10 Manfaat dan Efek Samping Glycerin dalam Skincare untuk Kesehatan Kulit

03 Dec 2021
manfaat glycerin untuk wajah

Meskipun namanya tidak sepopuler niacinamide, namun glycerin punya beragam manfaat untuk kulit. Nah, bagi #BeautyHaulSquad yang bertanya, apa itu glycerin? Dan apa kegunaan glycerin?

 

Salah satu manfaat glycerin adalah untuk meningkatkan kelembapan kulit. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Berikut ini berbagai manfaat glycerin untuk kecantikan wajah.

 

 

1. Melembutkan Tekstur Kulit

Apabila ingin memiliki permukaan kulit yang lembut, kandungan glycerin di dalam skincare dapat menutrisi kulit dengan baik dari luar dan dalam. 

 

Dengan sifat glycerin yang dapat menahan kadar air di dalam kulit, maka kulit akan jadi lebih lembap dan tidak mudah kering.

 

 

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat glycerin berikutnya yaitu mampu mencegah penuaan dini. Di mana kemampuan glycerin dalam mengunci kelembapan kulit, sehingga wajah akan tampak terlihat lebih cerah dan awet muda. 

 

Tidak hanya itu saja, kandungan gliserin juga sangat baik untuk meregenerasi dan menutrisi kulit, sehingga akan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

 

3. Mencegah Jerawat Muncul

Selain mencegah penuaan dini, kegunaan glycerin juga bisa membantu mencegah jerawat di wajah. 

 

Karena zat ini termasuk senyawa kimia yang bisa membersihkan pori-pori kulit dengan efisien, sehingga pori-pori kulit tidak tersumbat. 

 

 

4. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Salah satu kegunaan glycerin untuk wajah yaitu mampu menjaga kulit tetap kenyal walaupun kita melakukan aktivitas seharian. 

 

Hal ini bisa terjadi karena di dalam glycerin terdapat kandungan emolien yang mampu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tetap elastis. 

 

 

5. Melindungi Kulit dari Bahaya Radikal Bebas

Glycerin berfungsi untuk meningkatkan kemampuan skin barrier dengan cara mempertebal lapisan epidermis kulit, sehingga dapat menjaga kulit dari bahaya sinar UVA, UVB, serta radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

 

 

6. Dapat Digunakan Sebagai Toner

Toner adalah salah satu produk skincare yang penting dalam rangkaian perawatan kulit. Dalam hal ini, #BeautyHaulSquad bisa memanfaatkan glycerin untuk digunakan sebagai toner pada rangkaian skincare. 

 

Baca juga: 5 Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Kulit Wajah

 

 

7. Glycerin Dapat Dikombinasikan dengan Bahan Lain

Dengan bahan aktif yang sudah terbukti aman digunakan dalam banyak produk perawatan wajah, glycerin dapat dikombinasikan dengan kandungan bahan aktif lainnya.  

 

 

8. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Dilansir dari situs National Library of Medicine - National Institutes of Health dengan konsentrasi tinggi, glycerin mampu menurunkan jumlah mikroba pada kulit dan membantu merawat luka, sehingga proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat.

 

 

9. Melembapkan Kulit

Kemampuan glycerin yaitu mampu menarik air naik ke permukaan kulit, sehingga kulit akan tetap terhidrasi dengan baik. 

 

Selain itu, glycerin juga dapat memperlambat penguapan air dari permukaan kulit, sehingga glycerin sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering.

 

 

10. Mencerahkan Kulit

Saat #BeautyHaulSquad menggunakan produk yang mengandung glycerin, proses pengangkatan sel kulit mati bisa menjadi lebih cepat, sehingga sel-sel kulit dapat beregenerasi dengan baik.

 

Baca juga: 7 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kecantikan Kulit Tubuh dan Wajah

 

 

Efek Samping Glycerin yang Harus Diwaspadai

Walaupun relatif aman digunakan, nyatanya penggunaan glycerin yang berlebihan justru dapat membuat kulit lebih mudah kering, mengalami iritasi, hingga terasa terbakar. 

 

Hal ini bisa terjadi karena glycerin akan mengambil cadangan air dari lapisan kulit terdalam. Bila terlalu lama berada di lingkungan yang panas, tentu kadar air dalam tubuh juga akan habis.

 

Dilansir dari situs Hellosehat.com, disarankan untuk memilih produk pelembap atau moisturizer dengan kandungan glycerin yang dapat mencegah penguapan kadar air di kulit. 

 

Dengan begitu, #BeautyHaulSquad bisa mendapatkan ekstra perlindungan yang maksimal karena pada dasarnya pelembap juga bekerja dengan memberikan lapisan pelindung pada permukaan kulit.

 

Melihat deretan manfaatnya, tidak heran jika saat ini glycerin banyak dimanfaatkan dalam produk skincare seperti pelembap, krim wajah, toner, sabun cuci muka, sampai serum wajah. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih kandungan bahan aktif dalam produk perawatan wajah ya #BeautyHaulSquad!

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping