6 Ciri-ciri Purging pada Wajah dan Kapan Akan Berakhir?

11 Jan 2022
ciri ciri purging akan berakhir

Dalam menggambarkan kondisi kulit, biasanya banyak istilah yang digunakan oleh pakar kecantikan. Misalnya ketika muncul bintik-bintik merah kecil seperti jerawat setelah anda mencoba skincare atau kosmetik baru. 

 

Bintik tersebut bukan dikenal sebagai jerawat, melainkan purging. Apa yang dimaksud dengan purging dan bagaimana ciri-cirinya? 

 

 

Apa itu Purging Wajah?

Purging adalah reaksi dari kulit terhadap produk perawatan dengan bahan aktif tertentu yang akhirnya memicu pergantian sel kulit baru. 

 

Dilansir dari situs healthline.com, menurut Dr. Deanne Mraz Robinson yang merupakan spesialis dokter kulit mengatakan bahwa saat mengalami purging pergantian sel kulit akan semakin cepat, hal ini berarti kulit bisa beregenerasi menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih sehat.

 

Contohnya seperti bahan retinoid, AHA, BHA, atau berbagai produk lainnya yang berjenis peeling dan scrub. Ketika mengalami hal tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang merasa cemas kemudian menyimpulkan bahwa produk kecantikan terkait tidak cocok dengan kulit mereka.

 

Padahal gejala pada kondisi tersebut atau ciri-ciri purging, tidak selalu mengindikasikan bahwa produk kecantikan yang digunakan tidak cocok dengan kulit. 

 

Karena bisa jadi bintik-bintik yang muncul ini justru menunjukkan bahwa produk yang digunakan sedang bekerja mengeksfoliasi kulit. Sebab dalam dunia kecantikan, istilah purging diambil dari kata purge yang memiliki arti yaitu pembersihan. 

 

Hal ini bisa terjadi saat menggunakan produk dengan bahan aktif salicylic acid(asam salisilat) dan benzoil peroksida yang bisa membersihkan hingga ke lapisan paling bawah kulit.

 

Sehingga bahan kimia aktif yang mempunyai kemampuan penetrasi tersebut akan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Agar tidak semakin bingung, yuk kita kenali apa saja tanda-tanda purging.

 

Ciri-Ciri Purging di Wajah

 

1. Kulit Mengelupas

Ciri yang paling mudah dikenali dari kondisi purging adalah kulit wajah yang mengelupas. Karena hal tersebut terjadi lantaran proses pergantian sel kulit mati dengan sel kulit yang baru. 

 

Lapisan pertama kulit atau kulit epidermis akan mengelupas. Itu adalah tanda bahwa produk yang digunakan sedang memberikan reaksi atau menunjukkan hasil kerjanya.

 

 

2. Muncul Kemerahan

Tanda purging berikutnya yaitu kulit wajah akan tampak kemerahan. Jika mengalami kondisi tersebut, jangan langsung panik. Karena kulit yang kemerahan juga bisa menjadi indikasi dari kondisi proses pembersihan sel kulit. Selama masa purging, hindari menyentuh area kulit yang kemerahan dengan tangan.

 

Baca juga: 12 Macam Masalah Kulit Wajah yang Paling Sering Dialami

 

 

3. Adanya Jerawat

Tidak hanya terlihat kemerahan, biasanya jerawat juga akan muncul pada beberapa kondisi purging. Mungkin #BeautyHaulSquad akan merasa tidak nyaman dengan adanya jerawat tersebut, namun umumnya kondisi ini hanya berlangsung sementara waktu saja. 

 

Biasanya jerawat karena purging hanya muncul pada area yang memang sering ditumbuhi oleh jerawat.

 

 

4. Terasa Gatal

Meskipun merasa tidak nyaman, rasa gatal tersebut masih tergolong ringan dan biasanya berlangsung tidak lama. Yang mana rasa gatal ini sendiri diprediksi terjadi lantaran sel kulit sedang melawan sisa racun yang masih menempel di kulit wajah.

 

 

5. Dapat Berbentuk Komedo Putih

Purging tidak hanya berupa bintik kemerahan seperti jerawat, tapi bisa juga ditandai dengan komedo yang berwarna putih.

 

Kedua permasalahan tersebut, baik itu jerawat atau komedo putih, berasal dari kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum terlalu banyak, sehingga kelenjar bercampur dengan sel kulit mati, kemudian terperangkap di dalam pori-pori kulit.

 

Baca juga: 12 Rekomendasi Skincare yang Cocok untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

 

 

Perbedaan Purging dengan Jerawat

Banyak orang yang salah mengartikan dan mengenali purging. Di mana sebagian besar orang menyebutnya sebagai jerawat atau bahkan infeksi karena penggunaan produk skincare atau kosmetik tertentu. Nyatanya, purging ini bukan keduanya.

 

Jerawat atau breakout terjadi akibat ketidakcocokan antara kulit wajah dengan bahan tertentu dari produk kecantikan yang digunakan. 

 

Kondisi ini akan menunjukkan jerawat yang bervariasi, tapi tidak menutup kemungkinan dapat disertai dengan pembengkakan, rasa nyeri, sampai peradangan atau infeksi pada kulit. 

 

Seringkali jerawat justru timbul pada bagian wajah yang jarang atau bagian kulit yang tidak pernah berjerawat sebelumnya.

 

Di lain sisi, purging biasanya berukuran kecil dan lebih dari 1. Selain itu, perbedaan purging dan jerawat juga bisa dilihat dari jangka waktu terjadinya. 

 

Karena purging jauh lebih cepat menghilang bila dibandingkan dengan breakout. Berikut ini ulasan lengkap mengenai perbedaan purging dan jerawat yang bisa kalian ketahui. 

 

 

Berapa Lama Proses Purging?

Menurut dokter spesialis kulit, purging akan berakhir dalam waktu 4 - 6 minggu tergantung seberapa parahnya kondisi kulit. Bila prosesnya lebih lama dari itu, sebaiknya segera temui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan medis.

 

Biasanya, ciri-ciri purging akan berakhir ditandai dengan menghilangnya jerawat, kemerahan, komedo putih, hingga rasa gatal yang terjadi. Setelah itu,  akan muncul kulit baru yang lebih sehat di mana kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah bila dibandingkan sebelumnya.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping