Mengenal Perbedaan Cleanser dan Facial Wash dalam Rangkaian Skincare

09 Nov 2021
perbedaan cleanser dan facial wash dan cara menggunakan

Dalam rangkaian skincare, membersihkan wajah merupakan langkah awal. Penggunaan  cleanser atau facial wash menjadi hal yang wajib dilakukan. 

 

Tidak hanya cleanser dan facial wash saja, produk pembersih wajah yang kerap dijadikan sebagai langkah awal skincare memiliki beberapa jenis seperti facial foam dan facial scrub. 

 

Masing masing jenis produk pembersih wajah ini tentunya memiliki perbedaan antara satu sama lain. Yuk, kenali lebih dekat setiap jenis produk pembersih wajah dan manfaatnya.

 

1. Facial Cleanser

Umumnya, Facial cleanser adalah produk pertama yang digunakan sebelum memulai daily routine skincare. Cleanser berguna membersihkan wajah dari kotoran dan make up. 

 

Facial cleanser juga merupakan solusi dalam menghilangkan minyak di wajah dan berbagai kotoran yang menempel sebelum mengaplikasikan kosmetik di wajah.

 

Wajah yang bersih dapat membuat make up menempel dengan baik, sehingga hasil pun menjadi lebih optimal. 

 

Penggunaan facial cleanser ini juga cukup praktis karena tanpa busa, sehingga tidak perlu dilakukan proses bilas setelah menggunakannya.

 

2. Facial Wash

Facial wash adalah produk skincare yang berguna sebagai pembersih wajah. Face wash sendiri biasanya diformulasikan dalam berbagai bentuk seperti gel, busa, hingga batangan.

 

Banyaknya bentuk face wash ini juga berbanding lurus dengan banyaknya jenis manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan face wash. 

 

Saat sendiri juga ini sudah banyak face wash yang diformulasikan khusus untuk berbagai tipe kulit seperti jenis kulit normal, kombinasi, kering, hingga kulit sensitif. 

 

Perbedaan cleanser dan facial wash sendiri bisa dilihat dari cara penggunaannya. Cara menggunakan face wash adalah membasuh wajah dan mengaplikasikan face wash hingga berbusa. 

 

Busa ini adalah kandungan astringent yang menandakan bahwa produk tersebut benar benar membersihkan pori pori wajah dari debu, kotoran, polusi serta minyak berlebih di wajah. 

 

Sementara itu, cara menggunakan cleanser biasanya tanpa perlu membasuh wajah. Umumnya produk cleanser dibuat dengan tekstur sedikit cair agar dapat membantu membersihkan wajah tanpa perlu dibilas. 

 

Baca juga:5 Kandungan yang Sebaiknya Dihindari Saat Membeli Face Wash

 

3. Facial Foam

Secara umum, facial foam bisa dibilang termasuk facial wash namun bentuknya berupa busa. Kelebihan facial foam sendiri adalah teksturnya yang ringan sehingga efektif mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang ada di wajah. 

 

Umumnya, produk facial foam ini untuk para pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini karena meski efektif menyerap minyak berlebih di wajah tetapi tidak membuat kulit menjadi kering dan iritasi. 

 

4. Facial Scrub

Sama seperti facial foam, facial scrub juga termasuk ke dalam kategori facial wash. Hanya saja, produk pembersih wajah satu ini tidak sekadar sabun. 

 

Facial scrub mempunyai butiran scrub halus yang dapat mengoptimalkan pembersihan wajah dengan mengangkat sel kulit mati. Penggunaan facial scrub ini juga sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.

 

Mana yang Sebaiknya Digunakan?

 

Setelah mengetahui detail fungsi dan cara menggunakannya, tentu #beautyhaulsquad mulai bertanya produk mana yang sebaiknya digunakan? 

 

Sebelum memutuskan produk mana saja yang perlu digunakan, ada baiknya mengenali terlebih dahulu jenis kulit dan permasalahan yang kamu miliki.

 

Setiap produk perawatan kulit saat ini kebanyakan sudah diberi label apakah cocok untuk kulit berminyak, kering, kombinasi, sensitif, normal, maupun cocok untuk semua tipe kulit.

 

Menggunakan face cleanser bersamaan dengan face wash juga pada dasarnya diperbolehkan. Hal ini dikenal dengan proses double cleansing, bahkan bisa triple cleansing dengan menambahkan penggunaan micellar water.

 

Untuk proses triple cleansing, gunakan micellar water terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan dengan face cleanser lalu face wash.

 

Double cleansing atau triple cleansing tersebut sangat tepat dilakukan apabila #beautyhaulsquad termasuk orang yang sering beraktivitas diluar ruangan dan menggunakan riasan wajah.

 

Jadi adanya perbedaan cleanser dan facial wash tidak lantas membuat kamu harus memilih antara salah satunya. Kamu bisa menggunakan keduanya setelah menyesuaikan kandungan skincare.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping