba. Pada dasarnya,  proses purging ini akan bekerja dengan cara membersihkan sel kulit mati. Sehingga nantinya sel kulit baru akan muncul untuk menggantikan sel kulit mati yang dibersihkan.

 

Hal ini yang membuat kulitmu terlihat lebih baik daripada sebelumnya. Sembari menunggu sel kulit baru tersebut stabil, biasanya menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit sehingga rawan tersumbat dan menyebabkan jerawat.

 

Salah satu ciri dari purging biasanya akan memunculkan jerawat, di mana jenis jerawat ini nantinya tergantung pada jenis kulit yang #BeautyHaulSquad miliki.

 

Setiap orang dalam prosesnya akan memiliki jenis masalah kulit yang berbeda, mulai dari komedo terbuka, whitehead, jerawat pustula, jerawat batu, hingga jerawat papula. Jerawat inilah yang menyebabkan orang sering bingung dengan perbedaan purging dan breakout.

 

Jika dilihat sekilas saja, kedua masalah kulit baik purging dan breakout terlihat sama. Namun, faktanya, kedua gangguan kulit ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

 

Seperti yang sudah diketahui jika purging merupakan proses regenerasi sel kulit, di mana hal ini memunculkan masalah jerawat pada wajah. 

 

Purging akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu sampai satu bulan. Adapun penyebab masalah kulit ini sendiri yaitu kandungan asam alfa hidroksida pada kulit memicu pergantian sel kulit mati.

 

Yang jelas, purging muncul secara cepat dan proses penyembuhannya juga terbilang singkat. Sementara itu breakout merupakan sebuah tanda yang menunjukkan bahwa kulit Anda tidak cocok dengan skincare yang digunakan.

 

Berbeda dengan purging, breakout biasanya akan muncul di area yang tidak pernah mengalami masalah sebelumnya serta muncul dengan jumlah banyak dan ukurannya besar.

 

Melanjutkan menggunakan produk yang menyebabkan breakout hanya akan memperburuk kondisi wajah. Baiknya segera hentikan pemakaian.

 

Baca Juga: Somethinc Ceramic Skin Saviour, Moisturizer Tahan Hingga 18 Jam

 

Cara Mengatasi Masalah Purging dan Breakout

Apa yang harus dilakukan jika wajah  #BeautyHaulSquad mengalami masalah purging? Pada dasarnya, kamu tidak perlu takut apabila mengalami  gangguan purging pada wajah.

 

Pasalnya, hal ini akan membaik dengan sendirinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia.

 

Sebab, masalah kulit pada wajah ini bisa jadi merupakan respons terhadap penggunaan skincare yang sedang kamu gunakan.

 

Namun apabila hal ini masih berlangsung hingga 4 minggu setelah penggunaan, Segera konsultasikan dengan dokter kulit. Karena bisa saja hal tersebut merupakan kondisi serius yang perlu penanganan lebih lanjut. 

 

Breakout sendiri terjadi akibat dari penggunaan produk tertentu yang tidak cocok pada kulitmu. Cara mengatasinya adalah dengan menghentikan penggunaannya sementara waktu.

 

Alangkah baiknya catat kandungan bahan apa saja yang ada di dalam produk tersebut, dan kelompokkan mana saja ada yang cocok atau tidak cocok.

 

Dengan demikian, kamu jadi memiliki preferensi jika ingin membeli produk skincare selanjutnya. Beberapa kandungan yang bisa menyebabkan iritasi seharusnya dihindari seperti ester, silicon, ester, lanolin, dan alcohol.

 

Bukan hanya itu saja, produk-produk skincare yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida atau chemical exfoliants juga sebaiknya dihindari karena akan memperburuk kondisi kulit yang sedang mengalami gangguan.

 

Setelah mengetahui perbedaan purging dan breakout, sekarang saatnya kamu mencari produk apa saja yang bisa membantu untuk mengatasinya.

 

Mengoleskan sunscreen secara rutin pada kulit dapat melindungi kulit dari paparan UVB dan UVA sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dari purging atau breakout.

 

Purging dan breakout merupakan gangguan pada kulit wajah, bedanya purging merupakan reaksi yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, purging merupakan fase awal penggunaan skincare dan dapat sembuh secara cepat.

 

Sementara breakout masalah kulit yang perlu ditangani karena merupakan reaksi atas ketidakcocokan produk skincare.

 

Jadi sudah tahu kan #BeautyHaulSquad cara membedakan purging dan breakout sekarang?

 

Baca juga: Kenalan dengan AHA & BHA, Dua Jagoan untuk Eksfoliasi Kulit

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping