Beauty In One Click

8 Cara Mengetahui Undertone Warna Kulit

25 Oct 2021
8 Cara Mengetahui Undertone Warna Kulit

Bagi para wanita, menggunakan kosmetik dalam keseharian sudah menjadi hal yang wajar untuk menunjang penampilan. Agar penampilan semakin menarik, biasanya penggunaan riasan atau aksesoris lainnya juga seringkali dilakukan. 

Hal penting yang tidak boleh terlupakan adalah memilih shade yang sesuai dengan warna dasar kulit. Kalian pasti pernah menemukan kasus seperti ini, terdapat 2 orang perempuan yang terlihat mempunyai warna kulit yang sama namun mereka tidak cocok bila harus menggunakan warna lipstik yang sama juga.

Penyebabnya adalah karena undertone kulit kedua perempuan tersebut berbeda, meskipun skin tone atau warna kulitnya sama. 

 

Undertone merupakan warna dasar kulit yang ditentukan oleh keturunan atau gen, sehingga undertone cenderung tidak bisa berubah meskipun dipengaruhi berbagai faktor dari luar.

Secara umum, undertone sendiri terbagi menjadi tiga jenis yakni netral, warm, dan juga cool tone yang dapat dimiliki oleh seseorang sebagai warna dasar kulit mereka. 

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui jenis warna undertone-nya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan undertone kulit.

 

 

1. Cek Warna Pembuluh Darah

Cara melihat undertone kulit yang pertama bisa dilakukan dengan mengecek warna pembuluh darah yang berada di pergelangan tangan. 

Apabila warna nadi merupakan kombinasi antara ungu dan hijau, itu berarti undertone kulit termasuk jenis netral. 

Jika warnanya ungu, berarti termasuk jenis cool undertone dan apabila berwarna hijau berarti warm undertone. 

 

 

2. Lihat Reaksi Kulit Ketika Terkena Sinar Matahari

Ketika melakukan aktivitas di luar ruangan atau di bawah paparan sinar matahari cukup lama, coba perhatikan bagaimana kulit bereaksi terhadap sinar matahari. 

Jika kulit lebih mudah terbakar dan menunjukkan warna pink kemerahan, maka undertone kulit termasuk jenis cool undertone. Disarankan untuk lebih rutin menggunakan sunscreen agar kulit tidak terbakar. 

Apabila kulit tidak bereaksi terbakar dan justru menampilkan warna kecoklatan setelah terpapar sinar matahari, maka jenis kulit kalian termasuk warm tone.

 

 

3. Gunakan Perhiasan Emas dan Perak

Cara cek undertone kulit selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan perhiasan emas dan perak atau yang berwarna silver. 

Umumnya, pemilik warm undertone akan membuat perhiasan emas menjadi tampak glowing saat menggunakannya. Sementara, untuk cool undertone lebih cocok dengan warna perak, sedangkan netral bisa menggunakan keduanya.

 

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Menggunakan Tisu

 

 

4. Lakukan White Test

White test bisa dilakukan misalnya menggunakan kertas putih atau handuk putih. Caranya yaitu dengan meletakkan benda putih tersebut di samping wajah tanpa riasan. 

Coba perhatikan bagaimana kulit wajah saat disandingkan dengan kertas atau handuk putih, apakah terlihat menjadi cerah atau justru pucat?

 

Apabila tidak terlalu bisa melihat perbedaannya, maka undertone yang dimiliki termasuk jenis netral. 

Jika kulit tampak tidak bercahaya dan memucat atau kekuningan, maka itu berarti termasuk kategori warm tone. Untuk pemilik cool undertone, kulit wajah akan terlihat bercahaya atau cenderung berwarna pink.

 

 

5. Tes Warna Pakaian

Melakukan tes warna pakaian juga bisa menjadi cara alternatif mengetahui undertone kulit dan sangat mudah dilakukan. 

Jika warna pakaian kuning, merah, dan olive green terlihat serasi di kulit, maka kalian memiliki jenis kulit yang warm undertone. Sementara cool undertone lebih cocok dengan warna biru, ungu, dan hijau emerald.

 

 

6. Gunakan Cat Kuku Warna Hijau dan Biru

Bagi perempuan, cat kuku layaknya sebuah makeup bagi wajah yang digunakan untuk mempercantik penampilan. 

Tidak hanya itu, ternyata cat kuku warna biru dan hijau juga bisa digunakan untuk mengetahui undertone kulit. 

Jika lebih cocok warna biru, maka undertone kulit anda termasuk tipe cool. Sebaliknya, jika lebih cocok dengan warna hijau maka itu berarti kulit termasuk tipe warm.

 

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih Skincare, Yuk Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

 

 

7. Perhatikan Warna Mata

Untuk menentukan jenis undertone warna kulit juga bisa dilihat dari bola mata. Biasanya, bola mata yang berwarna hijau, hazel dengan bintik keemasan, dan coklat umumnya tergolong warm tone. Sementara, pemilik bola mata berwarna biru dan abu-abu pekat termasuk kategori cool tone.

 

 

8. Periksa Bagian Belakang Telinga

Cara mengetahui undertone kulit yang satu ini bisa dilakukan dengan bantuan teman atau salah seorang anggota keluarga. Mintalah mereka untuk melihat warna kulit di bagian belakang telinga. 

Apabila warnanya kekuningan maka termasuk jenis warm tone dan jika berwarna pink kemerahan maka termasuk cool tone. Namun, bila tidak keduanya maka termasuk jenis neutral tone.

 

 

Itulah beberapa cara mengetahui warna undertone kulit sendiri. Dengan mengetahuinya, kalian bisa lebih mudah menemukan produk kosmetik atau makeup yang sesuai jenis kulit.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping