Apa Itu Double Cleansing ? Yuk Intip Cara dan Manfaatnya

30 Dec 2021
manfaat double cleansing

Double cleansing mungkin bukan hal yang asing bagi kalian yang sudah lama kenal dengan dunia skincare. Proses double cleansing sendiri memang banyak disarankan oleh pakar kecantikan.

 

Meski istilah ini sudah begitu akrab di telinga kebanyakan orang, tapi banyak yang belum tahu apa itu double cleansing sebenarnya. Biar tidak keliru dalam melakukannya, yuk intip pengertian hingga manfaat dari double cleansing tersebut.

 

 

Pengertian Double Cleansing

Double cleansing adalah sebuah tahapan dalam proses pembersihan, di mana dalam proses ini dilakukan dua tahap pembersihan. Double cleansing sangat disarankan saat kamu banyak beraktivitas di luar ruangan atau setelah menggunakan makeup.

 

Jadi double cleansing ini memang kegiatan untuk membersihkan wajah menggunakan dua jenis pembersih wajah yang berbeda serta dengan dua tahap pembersihan. Di mana tahap yang pertama yaitu menggunakan pembersih wajah, yang umumnya memiliki bahan dasar seperti air, minyak, atau susu untuk membersihkan makeup dan kotoran yang menempel di wajah.

 

Tujuan dari double cleansing pada tahap pertama adalah menghindari penyumbatan pori-pori di wajah. Karena bekas makeup ditambah polusi udara bisa mengakibatkan hal tersebut. 

 

Sementara itu, untuk tahap kedua dilakukan dengan menggunakan facial cleanser. Tujuannya yaitu untuk membersihkan sisa makeup dan polusi yang masih tertinggal di wajah.

 

Pasalnya jika tidak dibersihkan secara tuntas, maka sisa makeup dan kotoran yang masih tertinggal di kulit wajah dapat berpotensi mengakibatkan munculnya jerawat. 

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Cleanser dan Facial Wash dalam Rangkaian Skincare

 

1. Tahap Pertama

Langkah pertama yang harus diketahui adalah mengetahui bagaimana cara melakukan double cleansing tersebut dengan tepat supaya tidak merusak kulit wajah. 

 

Pada tahap pertama gunakan oil based cleanser atau pembersih wajah berbahan dasar minyak. Hal ini karena jenis cleanser ini akan membantu membersihkan sisa makeup yang menempel serta menarik sisa sebum berlebih pada kulit.

 

Gunakan cleansing oil sekitar 1 sampai 2 pump, kemudian pijat lembut dengan tangan yang bersih dan aplikasikan pada kulit wajah. Selanjutnya bilas menggunakan air atau handuk hangat.

 

 

2. Tahap Kedua

Setelah menggunakan cleansing oil, maka dilanjutkan dengan penggunaan facial foam atau facial wash agar sisa kotoran yang masih ada terangkat dengan baik. Pilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit, kemudian bilas wajah dengan air setelah selesai. 

 

Waktu yang Tepat untuk Double Cleansing

Meski memiliki banyak manfaat bagi wajah, double cleansing tidak boleh dilakukan sembarangan. Memang tidak ada peraturan khusus terkait kapan waktu yang tepat bahkan jika tidak menggunakan makeup sebelumnya. 

 

Namun, proses double cleansing sendiri sebaiknya cukup dilakukan satu kali saja dalam sehari. Hal ini bertujuan agar kondisi kulit tidak menjadi terlalu kering karena banyaknya proses yang harus dijalani. Umumnya,  double cleansing sendiri dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

 

Selain itu, proses double cleansing sendiri memang lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki tipe kulit normal dan berminyak. Sebaliknya, jika kamu memiliki kulit yang kering dan sensitif, sebaiknya melakukan double cleansing dengan menggunakan balm cleansing

 

Baca juga: 8 Rangkaian Urutan Pemakaian Skincare yang Benar di Malam Hari

 

 

Manfaat Double Cleansing

Meski telah disinggung bahwa cara cleansing wajah ini dapat membuat proses pembersihan menjadi lebih efektif, berikut adalah beberapa manfaat double cleansing lain yang perlu diketahui: 

 

 

1. Membersihkan Secara Menyeluruh

Manfaat utama dari melakukan double cleansing sudah tentu adalah untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah secara menyeluruh. 

 

Proses pertama dalam double cleansing adalah bertujuan untuk melarutkan sisa makeup di wajah. Sementara tahap kedua berguna untuk mengangkat kotoran secara keseluruhan.

 

 

2. Skincare Lebih Mudah Meresap

Saat kulit menjadi bersih , pori-pori wajah pun menjadi lebih terbuka. Hal ini akhirnya dapat membuat skincare menjadi lebih mudah meresap ke wajah. Alhasil, kinerja skincare pun akan meningkat dan lebih efektif.

 

 

3. Melembapkan Kulit

Melakukan double cleansing bisa membantu kamu dalam melembapkan kulit wajah juga loh. Karena kandungan minyak yang ada di dalam pembersih wajah bisa memberikan kelembapan. 

 

Namun, pastikan kamu menggunakan sabun muka yang memiliki bahan ringan agar kulit tidak menjadi kering karena kehilangan minyak alami.

 

 

4. Melembutkan Kulit

Kulit yang terjaga kelembapannya otomatis akan membuat kulit menjadi terasa lembut. Pada dasarnya kulit wajah yang bersih dan lembap memang akan terasa lebih kenyal halus dan tentunya terlihat lebih glowing.

 

 

5. Mencegah Jerawat

Sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah berisiko menyumbat pori pori dan mengakibatkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, melakukan double cleansing yang dapat mengangkat kotoran secara menyeluruh bermanfaat untuk mencegah jerawat.

 

Double cleansing untuk kulit berjerawat sendiri juga mungkin untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa tenang pada kulit. Namun, jangan sampai pilih bahan pembersih ya.

 

Baca juga: 15 Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori Paling Direkomendasikan, Kamu Wajib Tahu

 

 

6. Mencegah Masalah Kulit Lainnya

Tidak hanya jerawat, double cleansing juga bisa mencegah berbagai permasalahan kulit lainnya, seperti komedo hingga penuaan dini. Sebab penumpukan debu dan kotoran pada wajah juga bisa membuat kulit menjadi lebih cepat kering, dan memicu munculnya kerutan halus.

 

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan double cleansing, bagaimana menurut kamu? Apakah cara double cleansing yang kamu lakukan selama ini sudah sesuai? 

 

Jika memang sudah sesuai, sebaiknya lakukan proses ini secara konsisten, sementara buat kamu yang baru tahu pentingnya double cleansing, yuk mulai biasakan diri untuk melakukan hal ini dan memasukkannya dalam tahapan skincare routine kalian.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping