Heboh Sunscreen SPF Palsu di TikTok, Simak Penuturannya di Sini

15 Aug 2023
Heboh Sunscreen SPF Palsu di TikTok, Simak Penuturannya di Sini

Dunia TikTok sedang gempar dengan isu kandungan SPF yang disebut palsu di dalam sebuah produk sunscreen.

 

Hal ini bermula saat akun TikTok Ericiko (@cicikoko_review), mengunggah video eksperimen saat dirinya berjemur selama satu jam menggunakan 9 produk sunscreen dari sembilan merk yang berbeda pada kulit bagian kakinya. Hasilnya, ada beberapa bagian yang tetap aman terlindungi, namun ada juga yang langsung sun burn atau terlihat lebih gelap dibanding bagian lainnya.



Tidak tunggu lama, konten tersebut viral dan mendapat berbagai komen dari netijen. Untuk mendapatkan info yang lebih pasti dari hasil eksperimen tersebut, Ericiko (@cicikoko_review) melakukan uji lab terhadap kesembilan produk sunscreen yang ia gunakan pada video eksperimen tersebut. Dari hasil uji lab yang dilakukan, terbukti ada beberapa produk sunscreen yang overclaim, alias kandungan SPF yang di-claim pada kemasan tidak sesuai dengan hasil tes-nya. Yang paling mengejutkan adalah, salah satu produk sunscreen yang menulis 50 SPF namun pada nyatanya hanya memiliki 2 SPF. 

 

Sebagai tanggapan pada video eksperimen dan uji lab tersebut, seorang Dokter anti aging bernama Clarin Hayes menambahkan melalui akun TikToknya, bahwa sunscreen dengan tekstur yang ringan belum tentu selalu bagus. Karena semakin tinggi kandungan SPF di dalam sunscreen, teksturnya seharusnya semakin tebal.

Apalagi kalau jenis sunscreen kalian termasuk physical sunscreen, karena adanya kandungan titanium dioxide dan zinc oxide. Dan pada dasarnya UV filter mayoritas dibuat menggunakan bahan dasar yang oily, sehingga teksturnya makin berat.

Tapi bukan berarti sunscreen yang teksturnya ringan tidak bagus, yang perlu dicari adalah bukan efek melembapkannya, namun yang terpenting adalah efek proteksinya.

 

Selain itu, menurut dr. Clarin, jangan terpaku dengan hasil uji kualitatif seperti uji efek belang pada kulit, mengingat hasilnya pasti berbeda pada kulit kita masing-masing. Namun sebagai konsumen, penting untuk kita memperhatikan uji tes SPF in vivo dan in vitro.

 

Meskipun brand harus merogoh kocek lumayan besar untuk melakukan uji in vivo dan in vitro ini. Namun kabar baiknya ada beberapa brand sunscreen yang sudah melengkapi kelengkapan uji lab yang satu ini, bahkan beberapa diantaranya adalah brand lokal. Kita simak rekomendasi sunscreen yang SPFnya 100% sesuai dengan claim, di sini!

 


1. Somethinc Holyshield UV Watery Sunscreen

Cek sunscreen Somethinc di sini

Rp118.250

 

Sunscreen dengan tekstur gel putih 100% terbukti dapat melindungi kulit secara menyeluruh dengan kandungan SPF yang sesuai dengan klaimnya, yaitu SPF 50. 

 

Sunscreen yang termasuk ke dalam golongan chemical dengan kandungan Avobenzone ini memiliki aroma yang lembut. Selain itu, ada sensasi dingin selama memakainya, karena diformulasi dengan teknologi snowhite molecules.



Istimewanya lagi, sunscreen Somethinc ini tidak memberikan efek whitecast sama sekali, teksturnya juga cepat menyerap di kulit. Selain melindungi, Holyshield sunscreen dari Somethinc ini juga efektif bikin kulit terasa lebih lembap, loh!

 


2. Avoskin The Great Shield Sun Essence

 

Cek sunscreen Avoskin di sini

Rp126.750

 

Sunscreen lainnya yang punya klaim kandungan SPF sebesar 50, tapi setelah diuji tes hasil SPFnya lebih besar yaitu 66! Wow! 

 

Termasuk sebagai physical sunscreen, level proteksi yang diberikan oleh produk ini sangat besar karena adanya titanium dan zinc oxide yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Walaupun termasuk physical sunscreen, tapi produk ini juga ada kandungan Avobenzone yang termasuk dalam kandungan chemical sunscreen. Jadi bisa dibilang produk mereka ini termasuk hybrid sunscreen.

 

Nilai plus dari Avoskin The Great Shield Sun Essence adalah adanya kandungan skincare seperti niacinamide, centella asiatica dan vitamin c yang berfungsi dalam membantu mencerahkan kulit, sekaligus menenangkan kulit yang kemerahan.

Kalau dilihat dari tekstur, sunscreen gel Avoskin ini lebih thick dari sunscreen lainnya. Ketika diaplikasikan memang akan memberi efek whitecast namun jangan takut! Karena lama kelamaan akan hilang dan kembali ke warna asal kulit kalian!

 


3. Amaterasun UV Sunscreen Serum

Cek sunscreen Amaterasun di sini

Rp58.880

 

Rekomendasi sunscreen lokal lainnya ada dari Amaterasun. Sunscreen yang mengusung tagline SPF Specialist ini dilengkapi dengan UV Protector sebesar SPF 50 dan PA++++. 

Selain itu, adanya formulasi Intelligent DNA Guardian yang mampu melindungi kerusakan DNA di kulit tubuhmu. Biasanya, kerusakan DNA di kulit bisa dipengaruhi oleh sinar UVA, UVB, Blue Light, infrared, polusi dan radikal bebas. Nah, dengan adanya formulasi ini, kulit kamu dijamin terproteksi dengan sempurna!

Dari segi tekstur, sunscreen berbentuk gel cream ini cukup tebal saat awal digunakan, tapi tenang saja, sunscreen ini tetap menyerap dengan cepat di kulit kamu kok!

 

Kalian bisa cari tiga produk sunscreen rekomendasi MinBHI di atas cuma di website BeautyHaul. Sebelum beli sunscreen, pastikan kalian baca lebih teliti lagi soal kandungan dan klaim dari masing-masing produk sunscreen ya!

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping