Masih Belum Tahu Apa Perbedaan Toner dan Essence? Yuk, Cari Tahu di Sini

20 Sep 2021
perbedaan toner dan essence

Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, istilah toner dan essence termasuk sebagai tahap yang tidak boleh ketinggalan. Mungkin masih ada yang bingung dan bertanya-tanya, apakah essence sama dengan toner? Jawabannya adalah tidak. 

 

Meski keduanya dilakukan di antara tahap cleansing,  toner dan essence merupakan dua hal yang berbeda serta memiliki manfaatnya tersendiri.

 

Sebelum mengetahui apa bedanya essence dan toner, yuk kita pahami dulu kedua hal berikut ini.

 

Apa Itu Toner dan Bagaimana Fungsinya?

Dibandingkan dengan produk skincare lainnya, toner mempunyai tekstur yang paling ringan. Apa itu yang dimaksud dengan toner? Toner adalah produk pembersih wajah yang terbuat dari cairan khusus untuk membersihkan sel-sel kulit. 

 

Kegunaan toner adalah untuk membersihkan kulit wajah dan mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka. Biasanya, pH wajah umumnya akan naik setelah melewati proses cleansing dengan face wash

 

Itulah mengapa toner biasanya dijadikan sebagai langkah pertama dalam rangkaian skincare setelah membersihkan wajah di malam hari.

 

Namun, dengan berbagai bahan aktif seperti vitamin dan acid, kini toner yang dipasarkan tidak hanya berguna untuk menyeimbangkan pH kulit saja. 

 

Berikut beberapa fungsi toner jika diaplikasikan pada kulit.

 

1. Melembapkan Kulit

Untuk mengetahui perbedaan toner dan essence, maka penting bagi kamu memahami masing-masing fungsi dari kedua produk tersebut. 

 

Toner berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak kering setelah mencuci muka dan mampu memberikan kelembapan karena mengandung mineral oil, asam amino, dan hyaluronic acid

 

2. Mengatasi Masalah Minyak Berlebih

Meski berfungsi untuk melembapkan kulit dan mencegahnya kering setelah mencuci wajah, namun toner ini tergolong astringent yang dapat membantu mengurangi sebum atau minyak yang ada di permukaan kulit. 

 

Selain itu, toner tipe ini juga bisa mencegah wajah tampak mengkilap sehingga riasan menjadi lebih awet.

 

3. Menghilangkan Jerawat

Kondisi jerawat yang tergolong masih ringan bisa diatasi dengan mudah menggunakan toner yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. 

 

Karena kandungan ini bisa membersihkan pori-pori kulit, sehingga mencegah timbulnya komedo maupun jerawat. 

 

Sementara toner dengan kandungan asam glikolat akan membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat.

 

Kapan Harus Menggunakan Toner?

Meski boleh untuk semua tipe kulit, namun toner lebih direkomendasikan untuk kulit yang berminyak dan berjerawat karena mengandung glycolic acid, lactic acid, dan salicylic acid.

 

Baca juga: Yuk, Intip Jenis-Jenis Skin Care dan Apa Saja Fungsinya

 

 

Apa Itu Essence dan Bagaimana Fungsinya?

Apa yang dimaksud dengan essence? Essence merupakan produk pembersih wajah dari bahan dasar air yang berasal dari gabungan toner dan serum. Kegunaan essence adalah untuk membantu kandungan skincare lainnya lebih mudah meresap ke dalam kulit sehingga kulit menjadi lebih lembap.

 

Cara kerja dan penggunaan essence sendiri cenderung hampir mirip dengan serum. Kamu bisa mengambil beberapa tetes essence lalu oleskan ke wajah. Setelah itu, ratakan sambil memijat wajah dari bawah ke atas dengan gerakan memutar. 

 

Bila sudah, tepuk perlahan seluruh area wajah yang telah diolesi dengan essence agar lebih cepat meresap ke dalam pori-pori kulit.

 

Berikut beberapa manfaat essence yang bisa kamu dapatkan.

 

1. Membantu Peresapan Bahan Aktif ke Dalam Kulit

Essence sudah terbukti ampuh sebagai pembuka jalan bagi kandungan skincare lainnya agar bisa masuk lebih mudah ke dalam pori-pori kulit, sehingga kulit bisa ternutrisi dengan maksimal.

 

Bila lapisan terluar kulit tidak ternutrisi, maka perawatan yang dilakukan hasilnya akan kurang maksimal. Jadi, jangan sampai tidak menggunakan produk ini ya!

 

2. Mencegah Penuaan Dini

Rutin menggunakan essence dapat mencegah penuaan dini dan membuat kulit wajah terlihat lebih muda karena mengandung antioksidan yang mampu melindungi berbagai efek buruk dari sinar UVA dan UVB.

 

Kapan Harus Menggunakan Essence?

Penggunaan essence sangat cocok bagi pemilik kulit kering. Dengan menggunakan essence, kulit wajah akan terhidrasi dengan baik dengan mengikat air tersebut. 

 

Baca juga: Bebas Jerawat! Berikut 13 Rekomendasi Produk Toner yang Mengandung Centella Asiatica

 

Lalu, apa Perbedaan Toner dan Essence?

Toner berfungsi untuk membersihkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati, sedangkan essence berfungsi untuk membantu peresapan kandungan skincare lainnya ke dalam kulit serta menjaga kelembapan kulit dari dalam.

 

Jadi, untuk keduanya dapat digunakan secara bersamaan dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari. Di mana penggunaan toner dilakukan terlebih dahulu dengan diaplikasikan menggunakan kapas. Baru selanjutnya dilanjutkan dengan penggunaan essence yang dapat diaplikasikan secara langsung pada kulit wajah.

 

Itulah perbedaan mendasar antara toner dan essence yang sebaiknya dipahami. Dengan mengetahuinya, kalian bisa melakukan perawatan wajah dengan tepat.

 

Kamu bisa mendapatkan berbagai produk perawatan wajah mulai dari cleanser, serum, masker, cleansing oil, scrub, hingga sunscreen dengan berbagai ukuran yang bisa kamu dapatkan melalui pembelian secara online di website BeautyHaul Indonesia.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping