6 Manfaat Centella Asiatica Pada Skincare untuk Kesehatan Kulit Wajah

20 Aug 2021
manfaat centella asiatica untuk kesehatan wajah

Jika kalian merupakan salah satu penggemar produk perawatan kulit dari Korea, tentu sudah tidak asing lagi mendengar tentang bahan Centella Asiatica.

 

Ekstrak tumbuhan yang satu ini digunakan untuk bahan pelembap pada berbagai jenis skincare karena kandungannya yang sangat baik untuk kulit.

 

Tentang Centella Asiatica (Daun Pegagan)

Apa itu Centella Asiatica? Centella Asiatica adalah daun hijau yang bentuknya mirip kipas dan banyak ditemui di negara Asia untuk digunakan sebagai obat tradisional.

 

Di Indonesia lebih sering dikenal dengan nama daun pegagan, daun kaki kuda, dan antanan. Selain itu, Centella Asiatica masih memiliki nama lainnya seperti rumput harimau, Brahmi, dan Gotu Kola.

 

Nama Centella Asiatica berasal dari bahasa latin yang termasuk dalam spesies C. asiatica, genus Centella, dan berasal dari famili Mackinlayaceae.

 

Ciri Centella Asiatica

  • Tumbuhnya selalu merambat
  • Memiliki banyak cabang yang membentuk tumbuhan baru
  • Daunnya berbentuk seperti ginjal
  • Memiliki buah kecil dengan bentuk lonjong dan terasa pahit

 

Kandungan Centella Asiatica

Dilansir dari situs Wikipedia, ada begitu banyak kandungan yang terdapat di dalamnya seperti, Asiaticoside, Brahmic Acid, Brahminoside, Brahmoside, Carotenoids, Centelloside, Hydrocotyle, Isothankuniside, Kalium, Kalsium, Madasiatic Acid, Madecassoside, Magnesium, Meso-inositol, Natrium, Tanin, Thankuniside, dan Vellarine.

 

Baca juga: 5 Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Kulit Wajah

 

Penelitian Tentang Centella Asiatica untuk Perawatan Kulit

Meskipun habitat asli dari tumbuhan yang satu ini terkesan liar, namun sudah banyak studi yang membuktikan jika Centella Asiatica memiliki manfaat yang berlimpah.

 

Salah satu penelitian yang dimuat pada Jurnal Science Direct menunjukkan, ada banyak kandungan baik yang ada dalam tumbuhan tersebut.

 

Berkat senyawa aktifnya, termasuk madecassoside, yang berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat Centella Asiatica sudah terbukti dari beberapa studi yang ada karena kandungan antioksidan kuat dan sumber asam amino yang cukup melimpah.

 

Selain itu, ada penelitian tambahan yang menunjukkan bahwa itu adalah bahan pelembap yang baik untuk menenangkan kulit yang bermasalah (Sumber: ncbi.nlm.nih.gov).

 

Manfaat Centella Asiatica

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini berbagai manfaat Centella Asiatica untuk kesehatan kulit wajah.

 

1. Sebagai Antioksidan yang Baik

Seperti yang sudah diketahui, Centella Asiatica ini kaya akan flavonoid dan madecassoside. Kedua zat tersebut merupakan senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh, khususnya kulit.

 

Tak hanya itu saja, kedua zat tersebut bekerja secara optimal dengan cara melindungi kulit dari adanya polusi udara, paparan sinar matahari, bahkan zat radikal bebas lainnya.

 

2. Mengurangi Peradangan Kulit

Manfaat Centella Asiatica juga dikenal dengan anti inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi iritasi kulit dengan cara menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi.

 

3. Dapat Melembapkan Kulit dengan Baik

Menurut data dari situs healthline.com, Centella Asiatica mengandung banyak sekali senyawa yang bermanfaat. Beberapa diantaranya yaitu beta-karoten, fitokimia, dan bahan asam amino untuk menghidrasi kulit dengan baik.

 

Kulit yang kering dan juga iritasi pun bisa diatasi dengan cara penggunaan produk berbahan dasar ekstrak tumbuhan pegagan ini.

 

Baca juga: Fungsi Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

 

4. Berfungsi untuk Menyembuhkan Luka Bekas Jerawat

Salah satu kegunaan Centella Asiaticaadalah untuk membantu stimulasi kolagen agar membantu pertumbuhan sel kulit baru.

 

Terlebih masalah bekas jerawat ini membutuhkan waktu lama. Dengan fungsi Centella Asiatica yang luar biasa, maka bekas luka dan jerawat bisa disamarkan dengan baik.

 

5. Efektif Mencegah Penuaan Dini

Jaringan kolagen pada kulit yang menurun dapat menjadi sumber dari tanda penuaan. Penyebabnya tentu sangat beragam, mulai dari terpapar polusi, kurangnya nutrisi, hingga kurangnya perawatan kulit wajah.

 

Dengan memanfaatkan kandungan antioksidan pada Centella Asiatica, maka dapat meningkatkan kadar kolagen serta membuat wajah lebih awet muda.

 

6. Memiliki Efek Detoksifikasi

Penelitian dari PubMed tahun 2017 menunjukkan jika daun pegagan atau Centella Asiatica berguna untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal.

 

Studi ini menunjukkan jika secara keseluruhan Centella Asiatica bisa digunakan untuk detoksifikasi, sehingga membuat tubuh lebih sehat. 

 

Itulah daftar manfaat yang bisa didapatkan dari Centella Asiatica sebagai bahan alami skincare.

 

Bila kalian mencari produk skincare yang mengandung bahan aktif tersebut, ada beberapa rekomendasi produk yang bisa digunakan yaitu:

 

 

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping