Beauty In One Click

Biar Kandungan Terjaga, Begini Cara Menyimpan Skincare yang Benar

22 Sep 2021
cara menyimpan skincare yang benar

Layaknya produk lainnya, produk skincare juga memiliki beberapa pantangan loh. Salah satunya adalah tentang tempat untuk menaruh skincare. 

 

Meski terdengar sepele, ternyata bukan berarti skincare boleh diletakkan dimana saja. Hal tersebut bertujuan agar produk perawatan wajah tersebut tidak rusak sehingga manfaatnya dapat dirasakan. Sebelum terlambat, yuk baca ulasan cara menyimpan skincare yang benar berikut ini:

 

1. Jangan Simpan di Kamar Mandi

Sebagian orang sering menyimpan skincare di kamar mandi. Salah satu alasannya adalah agar tidak lupa dan lebih mudah saat digunakan. Namun apakah hal ini baik atau justru sebaliknya? 

 

Beberapa jenis skincare sangat tidak disarankan untuk disimpan di kamar mandi.  Hal ini dikarenakan suhu kamar mandi yang lembap dan cenderung panas. 

 

Suhu seperti ini akan membuat beberapa skincaremu menjadi lebih cepat rusak. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai memikirkan ulang dan meletakkannya di luar kamar mandi namun tetap mudah untuk dijangkau. 

 

Sementara itu, beberapa produk perawatan yang aman saat disimpan dalam kamar mandi antara lain sabun cuci muka, sabun mandi, conditioner dan shampoo.

 

2. Menyimpan Dalam Kulkas

Menyimpan produk skincare dalam kulkas sangat disarankan. Namun, hal ini hanya berlaku pada beberapa jenis produk saja, terlebih skincare yang memiliki kandungan bahan alami atau yang tidak mengandung pengawet.

 

Skincare yang memiliki kandungan bahan alami atau organik memiliki masa simpan yang tidak lama dan lebih rentan rusak. Untuk melindungi agar kualitasnya terjaga, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas.

 

Selain itu proses ini juga mampu untuk memperpanjang usia penyimpanan produk skincare. Adapun beberapa produk skincare yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas adalah produk yang mengandung vitamin A (retinoid), vitamin C dan juga produk yang memiliki kandungan benzoil peroksida.

 

Produk dengan kandungan vitamin A dan vitamin C akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, menyimpan produk yang memiliki kedua kandungan tersebut dalam kulkas merupakan opsi terbaik. 

 

Beberapa produk skincare lainnya yang sebaiknya kamu simpan dalam kulkas adalah sheet mask, eye cream dan facial mist. Hal ini bertujuan agar produk tersebut tetap terjaga kandungannya dan segar saat digunakan.

 

3. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa yang terdapat dalam skincare juga perlu kamu perhatikan. Untuk itu, sebelum kamu membeli skincare ada baiknya untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tercetak pada kemasan. 

 

Sebab, jika kamu menggunakan skincare yang telah melebihi tanggal kadaluarsa akan menimbulkan efek yang buruk. Adapun beberapa efek samping yang kerap kali terjadi lantaran penggunaan skincare yang telah kadaluarsa adalah kulit menjadi mudah iritasi. 

 

Selain itu, terkadang juga timbul rasa gatal gatal dan breakout pada wajah. Tentunya, tujuan utama kamu memakai skincare adalah menghasilkan wajah yang sehat. Untuk itu, mengecek tanggal kadaluarsa sangatlah penting.

 

Baca juga: 10 Rangkaian Skin Care untuk Kulit Sensitif yang Wajib Digunakan

 

4. Tidak Menyimpan Lebih dari 3 Bulan

Meskipun kamu telah memperhatikan tanggal kadaluarsanya, ada baiknya kamu segera menghabiskannya setelah dibuka. Hindari menyimpan skincare dalam waktu yang lama sejak pertama dibuka. 

 

Hal ini diperkuat oleh pernyataan seorang ahli dermatologi di New York yang menganjurkan tentang cara menyimpan skincare yang benar. Ia menyarankan untuk tidak menyimpan sebuah produk lebih dari tiga bulan.

 

Skincare yang telah terbuka segelnya dalam waktu yang lama akan membuat risiko tumbuhnya bakteri maupun mikroorganisme dalam produk meningkat. 

 

Terlebih jika kamu mengambil produk skincare tersebut menggunakan tangan secara langsung. Oleh karena itu, sebaiknya selalu gunakan spatula saat mengambil krim agar tetap higienis.

 

5. Jauhkan dari Sinar Matahari

Selain itu, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan skincare adalah dengan menghindarinya dari paparan sinar matahari. 

 

Beberapa produk seperti sunscreen, face oil hingga clay mask yang berbahan dasar minyak membutuhkan suhu ruang untuk penyimpanan. 

 

Produk tersebut akan mudah rusak saat terkena sinar. Oleh karena itu tempat menyimpan skincare tersebut yang baik adalah dalam laci atau sebuah box khusus yang tidak ada kontak langsung dengan sinar matahari.

 

Baca juga: Awas Produk Abal-Abal! Berikut Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

 

Menyimpan skincare dengan benar tentunya akan membuat masa pakai produk perawatan tersebut awet dan tahan lama. Tak hanya itu saja, dengan menyimpannya di tempat yang tepat dan benar juga akan membuat skincare menjadi tidak rusak. Sehingga kandungannya tetap terjaga dan manfaatnya bisa maksimal.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping