Terbukti Ampuh! 9 Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok Dengan Skincare

13 Oct 2021
ciri ciri kulit tidak cocok dengan skincare

Mencoba beberapa produk skincare memang tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah jika skincare tersebut memiliki reaksi dan membuat kulit wajah menjadi bermasalah. 

 

Jika sudah begitu, maka jangan panik. Sebab ada cara untuk mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare seperti di bawah ini.

 

1. Menghentikan Penggunaan Skincare 

Ciri-ciri kulit wajah tidak cocok dengan skincare bisa diketahui dari adanya rasa panas di kulit, gatal, maupun warna kulit berubah kemerahan. 

 

Bila sudah mengalaminya,salah satu dokter kulit dari klinik Bamed Skin Care Menteng yaitu Dr. Indah Widyasari, SpKK menyarankan untuk berhenti menggunakan produk skincare tersebut.

 

Hal ini perlu dilakukan sebagai langkah preventif untuk menjaga kulit agar tidak mengalami masalah yang lebih serius. 

 

2. Memperbaiki Skin Barrier 

Langkah selanjutnya yang tak boleh dilupakan yaitu dengan memperbaiki lapisan pelindung kulit. Skin barrier ini sangat penting untuk dijaga agar alergi yang terjadi pada kulit bisa teratasi dengan baik. Kulit yang sensitif dan kering akan memiliki lapisan pelindung yang kulit yang buruk. 

 

Karena alasan tersebut, kulit lebih rentan terkena alergi dan infeksi bakteri. Dianjurkan untuk mulai memperkuat lapisan pelindung dengan menggunakan pelembap dan rutin untuk membersihkan wajah. 

 

Pemilihan skincare yang memiliki bahan ringan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare tanpa merusak skin barrier dan untuk membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

 

Baca juga: 5 Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

3. Gunakan Bahan Skincare yang Sifatnya Ringan

Jika baru saja mengalami iritasi kulit wajah karena skincare, maka akan lebih baik untuk tidak menggunakan skincare dengan kandungan aktif yang terlalu tinggi. 

 

Kalian masih bisa menggunakan sunscreen ataupun moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat.

 

4. Memilih Skincare Sesuai Dengan Jenis Kulit

Ketika menggunakan produk skincare, maka disarankan agar tetap memilih skincare yang cocok untuk kulit yang dimiliki. Hal ini sangat penting agar tidak menyebabkan kulit menjadi iritasi atau bahkan alergi. 

 

Cobalah untuk memilih produk skincare yang mengandung bahan aloe vera, shea butter, ceramides, niacinamide, retinol, glycolic acid, lactic acid, salicylic acid, dan centella asiatica yang mampu menutrisi kulit dengan optimal.

 

5. Lakukan Patch Test

Hal ini termasuk dalam tindakan pencegahan sebelum memutuskan untuk membeli produk kecantikan, sebaiknya lakukan test terlebih dahulu untuk mengetahui reaksinya dengan kulit. Kalian bisa mencoba menggunakannya sedikit pada bagian belakang telinga ataupun bagian dalam tangan dan lihat bagaimana hasilnya.

 

6. Mencari Produk yang Non-comedogenic

Penyebab jerawat bisa terjadi karena bermacam-macam faktor,  mulai dari produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, pertumbuhan bakteri, dan masalah hormon. 

 

Jika masalah kulit jerawat terjadi karena produk perawatan kulit, maka penyebab dari masalah tersebut yaitu pori-pori yang tersumbat.

 

Hal ini bisa menyebabkan inflamasi sehingga menyebabkan jerawat yang lebih meradang. Untuk mengatasinya, lebih baik jika memilih produk makeup atau skincare yang non-comedogenic agar tidak menyebabkan jerawat pada kulit.

 

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih Skincare, Yuk Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

 

7. Menghindari Kandungan Produk yang Memicu Alergi

Salah satu cara yang paling jitu yaitu dengan menghindari produk dengan bahan-bahan tertentu tanpa efek samping berupa alergi pada kulit. Sebagai cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare, kalian bisa memilih produk yang bersifat hypoallergenic.

 

8. Tidak Memencet Jerawat 

Hal terbaik yang dapat dilakukan jika wajah berjerawat yaitu jangan menyentuhnya dengan tangan dan tidak mencoba memencet jerawat tersebut agar cepat pecah. 

 

Hal ini dikarenakan ada kemungkinan bakteri menempel di tangan, bila sampai terkena wajah justru dapat memperburuk kondisi jerawat dan memicu munculnya jerawat baru.

 

9. Berkonsultasi Dengan Dokter Kulit

Sebagai langkah terakhir, kalian bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis bila masalah ini semakin bertambah parah. Biasanya, dokter akan memberikan solusi yang dirasa tepat dengan keluhan dan juga masalah kulit yang dirasakan. 

 

Selain itu, dokter kulit juga akan memberikan obat radang  yang paling tepat dalam rangka mengurangi inflamasi pada kulit sebagai cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare. 

 

Gimana, jadi sudah tahu bukan bagaimana penanganan cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare? 

 

Yuk, bantu share konten ini biar makin banyak yang tidak keliru dalam penanganan skincare yang tidak cocok dengan kulit wajah mereka!

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping