13 Manfaat Kandungan Niacinamide dan Efek Sampingnya untuk Kulit Wajah

30 Nov 2021
manfaat kandungan niacinamide

Niacinamide adalah salah satu zat yang berasal dari Niacin atau vitamin B3 yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

 

Kandungan niacinamide ini didapatkan dari makanan sehari-hari, seperti sayuran hijau, daging ikan, susu, hingga kacang-kacangan.

 

Tak jarang #BeautyHaulSquad akan menemukan produk-produk skincare yang memiliki kandungan niacinamide di dalamnya. 

 

Lantas, apa saja fungsi niacinamide? Berikut ini berbagai manfaat niacinamide untuk kulit wajah yang bisa didapatkan. 

 

 

1. Menangkal Radikal Bebas 

Salah satu manfaat niacinamide adalah sebagai pelindung kulit dari paparan radikal bebas yang berbahaya di kulit. 

 

Itu mengapa banyak produk skincare yang mau menggunakan kandungan aktif yang satu ini karena efektif dalam merawat kesehatan kulit wajah.

 

 

2. Mengendalikan Produksi Minyak Berlebih

Produksi minyak berlebihan pada kulit wajah bisa menjadi penyebab jerawat. Niacinamide berfungsi untuk mengatur produksi minyak tersebut melalui kelenjar sebaceous yang akan bekerja untuk mengatur keseimbangan minyak pada kulit. 

 

 

3. Mengatasi Jerawat 

Karena mampu mengontrol produksi sebum atau minyak alami kulit, maka niacinamide dapat bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat. 

 

Dilansir dari penelitian di jurnal internasional dermatologi, bahwa penggunaan 4% niacinamide sebanyak 2 kali sehari selama 8 minggu secara rutin juga dapat mengurangi breakout pada wajah. 

 

 

4. Menyembuhkan Masalah Iritasi Kulit

Dengan manfaatnya yang beragam, niacinamide juga bisa mengurangi peradangan ataupun iritasi kulit karena mengandung bahan aktif yang dapat terserap dengan mudah ke lapisan pori-pori terdalam kulit.

 

 

5. Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Niacinamide mampu mendorong produksi ceramide di dalam kulit, yang di mana berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit.

 

Baca juga: 9 Kandungan Skincare yang Dapat Mencerahkan Wajah

 

 

6. Memberi Fungsi Anti-Aging

Untuk mencegah penuaan dini atau anti aging, #BeautyHaulSquad bisa mempercayakannya pada niacinamide. Gak hanya niacinamide tapi produk perawatan kulit dengan kandungan retinol, serta vitamin C seringkali dicari oleh banyak orang. 

 

Kandungan niacinamide bermanfaat untuk menjaga kulit tetap plump dan membuat kulit selalu tampak segar. 

 

 

7. Meminimalisir Munculnya Garis Halus dan Keriput 

Salah satu fungsi niacinamide untuk wajah adalah mengurangi kerutan dan garis halus yang muncul. Kondisi ini bisa didapatkan karena peningkatan produksi keratin di dalam kulit. 

 

 

8. Meratakan Warna Kulit

Dengan kandungan vitamin B3 di dalam kulit, niacinamide dapat memberikan nutrisi yang baik dari dalam. Hal ini dapat menjadi keuntungan karena manfaat niacinamide yang mampu mengatasi hiperpigmentasi di kulit. 

 

Dilansir dari situs Healthline, dengan 5% kandungan niacinamide sudah bisa membantu mengurangi bintik hitam, meningkatkan kolagen, dan meratakan warna kulit secara menyeluruh. 

 

 

9. Meningkatkan Skin Barrier

Suatu penelitian tentang niacinamide dan kulit yang ada di pubmed, menjelaskan bahwa kandungan ini efektif dalam meningkatkan protein sintesis atau keratin yang mampu membuat skin barrier atau pelindung alami kulit menjadi lebih kuat.

 

Kondisi ini berefek pada stimulasi peningkatan zat ceramide, sehingga kedua protein tersebut akan membuat kulit lebih sehat dan kencang. 

 

 

10. Mengurangi Stres Oksidatif pada Kulit

Stres oksidatif dapat terjadi karena jumlah radikal bebas seperti pancaran UV, polusi, hingga virus, kadarnya berlebihan pada kulit. Dalam hal ini, niacinamide dikenal mampu meningkatkan tingkat antioksidan di dalam tubuh. 

 

Sehingga, kulit mampu membangun sel-sel kulit yang berguna untuk mencegah terjadinya pemicu stres oksidatif. 

 

 

11. Mengecilkan Pori-pori 

Sebuah penelitian di Journal of Clinical Aesthetic Dermatology menemukan bahwa niacinamide dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, membersihkan debu, dan kotoran yang menempel agar wajah tampak lebih halus dan sehat.

 

 

12. Mencegah Munculnya Eksim

Kondisi reaksi alergi pada kulit atau eksim bisa terjadi dalam bentuk gatal, kemerahan, dan kerusakan pada lapisan kulit. 

 

Dalam hal ini, penggunaan niacinamide akan mengurangi kondisi iritasi pada mereka yang mengalami eksim karena efek antioksidan yang dihasilkan sekaligus adanya peningkatan kelembaban kulit. 

 

 

13. Menghaluskan Kulit

Manfaat niacinamide terakhir adalah untuk mencegah kulit berubah kasar dan bersisik. Hal ini bisa terjadi bila #BeautyHaulSquad terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung tanpa menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. 

 

Dengan kandungan vitamin B3 yang dapat menghidrasi kulit, maka seseorang akan lebih aman dan tidak berisiko terkena actinic keratosis.

 

Baca juga: Jangan Salah! Ini 9 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Digunakan Bersamaan

 

Efek Samping Niacinamide di Kulit

Dilansir dari situs webmd.com, penggunaan niacinamide sangat aman untuk kulit dan sangat aman digunakan. Namun, bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan skincare dengan kandungan niacinamide ini harus diperhatikan takarannya. 

 

Bila terlalu sering digunakan, bisa menimbulkan efek samping yaitu muncul kemerahan, rasa gatal, hingga iritasi kulit.

 

Jika hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian produk skincare dan konsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Itulah beberapa manfaat kandungan niacinamide untuk kesehatan kulit wajah. Perawatan kulit wajah yang tepat dimulai dari pemilihan bahan kandungan skincare yang sesuai, dengan begitu #BeautyHaulSquad bisa memiliki kulit wajah yang sehat dan awet muda.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping