Selain ke Dokter, Ini Cara Mengatasi Jerawat Mendem yang Bisa Dilakukan di Rumah

08 Aug 2023
Selain ke Dokter, Ini Cara Mengatasi Jerawat Mendem yang Bisa Dilakukan di Rumah

BeautyHaul Squad, diantara berbagai jenis jerawat,  mana yang paling bikin kesel karena paling susah cara merawatnya? Jerawat nodul (Nodular Acne) atau yang memiliki nama lain jerawat mendem, disebut-sebut sebagai salah satu jerawat yang paling susah diatasi, bahkan banyak yang setuju kalau pergi ke dokter kulit adalah satu-satunya solusi jerawat mendem.

 

Di sini MinBHI mau spill, beberapa alternatif merawat jerawat nodul yang bisa kamu lakukan, cukup di rumah saja dan yang pasti ramah di kantong. Nah, kalau kamu sering mengalaminya, yuk temukan jawabannya di artikel ini!

 

1. Jaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit

Penyebab jerawat mendem bervariasi, mulai dari faktor genetik, stress, produk skincare yang tidak cocok, hormon tidak stabil sampai kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Maka itu, penting untuk BeautyHaul Squad untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

 

Kulit yang bersih adalah kunci dari kesehatan kulit. Jerawat mendem atau bukan bisa dicegah dengan rajin membersihkan kulit dengan cara dan produk yang tepat.

 

2. Jangan Memencet Jerawat

Kalau BeautyHaul Squad sudah terlanjur memiliki jerawat mendem, wajib hukumnya untuk tidak memencet jerawat tersebut. Hal itu hanya akan memperparah kondisinya, seperti infeksi bahkan meninggalkan noda di kulit.

 

3. Pakai Skincare Non-Comedogenic

Pastikan kamu memilih produk skincare yang tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic). Seperti yang kita tahu, produk non-comedogenic akan membantu mengurangi risiko penumpukan kotoran dan sebum yang bisa menyebabkan jerawat.

 

Rekomendasi Produk:

SOMETHINC Low pH Gentle Jelly Cleanser

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp108.900

Rp88.209

 

Isi: 100 g

Kandungan utama: Japanese Mugwort, Tea Tree, Centella, & Peppermint.

Jenis kulit: Semua jenis kulit

Skin concern: Acne free



AVOSKIN Miraculous Refining Toner

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp195.000

Rp146.250

 

Isi: 100 mL

Kandungan utama: AHA-BHA-PHA+ Niacinamide + 2% Tea Tree + Witch Hazel dan Aloe Vera 

Jenis kulit: Semua jenis kulit

Skin concern: Acne free, anti aging, brightening, pore care

 

4. Pilih Skincare yang Mengandung Salicylic Acid

Cara mengatasi jerawat mendem selanjutnya adalah dengan memakai produk skincare yang mengandung Salicylic Acid. Bahan aktif yang bekerja dengan cara memutuskan ikatan sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit sehingga membuat kulit lebih bersih, halus, dan cerah.

 

Salicylic Acid atau BHA memiliki sifat larut dalam minyak, jadi dapat menembus lapisan minyak yang memenuhi pori-pori. BHA akan masuk sampai ke dalam untuk mengeksfoliasi dan mengangkat minyak, kotoran, polusi, dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Kamu bisa temukan kandungan Salicylic Acid atau BHA pada beberapa produk skincare, seperti serum, toner, moisturizer, dan lainnya.

 

Rekomendasi Produk:

SKINTIFIC 2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp143.200

Rp114.560

 

Isi: 20 mL

Kandungan utama: Salicylic Acid, Niacinamide, Ceramide, Peptide

Jenis kulit: Semua jenis kulit

Skin concern: Acne free, anti aging, brightening

 

5. Mengonsumsi Pil KB

Seperti yang sudah MinBHI bahas sebelumnya, bahwa jerawat nodul atau mendem bisa disebabkan oleh produksi hormon. Jika kondisi ini yang dialami oleh BeautyHaul Squad, tak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi Pil KB.

 

Pil KB bekerja dengan cara menekan produksi hormon androgen yang berlebih. Tentunya, langkah ini harus dilakukan setelah BeautyHaul Squad berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis dan cara pemakaiannya.

 

6. Kompres dengan Es

Kalau jerawat mendem sedang meradang, kamu bisa menggunakan kompres es dingin untuk mengurangi bengkak dan rasa nyeri di bagian kulit yang meradang. Caranya sangat mudah, kamu cukup kompres jerawat dengan es selama beberapa menit. Pastikan tangan dan kulit mukamu sudah dalam keadaan bersih ya sebelum melakukan langkah ini, BeautyHaul Squad!

 

7. Jaga Pola Makan dan Terapkan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, kaya serat, dan rendah gula bisa membantu memperbaiki produksi hormon, dan penyerapan nutrisi oleh kulit, otomatis kondisi kulitmu akan lebih sehat. Selain itu, kamu juga perlu terapkan pola makan yang teratur, tidur yang cukup, rajin olahraga teratur, dan mengelola stres dengan baik.



Itu dia beberapa cara mengatasi jerawat mendem yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu diingat bahwa mengatasi jerawat mendem memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Kalau jerawat mendem yang kamu alami sudah sangat mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

 

Ikuti terus media sosial BeautyHaul untuk dapatkan update terbaru seputar beauty, tips kecantikan, inspirasi skincare atau makeup, hingga promo dan event menarik!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping